Artikel Terbaru

Utrecht Excellence Scholarship dari Utrecht University

Berita baik bagi mahasiswa atau lulusan jurusan Ekonomi dan Bisnis serta juga pelajar yang berminat untuk melanjutkan kuliah di bidang konomi dan Bisnis. Kali ini ada kesempatan beasiswa untuk melanjutkan S1 dan S2 di Utretcht University, Belanda pada bidang tersebut. Setiap tahunnya, Utrecht University memang secara rutin menawarkan beasiswa.

Utrecht University merupakan universitas ternama dan telah menjadi salah satu pusat studi pilihan utama. Sampai saat ini, Utretcht University memengang peringkat 40 di dunia, peringkat 6 se Eropa, dan nomor 1 di Belanda. Banyak guru besar dari Utrecht yang menjabat posisi penting di berbagai organisasi internasional. Dengan bergabung pada Utrecht University maka kemudian akan menjadi bagian dari sebuah komunitas akademik yang inovatif serta berorientasi internasional. Selain itu menurut BBC, kota Utrecht disebut sebagai “The Happiest City in Netherlands”. Dengan adanya koneksi kereta yang mudah didapatkan di seluruh Eropa serta pemerintah kota yang memanjakan pengguna sepeda di kotanya, tentu akan membuat siapapun merasa nyaman dalam melanjutkan studi di kota tersebut.


Melalui skema beasiswa Utrecht Excellence Scholarship, pihak Utrecht University memebuka kesempatan seluas-luasnya bagi pelajar dan mahasiswa yang berasal dari negara non Uni-Eropa (termasuk Indonesia) untuk mendaftarkan diri. Selain program ekonomi dan bisnis, Utrecht University juga menawarkan beberapa program lainnya yaitu:

Program S1 Internasional dari Utrecht University:
- Economics & Business Economics
- Liberal Arts and Sciences di University College  Utrecht
Program S2 Internasional pada sekolah pascasarjana Utrecht:
- Graduate School of Geosciences
- Graduate School of Law, Economics & Governance
- Graduate School of Natural Sciences
- Graduate School of Humanities 
- Graduate School of Life Sciences
- Graduate School of Social & Behavioural Science

Setiap tahunnya para penerima beasiswa akan mendapatkan 28.350 euro (sekitar Rp 347 juta) dari sekitar 55 beasiswa yang dapat diperebutkan. Untuk pelamar program beasiswa S1 internasional harus mengajukan aplikasi beasiswa sebelum tanggal 1 April setiap tahunnya. Sementara itu, untuk pelamar program beasiswa S2 internasional harus mengajukan aplikasi beasiswa sebelum tanggal 1 Desember. Untuk program besiswa S1 diberikan maksimal selama 3 (tiga) tahun dan untuk program beasiswa S2 diberikan selama 2 (dua) tahun. Beasiswa akan diperpanjang apabila mahasiswa mempunyai kemajuan selama masa perkuliahan. Sebagai catatan, program beasiswa ini sangat selektif karena hanya kandidat terbaik saja yang akan dipilih.


Persyaratan untuk mengikuti beasiswa S1 dan S2 luar negeri di Belanda adalah sebagai berikut:
1. Saat ini bukan merupakan warga negara Belanda atau Uni Eropa
2. Telah menyelesaikan pendidikan SMA/Sederajat di luar Belanda
3. Telah diterima untuk program Sarjana yang ditawarkan di atas. Untukpelamar S2, telah  diterima pada program Master pada salah satu sekolah pascasarjana di atas.
4. Telah memegang gelar sarjana yang relevan dengan program Master yang diajukan. Untuk pelamar program S1, telah lulus SMA/Sederajat
5. Dapat memenuhi persyaratan untuk mendapatkan visa Belanda

Kriteria dalam proses seleksi beasiswa kuliah luar negeri dari Utrect Exellent Scholarship adalah sebagai berikut :
1. Keunggulan akademik pada bidang studi yang dipilih
2. Kualitas akademik serta hasil dari pendidikan yang telah ditempuh sebelumnya, yang dibuktikan dengan nilai transkrip akademik, skor tes, publikasi, surat rekomendasi
3. Kualitas serta relevansi dari surat motivasi (konten akademik, motivasi pribadi, serta ketrampilan lintas budaya dan komunikasi).
4. Kualitas serta layak atau tidaknya dari rencana keuangan yang tertera dalam aplikasi beasiswa.
5. Kualitas dari aplikasi beasiswa (akurasi, kelengkapan dokumen, dan konsistensi).

Pihak panitia seleksi akan memilih calon yang memenuhi persyaratan berdasarkan kriteria seleksi di atas. Selanjutnya para kandidat yang terpilih akan diberikan penawaran beasiswa Utrecht di Belanda paling lambat bulan Mei. Untuk informasi lebih lanjut mengenai detail pendaftaran beasiswa diatas, dapat menanyakan pada pihak Utrecht University pada kontak:

     Telp. +31 30 253 26 70
     Email : studievoorlichting@uu.nl
     Address : PO BOX 80125, 3508 TC Utrecht
     Visitor : weekdays from 10.00 to 16.00 : UU for U,
     Student Services, Heidelberglaan 6, 3584 CS
     Utrecht (between Casa Confetti and StudyStore)
     atau bisa dengan mengunjungi laman resmi di tautan berikut (link)




Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top