Uppsala University IPK Scholarship dari Uppsala University

Jika ingin merasakan kuliah di Eropa maka kesempatan untuk menempuh studi S2 atau master di Swedia dengan program beasiswa sangat pantas dicoba. Adalah sebuah program bernama Uppsala University IPK Scholarship yang ditawarkan oleh Uppsala University bagi para mahasiswa internasional yang berminat untuk melanjutkan program kuliah S2 di Swedia. Beasiswa ini lebih dikhususkan bagi warga negara yang berasal dari luar kawasan Uni Eropa atau Masyarakat Ekonomi Eropa, salah satunya tentu berarti Indonesia.

Sebelum mengambil beasiswa ini, maka ada baiknya untuk mengetahui sekilas informasi mengenai Uppsala University. Kampus yang memiliki reputasi luar biasa di kalangan internasional ini merupakan universitas tertua yang didirikan pada tahun 1447 dan berhasil masuk dalam deretan universitas-universitas terbaik di Eropa kawasan utara. Selama jangka waktu beratus-ratus tahun, Uppsala University telah menjadi tempat penting bagi perkembangan berbagai bidang ilmu pengetahuan dan pembelajaran.


Selain itu, universitas ini juga sering kali mengundang ilmuwan-ilmuwan terkenal sebagai bentuk promosi terhadap para mahasiswa sekaligus membuka kesempatan kepada para mahasiswanya yang ingin menjadi ilmuwan. Untuk pilihan fakultas, terdapat pengelompokan ke dalam tiga bidang ilmu yaitu Bidang Ilmu Kedokteran dan Farmasi, Bidang Ilmu Humaniora dan Ilmu Sosial, serta Bidang Ilmu Teknik dan Pengetahuan Alam.

Jika berminat untuk melanjutkan kuliah di kampus ini, maka pemohon juga berkesempatan untuk menikmati keindahan alam dari negara Swedia yang merupakan salah satu negara terindah dan terkaya di dunia. Selain itu, negara ini dikenal memiliki gelar pendidikan berkualitas dalam tingkat internasional dengan biaya yang terjangkau. 

Bagi yang berminat untuk melanjutkan studi di Uppsala University, beasiswa yang ditawarkan tersebut akan disediakan dalam bentuk tanggungan biaya kuliah. Namun perlu diketahui bahwa skema beasiswa tersebut tidak meliputi biaya hidup jadi penerima beasiswa ini tetap harus mencari sumber pembiayaan untuk biaya hidup sehari-hari selama kuliah di Swedia nantinya.


Persyaratan Beasiswa
Berikut ini adalah hal-hal yang menjadi persyaratan untuk bisa mengikuti seleksi program beasiswa yang sudah disebutkan:
Calon penerima beasiswa harus mampu menunjukan bakat akademik dan minat yang kuat
Beasiswa hanya dapat diberikan pada program prioritas pertama di Uppsala University
Para calon penerima beasiswa mendaftar untuk perkuliahan yang dimulai pada bulan Agustus di setiap periodenya

Pendaftaran Beasiswa
Setelah mengetahui informasi mengenai beasiswa ini selanjutnya adalah mengenai pendaftaran beasiswa ini. Prosesnya adalah sebagai berikut:
Calon penerima beasiswa dapat mendaftarkan diri terlebih dahulu sebagai mahasiswa pada salah satu program kuliah S2 atau master yang terdapat  di Uppsala University pada link berikut (www.universityadmissions.se/intl/start) yang merupakan halaman University Admissions in Sweden (semacam UCAS) di Inggris
Selanjutnya, para calon penerima beasiswa dapat mengajukan pengajuan beasiswa secara online pada halaman yang sama dengan catatan pengajuan beasiswa dilakukan terpisah dengan pendaftaran program master. Program ini akan dibuka pendaftarannya pada awal bulan Desember hingga pertengahan bulan Januari
Proses seleksi beasiswa ini dilakukan berdasarkan pencapaian prestasi dan bakat akademik dari para kandidat. Pencapaian prestasi tersebut dilihat dari dokumen-dokumen pendaftaram yang diajukan saat pendaftaran program master, dan proses seleksi beasiswa nantinya akan dilaksanakan secara bersamaan dengan seleksi program master

Kontak dan Informasi
Untuk informasi lebih lanjut terkait beasiswa ini bisa dengan menghubungi kontak berikut:

Telp: +46 (0) 18 471 47 50
Email: tuitiongrants@uadm.uu.se 



Share on Google Plus

About Berkuliah Indonesia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.