Mengenal Sistem Pendidikan Finlandia

Secara keseluruhan dalam hal pendidikan, Finlandia menjadikan pendidikan sebagai satu faktor penting untuk meningkatkan kualitas dari pendud...

Secara keseluruhan dalam hal pendidikan, Finlandia menjadikan pendidikan sebagai satu faktor penting untuk meningkatkan kualitas dari penduduk Finlandia itu sendiri. Hal ini kemudian dijadikan sebagai dasar dalam merumuskan tujuan utama dari sistem pendidikan di Finlandia yaitu untuk mencapai berbagai hal diantaranya kualitas, efisiensi, kesetaraan, dan internasionalisasi. Semua itu harus dimulai dari sebuah sistem pendidikan yang bagus sebelum bisa beranjak ke berbagai hal yang lainnya.

Sistem pendidikan di Finlandia menawarkan adanya kesempatan yang sama bagi semua orang di Finlandia untuk bisa menempuh pendidikan. Hal-hal seperti jenis kelamin, kondisi ekonomi, tempat tinggal, kemampuan berbahasa, dan bahkan latar belakang budaya tidak akan mempengaruhi pemberian kesempatan untuk menempuh studi di Finlandia. Intinya, pemerintah Finlandia sangat mendorong semua warganya untuk mengenyam pendidikan semaksimal mungkin demi tercapainya tujuan dari sistem pendidikan yang sudah ada.



Primary Education
Jenjang pendidikan ini dimulai pada usia 7 tahun. Sebelum memulai jenjang pendidikan ini, ada yang namanya pre-school education namun memang tidak diwajibkan. Pendidikan pra-sekolah tersebut bisa diikuti selama 1 tahun mulai dari usia 6 tahun. Tujuan utamanya tentu adalah untuk mengenalkan kehidupan sekolah kepada anak-anak yang pada usianya tersebut belum memahami kehidupan sebagai pelajar di sekolah. Saat ini sekitar 90% dari anak usia 6 tahun di Finlandia mengikuti pre-school education karena meskipun tidak wajib, hal ini sudah menjadi salah satu urutan dalam proses menempuh pendidikan di Finlandia.

Setelah melewati masa pendidikan pra-sekolah maka selajutnya adalah pendidikan dasar selama 9 tahun yang disebut sebagai comprehensive school. Selama 9 tahun tersebut adalah sebuah kewajiban namun bisa menambahkan lagi 1 tahun yang tidak wajib dalam jenjang pendidikan ini. Pada jenjang ini sekolah-sekolah yang menyelenggarakan pendidikan biasanya dikelola oleh pemerintah setempat namun ada juga beberapa sekolah swasta yang bukan dari pemerintah. Segala hal yang ada dalam jenjang pendidikan ini diatur oleh pemerintah pusat.

Secondary Education
Selanjutnya ketika sudah melewati tahap pendidikan dasar yang intinya adalah untuk mempelajadi berbagai disiplin ilmu dalam lingkup dasarnya maka sudah waktunya untuk melanjutkan ke jenjang secondary education. Pada jenjang ini intinya adalah untuk menyiapkan diri dalam lingkup masyarakat yang sesungguhnya. Hal-hal yang diajarkan sudah lebih spesifik sesuai masing-masing individu. Menggunakan sebuah sistem yang disebut sebagai national joint application system, sekolah-sekolah pada jenjang ini memilih mana saja kandidat-kandidat siswa yang sesuai untuk menempuh pendidikan ini di masing-masing sekolah. Dalam jenjang ini terdapat upper secondary schools dan juga vocational schools yang menangani pendidikannya.

Upper secondary schools mirip dengan SMA di Indonesia yang intinya semua siswa disiapkan untuk bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan tinggi di universitas. Lalu untuk vocational schools pada dasarnya seperti SMK dimana intinya adalah semua siswa akan diajarkan berbagai kemampuan praktek secara langsung. Hal ini ditujukan agar supaya mereka bisa langsung menggunakan keahlian-keahlian tersebut untuk bekerja. Selain itu ada juga kesempatan bagi lulusan vocational schools untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi. Tahapan ini mencakup usia 16 hingga 19 tahun.



Higher Education
Jenjang tertinggi dari sistem pendidikan di Finlandia ini adalah yang menentukan arah dari kehidupan yang sebenarnya dari warga Finlandia. Berbagai hal kaitannya dengan inovasi-inovasi serta penemuan-penemuan dalam lingkup nasional sangat dipengaruhi oleh pendidikan pada jenjang ini. Finlandia mempunyai dua pilihan untuk jenjang pendidikan tinggi yaitu universities dan universities of applied sciences atau yang sebelumnya juga dikenal sebagai polytechnics.

Total ada 14 universities di Finlandia yang kesemuanya menyediakan gelar Bachelor’s, Master’s, Licentiate and Doctoral dengan waktu tempuh studinya yang berbeda-beda. Semua universitas di Finlandia juga memiliki dasar yang sama yaitu pada bidang penelitian demi terciptanya berbagai inovasi dan penemuan baik itu untuk keperluan nasional atau bahkan untuk mengglobal atau internasional. Lulusan dari jenjang pendidikan ini diharapkan nantinya bisa berkarya untuk Finlandia secara khusus dan untuk kemanusiaan secara umumnya.

Universitas-universitas di Finlandia memiliki kebebasan dalam menjalankan pendidikan sesuai ketentuan masing-masing karena adanya Finnish Universities Act. Kemerdekaan dan kebebasan dalam menjalankan pendidikan membuat keberlangsungan pendidikan pada jenjang ini lebih terjaga yang terbukti dengan adanya 14 universitas resmi dibawah Finnish inistry of Education and Culture. 

Sementara itu untuk UAS (universities of applied sciences) mengedepankan interaksi secara langsung dengan dunia bisnis, industri, dan pelayanan konsumen. Secara khusus lingkup dari hal-hal tersebut merujuk pada regional saja namun tujuan utamanya adalah untuk bisa menyesuaikan diri dengan berbagai perubahan di dunia khususnya dalam hal-hal tersebut. UAS menawarkan gelar Bachelor’s dan Master’s dengan target utama untuk program Master’s lebih ke individu-individu yang sudah bekerja secara profesional pada bidang keahlian masing-masing. Minimal 3 tahun pengalaman sesuai gelar Bachelor’s dibutuhkan untuk melanjutkan pada program Master’s di UAS.

Saat ini ada 24 UAS di Finlandia yang semuanya beroperasi dibawah Ministry of Education and Culture. Selain jumlah tersebut ada juga Aland UAS dan Police Academy yang bisa juga dikategorikan dalam kelompok institusi pendidikan ini. 

Adult Education for All
Selain berbagai jenjang pendidikan yang sudah disebutkan tadi, Finlandia juga menyediakan pendidikan bagi semua kalangan orang dewasa. Semakin hari semakin disadari bahwa pendidikan untuk semua kalangan khususnya yang sudah dewasa memang sangat penting kaitannya dengan komponen-komponen nasional pada bidang pendidikan. Kategori pendidikan ini diadakan oleh berbagai pihak yang mencakup universities dan UAS, vocational institutions, adult education centres dan summer universities, serta adult upper secondary schools, study centres, sports institutes, atau music institutes.

Nantinya dalam menempuh pendidikan akan diberikan pilihan general educational certificate, vocational qualification, atau modules yang akan sangat berguna dalam membangun serta mengembangkan diri agar bisa bermanfaat bagi masyarakat pada akhirnya nanti. Jenis pendidikan ini menyediakan pendidikan untuk sekitar 10 juta siswa setiap tahunnya dengan total waktu pendidikannya selama sekitar 10 juta jam.



Dalam menjalankan sistem pendidikannya, Finlandia memiliki beberapa pihak berwenang yang tugasnya sudah tentu memastikan bahwa hal apapun kaitannya dengan pendidikan di Finlandia bisa berjalan dengan lancar tanpa masalah apapun. Berikut ini adalah pihak-pihak yang berwenang dalam dunia pendidikan di Finlandia:
Ministry of Education and Culture – pihak yang bertanggung jawab dalam pengembangan berbagai kebijakan untuk dunia pendidikan, olahraga, kebudayaan, dan kepemudaan serta berbagai urusan dengan hal-hal tersebut dalam lingkup internasional
Finnish National Board of Education – agen yang berada dibawah Ministry of Education and Culture dengan tugas untuk mengimplementasikan dan memantau berbagai hal kaitannya dengan pengembangan dunia pendidikan di Finlandia
The Finnish Education Evaluation Centre – agen independen dari pemerintah Finlandia yang tugasnya adalah untuk melakukan evaluasi dari segala hal tentang pendidikan di Finlandia dalam lingkup nasional yang mencakup semua jenjang pendidikan di Finlandia
Finnish ENIC/NARIC (European Network of National Information Centres on Academic Recognition and mobility/Network of National Acedemic Recognition Information Centres)
The Academy of Finland – sumber utama penyedia dana untuk berbagai penelitian dan riset yang dilakukan di Finlandia
Centre for International Mobility CIMO – agen dari pemerintah Finlandia dibawah Ministry of Education and Culture yang menawarkan berbagai bantuan kaitannya dengan komunikasi antar kebudayaan yang berbeda yang merujuk pada individu-individu dari negara-negara lain selain Finlandia



Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,13,Asia,236,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,291,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,46,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,23,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,149,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,35,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Mengenal Sistem Pendidikan Finlandia
Mengenal Sistem Pendidikan Finlandia
https://1.bp.blogspot.com/-C7zKn0vc3HM/V6A8Dc9Gx8I/AAAAAAAABYE/QMQGfsQlTZ0QXI8kH1n7CQHdfYA8D64JQCLcB/s640/Snap%2B2016-08-02%2Bat%2B13.21.25.png
https://1.bp.blogspot.com/-C7zKn0vc3HM/V6A8Dc9Gx8I/AAAAAAAABYE/QMQGfsQlTZ0QXI8kH1n7CQHdfYA8D64JQCLcB/s72-c/Snap%2B2016-08-02%2Bat%2B13.21.25.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2016/08/mengenal-sistem-pendidikan-finlandia.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2016/08/mengenal-sistem-pendidikan-finlandia.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy