INTAN IRANI KOOR PPI DUNIA 2016-2017: Cerita Pribadi dan Mimpi Besar Untuk PPI Dunia!

Negara dengan bendera berwarna hijau, putih, dan merah ini mungkin merupakan salah satu negara tujuan kuliah yang diidam-idamkan oleh pelaj...

Negara dengan bendera berwarna hijau, putih, dan merah ini mungkin merupakan salah satu negara tujuan kuliah yang diidam-idamkan oleh pelajar di seluruh dunia. Selain karena keindahannya, Italia juga menjunjung tinggi masalah pendidikan. Negara ini memiliki pasal yang menjamin hak individu untuk mengejar pendidikan tinggi melalui universitas atau perguruan tinggi. Lembaga Alumni Eropa juga akan berupaya terus untuk membimbing dengan memberikan informasi mengenai dunia perkuliahan di Italia. Ada banyak kesempatan bagi siswa internasional untuk belajar di sini, termasuk siswa dari Indonesia. Siswa dari luar Italia dipersilakan untuk mengeksplorasi kemungkinan dan melihat apa yang sesuai dengan keinginan mereka. Apabila Anda tertarik untuk berkuliah di Italia, silakan simak cerita menarik dari salah satu pelajar Indonesia di Italia.

Perkenalan


Halo…nama saya Intan Irani. Saya berprofesi sebagai arsitek dan sedang mengambil kuliah master of Architecture Engineering di Politecnico di Milano, Italy. Saat ini saya mengemban amanah menjadi Koordinator PPI Dunia periode 2016/2017. Sekarang saya kuliah tidak menggunakan beasiswa, jadi mohon doa dari teman-teman semoga saya segera bisa mendapatkan beasiswa.

Saya sendiri bekerja di biro konsultasi arsitek selama 8 tahun. Beberapa kali pindah kantor, pindah kota, dan pindah negara, membuat saya mendapat kesempatan untuk mendesain dan menjalankan proyek bangunan dengan tipologi yang berbeda-beda dari mulai hotel, resort, shopping mall, sampai gedung bangunan tinggi untuk kantor.

Kenapa Italia?

Italy selalu menjadi negara terdepan yang sarat dengan sejarah untuk bidang arsitektur dan design. Sejarah mengatakan bahwa arsitektur Italy berkembang sejak 3000 tahun yang lalu. Dari mulai arsitektur klasik hingga modern dan post modern yang dapat kita pelajari dengan sumber karya bangunan yang dapat diamati langsung di depan mata kita, karena berada di Italy. Selain itu saya selalu tertarik untuk mempelajari ilmu desain lainnya. Dan salah satu teknologi craftsmanship yang terbukti bagus dan presisi hasil desainnya adalah Italian design.


Persiapan Bahasa Italia

Karena kesibukan dengan jadwal pekerjaan, saya mengikuti les bahasa baru ketika sudah sampai Italy. Kebetulan di Politecnico di Milano terdapat les bahasa gratis setiap hari sabtu untuk semua pelajar di sana. Ketika tinggal di kota kecil seperti saya, di Lecco, sangat diperlukan untuk berbicara kebutuhan hidup sehari-hari. Italian secara garis besar kurang bisa berbahasa inggris.

Cara Cepat Belajar Bahasa Italia

Tentunya ada kesulitan untuk mempelajari bahasa asing dalam waktu singkat. Kosa kata untuk European language memiliki dua kosa kata yang dibagi menjadi male dan female. Saya berusaha untuk menghafal akhiran belakang hurufnya. Lalu kata-kata basic seperti makan, minum, belajar, belanja, waktu, dll sangat perlu untuk diingat untuk memudahkan ketika kita belum paham keseluruhan kalimat setidaknya tahu arah pembicaraan kemana. 

Rencana Setelah Program Master

Cita-cita saya setelah menempuh pendidikan master di bidang yang sama yaitu arsitektur, saya ingin mengembangkan proyek dan ilmu arsitektur di Indonesia ke arah teknologi yang diterapkan oleh European standar, juga lebih banyak berkontribusi nyata untuk pembangunan sosial arsitektur. 

Cara Mengatur Waktu Ala Intan

Semua menjadi prioritas. Saya berusaha disiplin waktu jadi ketika akan tahu ada jadwal kuliah atau kerja kelompok atau sedang bekerja, saya akan mengatur untuk mengurus organisasi setelahnya. Dan dalam durasi sekian jam mengurus organisasi harus sudah beres akan target-targetnya untuk hari itu. Konsekuensinya adalah jam tidur akan berkurang tetapi diimbangi dengan makan yang cukup.


Tentang PPI Dunia dan Rencana Kedepan

Senang sekali dan bangga karena saya koordinator perempuan pertama di PPI dunia. Pastinya akan membawa perubahan dengan personal woman touch saya. Kami di PPI dunia akan menjalankan action plans yang kontribusinya semakin lebih positif dan nyata untuk pembangunan Indonesia. Di kepengurusan tahun ini dibagi ke dalam lima bidang komisi yaitu pendidikan, politik, ekonomi, kebudayaan, dan agama. Juga rencana paling dasar adalah saya ingin lebih menggandeng erat anggota PPI yang masih kecil berdampingan dengan PPI yang sudah ada sejak dahulu ataupun yang sudah sangat establish, untuk bersama mewujudkan visi dan misi PPI dunia.

Di PPI Dunia tahun ini akan dibuat buku panduan kuliah di 51 negara yang terdapat PPI. Buku panduan ini menjelaskan secara rinci bagaimana untuk berkuliah di negara tersebut, dokumen apa saja yang dibutuhkan, dan cara apply-nya bagaimana, sampai apa yang harus dilakukan ketika sudah sampai di negara yang dituju. Buku ini dapat diunduh online dan juga akan dibukukan dan dijual di pasaran. Berhubungan dengan bidang pendidikan lainnya, kami akan membuat kelas inspirasi dengan target mensejahterakan pengajar di daerah tertinggal. Lalu berhubungan dengan bidang agama di negara PPI kawasan Timteng dan Afrika setiap bulannya diadakan kajian online agama yang dapat diakses universal melalui tulisan dan interview yang dapat dibaca dan didengarkan oleh teman-teman dimana saja. Di bidang politik, menelaah isu yang terjadi di Indonesia. Kami membuat tim kajian yang nantinya mengeluarkan usulan kepada pemerintah. Hal lain kami akan membuat kegiatan workshop berupa sharing yang menghadirkan pakar-pakar dan pelajar Indonesia yang sedang berkuliah di bidang tersebut. Ini hanya beberapa action plans yang akan menjadi program kerja PPI dunia satu tahun ke depan.

Cara Bermasyarakat

Italian sangat cocok dengan karakter orang Indonesia, yang sama-sama heboh, ceria, dan menjunjung tinggi kekeluargaan. Jadi untuk orang Indonesia tidak perlu khawatir untuk menikmati atmosfer hidup di Italy. 

Cara Bersosialisasi

Sabar untuk menghadapi Italian yang suka ngomong terlalu banyak, hehehe. Dan kita juga harus aktif jangan terlalu pasif, mereka itu bangsa energetic kalau sedang berbicara.


Tantangan Terbesar Saat Kuliah

Italian system itu basic ilmu dasar dan hitungannya kuat. Jadi tantangannya lebih ke materi kuliah. 

Pengalaman Unik dan Menarik

Di mata kuliah studio arsitektur di Politecnico di Milano terbentuk atas tim yang beranggotakan 4-5 orang. Saya satu tim dengan 1 orang Ekuador, 1 orang Meksiko, dan 1 orang Cina. Awal bekerja kelompok sangat kesulitan dengan kemampuan tiap orang yang berbeda dan timpang, terasa beberapa orang lebih capek dibandingkan yang lain. Tetapi tim kami berusaha kompak. Tim saya terdiri dari orang-orang yang biasa saja tidak terlalu ambisius, karena perbedaan kultur dan background menjadikan kami lebih maklum satu sama lain. Dengan modal selalu disiplin untuk mengumpulkan tugas tepat waktu dan selesai, kami mendapatkan penghargaan istimewa pada saat akhir semester, padahal banyak tim lainnya yang secara proses jauh terlihat lebih unggu. Hal itu membuat saya semakin percaya diri bahwa pintar saja belum tentu berhasil tetapi jika tekun dan mau terus belajar dan mendengarkan masukan maka kita akan lebih tahu hal mana yang bisa cocok untuk diterapkan. Tinggal di Italia mengajarkan saya untuk berbicara sambil menggunakan tangan, hidup lebih santai dalam keseharian seperti prinsip hidup mereka ‘la dolce vita’.


Tips Untuk Teman-Teman yang Ingin Kuliah di Italia!

- Kuliah di negara orang itu adalah pengalaman luar biasa dan kita pelajar Indonesia ternyata bisa bersaing dengan pelajar dari negara lainnya. Jadi bangun percaya diri untuk berkeinginan mengenyam pendidikan di luar negeri.

- Memiliki keinginan untuk menambah teman, menjalin silaturahmi dalam arti sebenarnya.

- Memiliki jiwa sosial, mau membangun dan menolong sesama.

Reporter: Adelina Mayang
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,12,Asia,236,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,281,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,9,Destinasi,65,Eropa,310,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,5,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,11,Info Universitas,34,Inggris,85,Interview,439,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,10,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,3,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,14,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,44,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,14,PPI,6,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,23,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,23,Student Life,144,Studenthack,345,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,3,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,84,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,11,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,1,Universitas,35,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: INTAN IRANI KOOR PPI DUNIA 2016-2017: Cerita Pribadi dan Mimpi Besar Untuk PPI Dunia!
INTAN IRANI KOOR PPI DUNIA 2016-2017: Cerita Pribadi dan Mimpi Besar Untuk PPI Dunia!
https://3.bp.blogspot.com/-onX-3qGL-8M/V8fC5huQetI/AAAAAAAAJ88/gy6cq71JtkcdhUjrT0LyZJm5SjkrMg7MACEw/s400/Intan%2BIrani%2B2.png
https://3.bp.blogspot.com/-onX-3qGL-8M/V8fC5huQetI/AAAAAAAAJ88/gy6cq71JtkcdhUjrT0LyZJm5SjkrMg7MACEw/s72-c/Intan%2BIrani%2B2.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2016/09/intan-irani-ketua-ppi-dunia-bercerita-untuk-semua-pelajar-di-Indonesia.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2016/09/intan-irani-ketua-ppi-dunia-bercerita-untuk-semua-pelajar-di-Indonesia.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy