Artikel Terbaru

Monash International Leadership Scholarship untuk Kuliah S1 dan S2 di Monash University Australia

Nama Monash University bukanlah sebuah nama yang asing di telinga mahasiswa dari berbagai kawasan di dunia yang berburu kesempatan untuk kuliah di luar negeri. Salah satu universitas terkemuka di Australia ini memang juga dikenal menawarkan berbagai jenis beasiswa yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa dari berbagai negara untuk kuliah disana termasuk juga oleh mahasiswa yang berasal dari Indonesia.

Salah satu program beasiswa yang ditawarkan oleh pihak Monash University bagi mahasiswa internasional adalah Monash International Leadership Scholarship. Program beasiswa ini ditujukan bagi semua kandidat yang berasal dari luar kawasan Australia untuk bisa menempuh studi baik itu S1 atau S2 di Monash University. Beasiswa ini juga sudah dikenal di kalangan pemburu beasiswa internasional karena rutin diadakan.

Program beasiswa dari Monash University ini menyediakan 4 kesempatan penerima beasiswa dengan bantuan berupa biaya kuliah penuh atau 100% hingga kuliah selesai. Namun perlu juga diperhatikan bahwa program beasiswa ini murni hanya menyediakan bantuan keuangan untuk biaya pendidikan saja. Biaya-biaya lain seperti biaya akomodasi, asuransi kesehatan, dan biaya hidup tidak ditanggung oleh beasiswa ini.

Jadi jika ingin memanfaatkan beasiswa ini untuk menempuh pendidikan pada jenjang S1 dan S2 di Australia khususnya Monash University maka selain harus mempersiapkan segala hal yang menjadi persyaratan dari beasiswanya juga harus mempersiapkan biaya-biaya lain yang dibutuhkan untuk menetap di Austalia selama masa studi. Beasiswa untuk biaya pendidikan saja tentu tidak akan bisa untuk bertahan hidup dan menetap di Australia.


Persyaratan Beasiswa
Sebelum memulai proses yang diperlukan untuk mendaftarkan diri pada program beasiswa ini, beberapa hal yang menjadi syarat harus disiapkan dan dipastikan terlebih dahulu. Berikut adalah hal-hal yang menjadi persyaratan untuk program beasiswa dari Monash University ini:
Mahasiswa internasional
Mendaftarkan diri pada program kuliah full-time untuk gelar sarjana atau pascasarjana di Monash University, Australia
Bachelor of Medicine/Bachelor of Surgery (MBBS) dan Master of Business Administration tidak didukung oleh beasiswa ini
Mahasiswa pada program Monash Pathway seperti Monash College dan Monash University Foundation Year tidak didukung oleh beasiswa ini
Mahasiswa transfer dari cabang Monash University atau universitas lain di Australia tidak didukung oleh beasiswa ini
Calon mahasiswa yang masih menempuh pendidikan menengah di Australia tidak didukung oleh beasiswa ini
Penerima beasiswa nantinya wajib mempertahankan nilai pada waktu kuliah pada rentang 70% agar beasiswa bisa terus diberikan


Pendaftaran Beasiswa
Setelah berbagai hal yang menjadi syarat utama pada program beasiswa ini disiapkan dan dipastikan maka proses pendaftaran beasiswa bisa dilakukan. Sebelumnya pemohon harus terlebih dahulu terdaftar sebagai mahasiswa resmi di Monash University dimana prosedur pendaftaran sebagai mahasiswa bisa dicari informasinya pada halaman resminya di tautan berikut (link). Setelah pendaftaran diterima dengan status no condtions atau tanpa syarat maka pemohon akan mendapatkan Student ID dan bisa digunakan untuk mendaftarkan diri pada seleksi program beasiswa dari Monash University ini.

Proses pendaftaran pada program beasiswa dari Monash University ini bisa dilakukan pada tautan berikut (link). Pada halaman tersebut disediakan formulir yang harus diisi dengan lengkap terlebih dahulu untuk kemudian bisa dikirimkan atau diserahkan ke pihak berikut:

     Central Admissions
     Monash Connect, Clayton Campus
     21 Chancellor’s Walk, Campus Centre
     Monash University
     VIC 3800, Australia
     Email: mu.documents@monash.edu 

Pendaftaran untuk program beasiswa ini memiliki beberapa periode deadline yaitu 15 Oktober, 15 November, 15 Januari, 15 Maret, 15 April, dan 12 Juni. Jadi pemohon bisa menyesuaikan deadline tersebut jika ingin mendaftarkan diri. Pemohon yang sudah mendaftarkan diri mereka nantinya akan dinilai berdasarkan prestasi akademik yang mencakup proposal statement dengan jumlah kata maksimal 500 dan disertakan dalam formulir pendaftaran. Pertimbangan lain dari pihak pemberi beasiswa mencakup potensi pemohon untuk bisa menjadi duta Monash University karena nantinya bisa saja para penerima beasiswa akan diminta untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan promosi yang dilakukan oleh pihak kampus.




Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top