Artikel Terbaru

Universitas Terbaik dan Pilihan di Arab Saudi

Perihal memilih program studi untuk melanjutkan studi pada jenjang pendidikan tinggi memang merupakan sebuah keputusan pribadi dengan berbagai pertimbangan masing-masing. Tentunya ada banyak sekali pilihan yang bisa dipertimbangkan dan pada akhirnya dijadikan sebagai pilihan utama dalam hal ini. Ada negara-negara yang memang terkenal dan populer untuk dijadikan pilihan kuliah ke luar negeri seperti Inggris, Australia, dan Amerika Serikat.

Namun bukan berarti jika tidak memilih negara-negara tersebut maka kualitas pendidikan yang ditawarkan menjadi tidak baik. Satu negara yang juga sangat layak untuk dijadikan pilihan tujuan kuliah ke luar negeri adalah Arab Saudi. Negara satu ini bahkan dikenal sebagai salah satu negara dengan sistem pendidikan yang terbaik di kawasan Timur Tengah. Jadi, memang benar bahwa kuliah ke luar negeri itu tidak harus selalu ke negara-negara yang memang sudah populer atau dikenal.

Arab Saudi sendiri tentu memiliki perguruan tinggi dan universitas yang kualitasnya tidak bisa dipandang sebelah mata. Faktanya adalah pada tahun 2015 menurut QS World University Rankings 2015 terdapat 7 universitas di Arab Saudi yang termasuk dalam peringkat 700 besar di dunia. Selain itu mengenai jenjang pendidikan yang ditawarkan juga universitas dan perguruan tinggi di Arab Saudi menawarkan jenjang yang sama seperti di negara-negara lain yaitu Sarjana, Master, dan Doktoral. Namun perlu diperhatikan bahwa untuk pelajar dan mahasiswa wanita pilihannya masih terbatas pada beberapa universitas atau institusi khusus wanita saja.


Bisa dibilang bahwa universitas dan perguruan tinggi di Arab Saudi memiliki fokus studi pada bidang perminyakan dan juga gas. Hal ini dikarenakan oleh fakta bahwa 20% dari kebutuhan minyak di dunia disediakan oleh Arab Saudi. Jurusan pada bidang ini juga menjadi pilihan populer karena nantinya lulusan dari bidang tersebut akan mudah menemukan pekerjaan pada bidang tersebut juga dimana prospeknya memang dikenal luar biasa jika bekerja pada bidang perminyakan dan gas.

Jika ingin menekuni bidang perminyakan dan gas atau mungkin ingin menikmati suasana Arab Saudi selama kuliah, berikut ini adalah beberapa universitas terbaik di Arab Saudi yang bisa dijadikan pilihan utama.

King Fahd University of Petroleum & Minerals
Universitas ini didirikan pada tahun 1963 di kota bernama Dhahran. Kota tersebut memang menjadi salah satu kota penting sebagai pusat industri minyak di Arab Saudi. Universitas yang namanya biasa disingkat KFUPM ini telah memiliki lebih dari 7000 pelajar dimana fokusnya hanya pada pelajar pria. Pelajar wanita memang juga diberikan kuota tetapi sangat terbatas. Tahun 2015 menurut QS World University Rankings 2015 KFUPM berada pada peringkat 199 dan pada peringkat 1 untuk universitas di wilayah Arab. Selain memiliki fokus pada studi bidang perminyakan dan gas, universitas ini tentu juga menawarkan berbagai program seperti sains, bisnis, dan juga teknik. Menurut QS World University Rankings by Subject 2015, KFUPM termasuk dalam peringkat 200 terbaik di dunia pada bidang-bidang yang meliput Teknik Mesin, Teknik Sipil dan Struktural, Teknik Listrik dan Elektro, Ilmu Komputer, Matematika, Teknik Kimia, serta Penelitian Statistik dan Operasional. Jadi bisa dipertimbangkan untuk memilih bidang-bidang tersebut jika berniat untuk kuliah di KFUPM. Informasi lebih lanjut mengenai universitas ini bisa dilihat di website resminya (link).

King Saud University
Universitas ini didirikan pada tahun 1957 dengan lokasi di kota Riyadh. Universitas ini menerima pelajar baik itu pria dan wanita yang hingga saat ini jumlahnya mencapai 51.000 dengan 1.100 diantaranya adalah merupakan pelajar internasional dari berbagai negara di dunia. Universitas ini memiliki fokus studi pada bidang life sciences dan teknik dengan beberapa bidang berada dalam peringkat terbaik menurut QS World University Rankings by Subject 2015. Bidang-bidang tersebut antara lain Pertanian dan Kehutanan, Ilmu Biologi, Kimia, Ilmu Komputer, Ilmu Bahasa, Pendidikan dan Pelatihan, Matematika, Farmasi, Kedokteran, Teknik Kimia, Teknik Sipil dan Struktural, Teknik Mesin, serta Teknik Listrik dan Elektro. Kemudian dalam hal peringkat universitas menurut QS World University Rankings 2015, King Saud University berada pada peringkat 237 di dunia dan pada peringkat 3 untuk kawasan Arab. Informasi lebih lanjut mengenai universitas ini bisa dilihat di website resminya (link).


King Abdulaziz University
Saat ini total ada hingga 42.000 pelajar di universitas dengan nama yang biasa disingkat menjadi KAU ini dengan pelajar pria dan wanita yang terpisah. Lokasi dari universitas yang didirikan pada tahun 1967 ada di kota Jeddah. Pendirian universitas ini juga merupakan hasil dari kerja dari seorang arsitek terkenal dari Inggris bernama John Elliot. Matematika, Ilmu Komputer, dan Teknik Mesin adalah program-program yang dikategorikan dalam top rank menurut QS World University Rankings by Subject pada tahun 2015. Universitas ini menawarkan cukup banyak program yang bisa dipilih oleh mahasiswa internasional seperti Kedokteran Gigi, Hukum, Bisnis, Farmasi, Kedokteran, Sains, Humaniora, serta Seni dan Desain. Dalam hal peringkat universitasnya, King Abdulaziz University berada pada peringkat 303 menurut QS World University Rankings 2015 dan peringkat 4 untuk kawasan Arab. Website resmi dari universitas ini bisa dengan mudah diakses untuk mendapatkan berbagai informasi mengenai universitas ini dan berbagai program yang ditawarkan disana (link).

Itu tadi adalah 3 universitas terbaik di Arab Saudi yang bisa dijadikan pilihan utama jika berniat melanjutkan kuliah di Arab Saudi. Satu hal yang pasti adalah bahwa ada program-program beasiswa yang ditawarkan oleh masing-masing universitas tersebut yang akan sangat memudahkan para mahasiswa internasional yang beriat menempuh studi di Arab Saudi.




Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top