Artikel Terbaru

9 Pilihan Beasiswa untuk Kuliah di Selandia Baru

Meskipun tidak memiliki area yang luas seperti Amerika Serikat, Selandia Baru sudah terbukti mampu menarik banyak pelajar internasional untuk melanjutkan pendidikan mereka pada jenjang pendidikan tinggi dengan status sebagai mahasiswa internasional. Hal ini didukung dengan adanya berbagai perguruan tinggi yang kualitasnya tidak bisa dianggap remeh. Selain itu, adanya berbagai program beasiswa yang bisa dimanfaatkan oleh para pelajar internasional bahkan yang langsung didukung oleh Pemerintah Selandia Baru atau yang merupakan program dari berbagai pihak lainnya. Nah, berikut ini adalah berbagai pilihan program beasiswa yang bisa dimanfaatkan untuk melanjutkan pendidikan di Selandia Baru termasuk oleh pelajar dari Indonesia tentunya.


New Zealand ASEAN Scholar Awards (NZAS)
Program beasiswa ini bisa dibilang merupakan yang paling popular untuk kuliah di Selandia Baru. Beasiswa yang secara resmi memang merupakan bantuan langsung dari Pemerintah Selandia Baru ini diadakan setiap tahun dengan pendanaan yang berasal dari New Zealand Aid Programme. Dalam menjalankan program beasiswa ini pihak Selandia Baru melalui Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan berusaha untuk memberikan dukungan semaksimal mungkin pada para pelajar internasional. Program beasiswa ini bisa digunakan untuk menempuh studi pada berbagai jenjang dan program mencakup PhD, Masters Degree, Postgraduate Diploma, dan Postgraduate Certificate. Informasi lebih lanjut mengenai program beasiswa NZAS ini bisa dilihat pada halaman resminya berikut (link).

New Zealand International Doctoral Research Scholarships (NZIDRS)
Selanjutnya untuk menempuh pendidikan pada jenjang S3 yang berbasis riset atau penelitian ada program beasiswa yang bernama NZIDRS. Program ini juga merupakan sebuah program resmi dari pemerintah Selandia Baru yang diperuntukkan bagai para pelajar internasional. Beasiswa ini merupakan sebuah beasiswa penuh yang mencakup semua bidang ilmu di 8 universitas Selandia Baru. Namun memang untuk jenjang dan jenis studi yang bisa diambil hanya S3 berbasis riset saja. Informasi lebih lanjut mengenai program beasiswa ini bisa dilihat pada halaman resminya berikut (link)

University of Auckland International Postgraduate Student Scholarships
Selain program beasiswa dari Pemerintah Selandia Baru ada juga beasiswa dari pihak universitas. Salah satunya adalah program beasiswa sebesar $10,000 bagi 10 pemohon yang lolos seleksi pada program Master di University of Auckland. Jadi jika ingin melanjutkan studi di selandia baru pada jenjang S2 bisa juga memanfaatkan program beasiswa ini hanya saja memang terbatas hanya di University of Auckland saja. Untuk mengetahui berbagai informasi seputar beasiswa dari University of Auckland ini bisa menuju ke halaman resminya berikut (link).

Auckland University of Technology
Pilihan beasiswa yang selanjutnya bisa dipertimbangkan untuk melanjutkan studi di Selandia Baru dipersembahkan oleh Auckland University of Technology. Program beasiswa yang disediakan tidak hanya 1 atau 2 tetapi ada belasan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing. Informasi lebih lengkap ada di halaman resminya berikut (link).

University of Canterbury
Serupa dengan beasiswa dari AUT, pihak University of Canterbury juga menawarkan berbagai pilihan beasiswa yang bisa dimanfaatkan oleh para pelajar internasional yang memutuskan untuk melanjutkan studi disana. Jumlah biaya yang ditanggung mulai dari $300 hingga mencapai $27,000 dengan berbagai macam jenis biaya yang berbeda-beda pula dalam beasiswa yang berbeda. Panduan informasi lengkap mengenai berbagai program beasiswa yang disediakan oleh University of Canterbury di Selandia Baru bisa dilihat di halaman resminya pada tautan berikut (link).

Lincoln University
Satu lagi universitas ternama di Selandia Baru yang juga menawarkan berbagai program beasiswa tidak hanya untuk mahasiswa local Selandia Baru tetapi juga untuk mahasiswa internasional adalah Lincoln University. Program-program beasiswa yang ditawarkan tentu tujuannya adalah untuk lebih menarik banyak mahasiswa internasional agar melanjutkan studi mereka di Selandia Baru khususnya Lincoln Univeristy. Berbagai pilihan program beasiswa dari Lincoln University bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing melalui halaman resmi untuk pencarian beasiswa di Lincoln University pada tautan berikut ini (link).

Reserve Bank of New Zealand University Scholarships
Program beasiswa yang satu ini adalah sebuah program beasiswa yang khusus ditujukan untuk mahasiswa yang menempuh program Master atau PhD dari jurusan Ekonomi, Keuangan atau Perbankan. Dalam pemberian beasiswanya ini sudah termasuk adanya tawaran kerja di Reserve Bank sebagai penyedia beasiswanya setelah studinya selesai. Tawaran kerja ini lebih ke kontrak kerja karena jika ditolak maka harus membayar senilai beasiswa yang sudah diberikan. Sudah pasti program ini sangat pas bagi yang memang sangat tertarik pada bidang keuangan atau perbankan. Informasi lebih lanjut tentang beasiswa ini ada di halaman resminya pada tautan berikut (link).

RHT Bates Postgraduate Scholarship
Satu lagi pilihan beasiswa untuk melanjutkan studi di Selandia Baru yang bukan berasal dari Pemerintah atau universitas-universitas yang ada di Selandia Baru adalah RHT Bates Postgraduate Scholarship. Program ini khusus disediakan bagi mahasiswa yang berniat untuk menempuh studi pada bidang Engineering, Physical Sciences, Medicine, dan juga Astronomy di berbagai universitas yang ada di Selandia Baru. Bantuan yang akan diterima adalah sebesar $6,000. Informasi mengenai program beasiswa ini bisa dilihat pada tautan berikut (link).

AusIMM New Zealand Branch Educatio Endowment Trust Scholarships
Mahasiswa internasional pada program Undergraduate dan Postgraduate khususnya yang mempelajari batu bara, mineral, dan industri perminyakan. Selain itu program ini juga lebih mengkhususkan untuk penerimanya adalah yang tergabung dalam anggota AusIMM. Informasi mengenai beasiswa ini bisa didapatkan dengan lengkap pada tautan berikut (link).


Itu tadi adalah beberapa beasiswa yang bisa dimanfaatkan untuk melanjutkan studi di Selandia Baru pada jenjang, universitas, dan program yang bermacam-macam. Sudah terbukti bahwa saat ini semakin banyak pilihan yang bisa diambil untuk menempuh sudi di luar negeri. Bahkan di Selandia Baru saja pilihannya tidak sedikit. Jadi, tunggu apa lagi?




Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top