Artikel Terbaru

Mau Kuliah di Amerika Serikat? Lakukan Hal-Hal Berikut Ini

Amerika Serikat memang menjadi satu pilihan favorit mahasiswa internasional untuk melanjutkan studi termasuk mahasiswa yang berasal dari Indonesia. Kuliah ke luar negeri bahkan hingga ke kawasan Amerika Serikat untuk saat ini bisa dibilang merupakan satu hal yang mudah. Informasinya bisa diakses dengan mudah sehingga berbagai hal yang peru dilakukan bisa segera diketahui dan dilakukan agar tujuan untuk kuliah ke luar negeri bisa terlaksana. Kaitannya dengan kuliah di Amerika Serikat, berikut ini adalah hal-hal yang harus dilakukan terlebih dahulu:

Kenali dan Pelajari Pilihan yang Ada
Langkah pertama yang harus dilakukan ketika ingin melanjutkan studi ke Amerika Serikat adalah dengan mencari informasi dan kemudian memahami berbagai pilihan tersebut. Menemukan satu pilihan universitas atau perguruan tinggi yang paling sesuai dengan minat diri itu sangat penting. Jangan pernah berusaha untuk memaksakan diri dengan pilihan yang ada tapi carilah pilihan yang memang sesuai dengan diri sendiri. Hal ini sangat penting karena akan berkaitan dengan jangka panjang nanti. Satu hal untuk diingat adalah bahwa tidak ada sistem peringkat untuk universitas dan perguruan tinggi di Amerika Serikat yang memang resmi dikeluarkan. Jadi sangat bergantung pada pilihan yang memang sesuai dengan kemampuan serta minat diri dalam melanjutkan studi.

Paling tidak dalam waktu antara 12 bulan sampai 18 bulan sebelum tahun ajaran baru dimulai, segala informasi tentang kuliah di Amerika harus sudah mulai dikumpulkan dan dipahami. Gunakan beberapa pertanyaan-pertanyaan berikut ini untuk membantu menentukan mana yang memang sesuai untuk dipilih dari banyak perguruan tinggi dan universitas yang ada.

  • Kenapa berniat melanjutkan studi di Amerika Serikat?
  • Di daerah mana kira-kira akan bisa cocok?
  • Universitas atau perguruan tinggi mana yang sekiranya akan cocok dengan minat yang dsuka?
  • Apakah bantuan dalam hal keuangan akan dibutuhkan?
  • Kapan batas akhir pendaftaran dalam berbagai hal?
  • Dimana kira-kira akan tinggal ketika di Amerika Serikat?


Selanjutnya tentukan tingkatan atau level studi yang ingin diambil, misalnya sarjana atau pascasarjana. Pastikan juga bahwa pilihan lokasi studi yang nantinya diambil sudah mendapatkan sertifikasi dari Student Exchange Visitor Program. Daftar dari sekolah-sekolah yang sudah mendapatkan sertifikasi bisa dilihat di halaman Study in the State dari Department of Homeland Security pada tautan berikut (link).


Persiapkan Keuangan
Urusan keuangan sudah pasti wajib direncanakan dahulu jika ingin kuliah di Amerika Serikat. Bisa dibilang dengan melanjutkan studi di Amerika Serikat dengan biaya yang tidak murah itu menjadi sebuah investasi dalam diri sendiri. Hal tersebut sangat mungkin dilakukan dengan perencanaan yang matang dalam berbagai hal khususnya keuangan untuk membuat kuliah di Amerika Serikat itu menjadi suatu hal yang terjangkau.
Rencanakan urusan keuangan ini sedini mungkin karena memang sangat banyak perbedaan yang bisa terjadi dalam waktu singkat. Memang benar juga bahwa setiap tahun ada berbagai bantuan keuangan yang diberikan kepada mahasiswa internasional namun perlu diingat juga bahwa persaingannya sangat ketat.

Melakukan sebuah evaluasi akan kemampuan maksimal dalam hal keuangan sebelum menempuh pendidikan di Amerika Serikat akan sangat berpengaruh pada perencanaan keuangan yang dibuat. Jika dibutuhkan bantuan yang cukup banyak maka tahap perencanaan bisa mencoba mencari berbagai kemungkinan bantuan untuk dikejar. 
Selain itu perlu diperhatikan juga berbagai program yang ditawarkan di Amerika Serikat dengan biya yang masing-masing berbeda. Hal ini masih ditambah dengan adanya perbedaan biaya hidup di lokasi yang berbeda di Amerika Serikat yang juga mempengaruhi pengeluaran nantinya. Pada intinya masalah keuangan ini bisa sangat menentukan mengenai pendidikan seperti apa yang bisa didapatkan di Amerika Serikat.

Daftarkan Diri
Segera lakukan pendaftaran sesuai dengan sistem yang berlaku jika sudah memahami pilihan-pilihan yang ada dan sudah mempertimbangkan berbagai hal yang mempengaruhinya termasuk keuangan. Dalam melakukan pendaftaran pastikan juga untuk memahamai berbagai hal yang mungkin sedikit berbeda antara satu dengan yang lain di Amerika Serikat. Jangan asal dalam mendaftar karena jika ada yang terlewat atau tidak sesuai maka pendaftarannya bisa saja ditolak. Perencanaan sebelum-sebelumnya tentu akan percuma jika justru pada proses pendaftarannya ternyata ditolak hanya karena melewatkan satu hal kecil saja.

Buat Visa Pelajar
Tahap selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat visa pelajar. Pilihan jenis visa yang bisa dibuat meliputi F, J, dan M yang semuanya merupakan kategori khusus untuk visa peajar di Amerika Serikat. Halaman resmi dari Bureau of Consular Affairs dari U.S. Department of State pada tautan berikut (link) menampilkan berbagai informasi terkait dengan visa dan proses pembuatannya.

Persiapkan Keberangkatan
Setelah semua hal terkait pendaftaran dan administrasi studi di Amerika Serikat terselesaikan maka yang selanjutnya harus dilakukan adalah mempersiapkan keberangkatan ke Amerika Serikat. Sebelumnya juga harus mengikuti kegiatan Pre-Departure Orientation yang diadakan oleh EducationUSA di masing-masing negara asal mahasiswa. Kegiatan ini akan menjamin bahwa mahasiswa yang akan berangkat ke Amerika Serikat benar-benar siap untuk hidup disana sebagai mahasiswa internasional.





Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top