Kumpulan Tips dan Motivasi dari Mahasiswa Indonesia di Korea Selatan Buat Kamu yang Mau Kuliah ke Negeri Gingseng!

Gregorius Rionugroho Harvianto S3 Teknik Kimia Bidang Proses Desain, Yeungnam University Ketua PPI Korea (Perpika) untuk periode 2...


Gregorius Rionugroho Harvianto

S3 Teknik Kimia Bidang Proses Desain, Yeungnam University
Ketua PPI Korea (Perpika) untuk periode 2014-2015

Simpel, menyiapkan Bahasa inggris yang baik agar memenuhi persayaratan beasiswa, lebih baik lagi jika memiliki kemampuan Bahasa korea yang lebih sebelumnya. Jangan pernah menyerah untuk apply beasiswa di Korea karena kesempatan yang ada sangat banyak.

Ada beberapa pelajar yang sering mengalami masalah dengan penduduk Korea setempat, terlebih jika mereka sedang dalam kondisi tidak sadar akibat “minum” terlalu banyak. Trik unik dari saya sederhana saja berhadapan dengan orang Korea, “Buat sebel orang Korea dulu sebelum dibuat sebel oleh orang Korea”.


Ayu Wandira Puspitasari

S3 Yeungnam University

Ketika kita akan berangkat ke Korea, dokumen-dokumen seperti copy legalisir ijasah, transrip, data-data yang semuanya di perlukan ketika mendaftar kuliah, semuanya itu perlu dibawa, tidak perlu aslinya tetapi copy dokumen dengan legalisir yang sah dari instansi yang mengeluarkan dokumen tersebut atau legalisir notaris.



Aldias Bahatmaka

S2 Double Degree di Magister Teknik Mesin UNDIP dan Master of Naval Architecture  & Marine systems Engineering, Pukyong National University Korea.

Pesan saya: yang terpenting adalah motivasi yang kuat, usaha yang keras dan selalu optimis dalam segala hal serta ibadah jangan pernah ditinggalkan. Dan yakinlah bahwa Allah SWT selalu mendengar doa kita, oleh karena itu harus selalu SEMANGAT!





Mahar Nirmala

Graduate School of International Studies (GSIS), Seoul National University (SNU), jurusan International Area Studies

Saat ini Korea Selatan telah menjadi salah satu tujuan belajar yang menarik bagi teman-teman di Indonesia. Selain itu banyak juga beasiswa yang dapat teman-teman cari. Dari Indonesia sendiri ada beasiswa LPDP yang akan mengcover semua kebutuhan teman-teman di Korea. Sedangkan dari Korea, pemerintah Korea juga banyak memberikan beasiswa, misalnya KGSP. Beberapa organisasi atau perusahaan seperti Samsung dan Posco juga memberikan beasiswa bagi jurusan-jurusan tertentu. Untuk lebih jelasnya silakan cek langsung ke web universitas dan jurusan yang akan teman-teman tuju.

Satu hal yang penting adalah memastikan mata kuliah akan diajarkan dalam bahasa Inggris atau Korea. Tidak semua universitas atau jurusan menuliskan keterangan mata kuliah tersebut akan diajarkan dalam bahasa apa.


Muhammad Hilmy Alfaruqi
S2 di Materials Science and Engineering Chonnam National University
S3 di Materials Science and Engineering Chonnam National University
Presiden Perpika 2016-2017

Mulailah bermimpi dan mulai rancang langkah-langkah mencapainya. Yang penting bukanlah semata-mata kesempurnaan, melainkan progress. Korea dan juga negara-negara maju lainnya banyak memberikan peluang untuk mempelajari ilmu-ilmu cutting edge technology. Peluang itu sangat besar, jangan takut untuk mencoba. Nothing wrong with trying. Mulailah membaca buku, jadikan membaca sebagai habit. Mulailah bergaul dengan orang-orang yang memiliki cita-cita dan gagasan besar. Cobalah bergabung dan aktif di komunitas-komunitas atau organisasi yang memiliki tujuan untuk memajukan Indonesia. Sebelum berangkat ke luar negeri untuk studi, carilah informasi sebanyak-banyaknya agar dapat mempersiapkan diri.


Nur’aeni
S2 Polymer Science and Engineering, Korea National University of Transportation

Tahap persiapannya diperjelas. Seperti negara tujuan, kampus, dan yang terpenting adalah topik penelitian. Kemudian harus terus semangat dan jangan menyerah. Kuliah di luar negeri itu banyak manfaatnya, bisa kenal banyak teman dari berbagai negara, kenal budaya di negara tersebut, melatih kemampuan bahasa Inggris juga dan jadi lebih cinta dengan Indonesia.


Aryo Dimas Pamungkas

S2 Farmasi di Korea University

Untuk teman-teman yang berminat kuliah di Negeri Ginseng ini, ayo dipersiapkan! Tumbuhkan semangat unuk pergi ke negara ini melalui Kpop dan drama Korea (bagi yang suka :D). Namun saya ingatkan, hidup di sini tidak seindah di drama korea kok! Hidupnya normal-normal saja seperti roda berjalan, terkadang berada di atas dimana suasana sangat indah, menikmati hiruk pikuknya Seoul dan teriknya matahari di pantai Busan, dan terkadang berada di bawah dimana sedikit stres karena Profesor meminta segera menyelesaikan paper untuk suatu jurnal hehehehe. Tips-nya hanya satu, kenali terlebih dahulu budaya dan bahasanya dan selalu semangat mengejar impian! 

Paulo Coelho.
“When you want something, all the universe conspires in helping you to achieves it.”




Karina Geumala Putri

S2 Oriental Pharmaceutical Science di Kyung Hee University, Seoul

Menurut saya, segala sesuatu memang berawal dari mimpi. Namun bagaimana mimpi itu bisa jadi kenyataan, itu ada di tangan kita. Jadi, mimpi akan selamanya menjadi mimpi kalau kita tidak melakukan apa-apa untuk membuatnya menjadi kenyataan. Untuk teman-teman agar selalu berpikiran positif. Nikmatilah proses belajarmu tidak hanya untuk mendapatkan nilai yang bagus tapi juga untuk mendapatkan pengalaman hidup. Karena setiap harinya kamu mendapatkan pengalaman yang berharga yang mungkin kita tidak menyadarinya. Jadi... terus bersemangat dan jangan putus asa dalam menggapai mimpi kamu ya~


Febriani Elfida Trihtarani

S2 Jurusan Sastra Modern Korea di Seoul National University

Pelajari budaya dan bahasanya walau sedikit. Kemudian pikirkan matang-matang tentang jurusan yang ingin diambil. Persiapkan juga mental dan fisik sebelum datang karena tingkat persaingan di sini tinggi. Tapi tetap semangat dan tetap berjuang, dan yang lebih penting, kalau ada kesempatan harus dicoba, karena kita tidak pernah tahu apabila kita tidak mencoba.


A never ending dream leads you to the greater stage of imagination, and to make that dream comes true you have to try and strive to bring the best of you. Live your dream.


Johanna Lianna

S2 Teknik Kimia di Pukyong National University (PKNU)

Penting banget buat bisa bahasa lokal. Karena komunikasi itu yang paling penting. Terus patuhi semua aturan imigrasi.


Ryan Indra Mukti

S2 Green Chemistry and Environmental Biotechnology di University of Science and Technology

Bisa bahasa Korea saya rasa jadi nilai tambah kalau disini. Warga local, teman, bahkan professor kita akan sangat mengapresiasi kita jika berbicara dengan bahasanya, jadi kalau memungkinkan bisa dipelajari dulu. Atau bisa ambil program beasiswa KGSP dimana kita dituntut untuk kuliah bahasa dulu selama satu tahun sebelum terjun ke kampus kita nantinya. Di UST sendiri, salah satu syarat kelulusan adalah lulus TOPIK level 2, ini semacam TOEFL-nya bahasa Korea, jadi tidak  ada salahnya kita belajar dulu bahasa Korea.

Untuk aktivitas kuliah atau riset, karena perbedaan kultur dalam memandang sesuatu, ada baiknya kita sering berkomunikasi/diskusi dengan professor sejelas-jelasnya untuk menghindari miskomunikasi.

Biar semakin banyak teman di perantauan, gabung saja ke PERPIKA, bisa ikut acara-acaranya atau sekalian jadi pengurusnya. PERPIKA sendiri sering mengadakan acara rutin seperti gathering wilayah, jalan-jalan bareng, dan sebagainya.



Kania Dewi Nastiti

Master Civil Engineering di Chungnam National University

Tips untuk teman-teman semua, jangan minder duluan untuk kamu yang seandainya ingin melanjutkan kuliah di korea tapi memiliki GPA yang gak tinggi. Coba terus, banyak jalannya. Oh ya, satu hal yang aku alami selama registrasi di website kampus, kesulitan dalam bahasa karena bercampur dengan bahasa korea, jadi banyak-banyak tanya juga sama professornya. Minta dibimbing untuk pendaftaran di website kampus. Dan yang terakhir, jangan pernah berpikiran bahwa semua informasi akan kamu dapatkan begitu saja. Untuk bisa kuliah di Korea, kita harus aktif mencari informasi. Semangat ya, teman-teman semua.


Listiani Artha

Awardee Global Scholarship

Bagi teman-teman yang baru mau berangkat ke Korea, siapkan saja uang dan surat menyurat dalam bahasa inggris yang dibutuhkan karena itu yang paling penting. Bawa bagasi sesuai batas maksimum saja dan penuhi dengan barang-barang yang perlu dipakai dan urgent, karena ternyata barang kebutuhan sehari-hari seperti bantal, bedcover, jaket winter, deterjen, sabun, dan sebagainya disini tidak semahal yang teman-teman bayangkan. Kontak senior teman-teman yang sudah lebih dahulu merasakan rasanya di perantauan Korea untuk tahu kira-kira apa saja yang dibutuhkan di kampus teman-teman nantinya. Siapkan saja dokumen-dokumen yang sama seperti ketika mendaftar kuliah, ditambah dokumen-dokumen seperti paspor dan visa, surat jaminan beasiswa untuk yang kuliah dengan menggunakan beasiswa, surat tanda diterima oleh universitas, ijazah dan transkrip dalam bahasa inggris, serta sertifikat kemampuan berbahasa asing (inggris, korea, atau dua-duanya kalau bisa) yang mungkin dibutuhkan serta kelengkapan lainnya sepertipas foto. Hal-hal tersebut mungkin akan dibutuhkan pada saat lapor ke kantor imigrasi untuk mendapatkan kartu tanda pengenal bagi warga negara asing atau mendaftar kerja parttime.

Barang yang harus dibawa tergantung teman-teman kebutuhan teman-teman saja, yang jelas bawa baju sih ya? baju dingin beberapa, obat pribadi, perlengkapan kuliah yang dperlukan seperti kalkulator, notebook dan segala perlengkapannya, rice cookermini mungkin? Sepatu, baju sejenis heat-tech sebagai inner untuk musim dingin, sprei, setrika, dan makanan-makanan yang tahan lama. Oiya akan lebih baik pula jika sebelum berangkat teman-teman sudah mengenal hangeul. Tidak perlu bisa berbahasa Korea, yang penting sudah mengenal sedikit bahasa Korea dan hangeulkarena di Korea sendiri tersedia sekolah bahasa mulai dari yang berbayar hingga yang gratis! Sangat nyaman kan? Semangat teman-teman yang akan belajar di Korea, selamat menuntut ilmu dan selamat bersenang-senang. Niatkan semua untuk kebaikan dan ibadah, semoga ilmu dan pengalaman yang didapatkan awet dan berguna bagi yang lainnya.


Syafnides Winda Syafril

S2 Actuarial Science di Seoul, Soongsil University

Bagi temen-teman yang pengen banget kuliah ke Korea, welcome banget. Korsel ini sekarang sektor pendidikannya dilirik dunia, karena sistemnya yang notabene patut diacungi jempol.

Jangan kaget kalau di sini sangat kompetitif. Jangan heran melihat semangat belajar pelajar Korea. Mereka sangat mandiri dan sungguh-sungguh dalam belajar. Cheating atau mencontek adalah sesuatu yang sangat hina bagi mereka. Orang korea adalah tipikal pekerja keras. Jangan kaget kalau mereka bisa tahan di library dari pagi sampai tengah malam hanya untuk belajar, dibandingkan nongkrong di kafe ketawa-ketawa gak jelas. Waktu sangat berharga buat mereka. Dari orang-orang Korea, aku belajar, selama kita punya waktu luang, gunakan sebaik-baiknya, produktif, karena banyak hal yang harus kita pelajari. Gunakan waktu seefektif mungkin, seefisien mungkin, dan seproduktif mungkin. Isi waktu kita dengan menambah wawasan, mengembangkan ide, dan membantu orang lain. Itu akan lebih worth it di akhir dibandingkan dengan kita buang-buang waktu hanya untuk hal yang sia-sia. Tak salah jika pepatah mengatakan waktu adalah uang.

Mendapatkan beasiswa ke bumi Korea Selatan bukanlah sesuatu yang nihil asal ada kemauan, kerja keras, pantang menyerah, dan terus gali informasi tentang beasiswa secara kontinu. Jangan malu bertanya kepada yang tahu dan punya pengalaman. Kalau pun gagal, pantang nyerah, apply lagi, lagi dan lagi. Bahkan ada salah satu temen aku yang sampai apply beasiswa 8 kali baru lulus, semua butuh perjuangan. 



“Kegagalan terbesar adalah takut gagal” -Wishnutama-

Nothing is impossible.
Di Facebook juga ada page yang isinya info-info beasiswa ke Korea, namanya 'Kuliah ke Korea'. Di page ini infonya lengkap dan up to date. Alternatif, bisa di cek di website www.studyinkorea.go.kr atau bisa juga di niied.go.kr tentang KGSP (Korean Government Scholarship Program). Di website ini banyak tersedia info-info beasiswa dari seluruh universitas yang ada di Korea Selatan, bisa dicari universitas dan major/jurusan yang diinginkan.




Khansa

Kyungsung University Busan

Kalau kuliah undergraduate, bahasa Korea yang fasih adalah kunci dari kemudahan hidup kalian di sana. Kalau bisa bahasa Korea, mudah dapat beasiswa tambahan dan bonusnya adalah sangat mudah mendapatkan teman. Saya merasa jika saya tidak bisa bahasa Korea saya pasti akan sangat kesepian di sana. Belajar yang rajin, karena orang Korea sangat rajin dan ritme hidup mereka cepat. Don’t take anything personally if you think they’re offending you, they’re not. That’s just how they are.

Korea yang kalian lihat tidak seperti yang kalian lihat di drama. Tidak semua laki-laki tampan seperti Choi Siwon dan tidak semua perempuan cantik seperti Kim Taeyeon, jangan naif. Be realistic. Not everyone is going to go to college there and find the love of their lives, not all Korean guys and girls are like those that you see on television and that is not why you go to college. Belajar dari kebiasaan mereka yang bagus dan jangan tiru yang menurut standar moral kalian tidak bagus.

Prioritize, do what you have to do and not what you want to do. Just because you’re a crazy K-Pop fan, doesn’t mean that you need to go to every concert that they have there. Dosen tidak akan memaklumi hanya karena kalian foreigner, they treat every student the same. If you don’t study, you won’t get good grades. Know what you want, kuliah di sana tidak seperti traveling. You can’t go home if you find out you don’t like it or if you run out of money. 

If you don’t think you can do part time jobs, don’t. Part time job is a sensitive subject, kalo visa kalian bukan visa pekerja you can’t work for more than 22 hours a week without your university’s permission. Remember, you’re there to study, not to work. Not yet. Kalau kalian nekat, you can get arrested and be deported. 

Make the most out of every opportunity that you can get. Be nice to people, remember, you’re living in their territory. If you’re not nice, they won’t be nice to you either. Be polite, be willing to learn about their culture. Hold on to your belief, be yourself. Jangan memaksakan ikut gaya hidup mereka if you don’t have the money for it. If you don’t drink alcohol, don’t drink. That’s not the only way for you to find friends. Be wise, think twice. 

And last, travel, travel and travel. Kalau sudah punya waktu dan uangnya, go out and see what they have to offer you. It’s a beautiful country and it’s insanely convenient to move from one city to another, experience the trip, meet new people. Know that at the end of the day, home is not where your house is. It’s where your heart is. 


Not everyone can go to college in Korea. A lot of foreigners gave up on their degree there because it’s really hard to be there at times, that’s why they don’t really have a good reputation in terms of providing education for foreigners. Be willing to get out of your comfort zone and learn. It will be very uncomfortable, especially in the first year. But it gets better, it always does. 


Nadhila Sylvianti

Master Bidang Polymer Engineering Pukyong National University

Tips khusus rajin cari info. Karena biasanya di universitas saya ini kebanyakan mendapatkan beasiswa dari Professor. Jadi Professor meng-hire kita untuk menjadi research assistant di laboratoriumnya beliau. Jadi memang kebanyakan yang eksak (dari science atau engineering). 

Dan biasanya sistemnya jika Professor yang menawarkan offering sudah merasa cocok (cocok dari GPA, perilaku dan interview) kemungkinan 80% kita bisa diterima di universitas tersebut. Karena disini, jika Professor sudah memberi pertimbangan kemungkinan besar akan lolos.

Nah bisa bahasa Korea memang nilai plus tersendiri, tapi skill bahasa Inggris yang jago juga menjadi pertimbangan besar bagi Prof untuk meng-hire kita. Karena bahasa Inggris adalah satu-satunya cara kita untuk berkomunikasi dengan Prof. Juga semua hasil experiment kita juga akan ditulis dalam bahasa Inggris. Jadi jika Prof merasa bahasa Inggris kita kurang baik, biasanya akan mengurungkan minat beliau untuk meng-hire kita. Nah biasanya motivation letter juga jadi ajang Prof untuk menguji kemampuan bahasa Inggris kita dalam skill writing. Jadi saya sarankan jangan sekali-kali minta orang lain mengerjakan motivation letter, ada baiknya kita sendiri yang mengerjakan dan menunjukkan skill writing kita. 


Dan yang terakhir ada dasar ketertarikan yang kuat akan bidang yang dijalani. Karena kerjaan di lab itu berat, jauh dari jaman undergraduate dulu, jadi kalo tidak ada passion di bidang yang dijalani kerjaanya bakal kerasa beraaat banget dan bawaannya homesick.

So do what you love, and love what you do!


Lastin Darmokusumo
Pusan National University


Tips dari saya adalah jangan berhenti BERDOA dan berusaha untuk terus lebih baik, Kalau kamu yakin dan  punya pikiran optimis, Allah akan mengabulkan permintaanmu. Oh ya, ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk belajar di Korea. Kalau kamu mau belajar di Korea hanya untuk ketemu artis, cinta dengan k-POP, dll lebih baik wisata saja, tidak usah tinggal lama di Korea. Karena dengan tinggal di Korea kecintaanmu akan k-pop bisa memudar. Jangan pernah mempunyai pikiran kuliah dan tinggal di Korea kalau mental kamu belum siap. Dan juga, semua pasti ada perjuangan untuk mendapatkan kenyamana dan kesenangan itu. Jangan berhenti berjuang!
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,13,Asia,236,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,291,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,46,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,23,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,149,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,35,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Kumpulan Tips dan Motivasi dari Mahasiswa Indonesia di Korea Selatan Buat Kamu yang Mau Kuliah ke Negeri Gingseng!
Kumpulan Tips dan Motivasi dari Mahasiswa Indonesia di Korea Selatan Buat Kamu yang Mau Kuliah ke Negeri Gingseng!
https://4.bp.blogspot.com/-cKBBl-bk1-8/V9zCjsLlEwI/AAAAAAAAKFk/pK1goYu0UhQ1ilKqw1cWWh4zACgMP51YQCLcB/s640/Gregorius%2BRio%2BHarvianto%2BN.png
https://4.bp.blogspot.com/-cKBBl-bk1-8/V9zCjsLlEwI/AAAAAAAAKFk/pK1goYu0UhQ1ilKqw1cWWh4zACgMP51YQCLcB/s72-c/Gregorius%2BRio%2BHarvianto%2BN.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2016/09/kumpulan-tips-dan-motivasi-dari-mahasiswa-indonesia-di-korea-study-in-korea.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2016/09/kumpulan-tips-dan-motivasi-dari-mahasiswa-indonesia-di-korea-study-in-korea.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy