Artikel Terbaru

Program International Leader of Tomorrow Award dari University of British Columbia untuk Kuliah S1 di Kanada

Lokasinya memang jauh dari Indonesia, namun dengan berada di kawasan Benua Amerika bagian utara maka Kanada jelas sangat bisa dipertimbangkan untuk menjadi tujuan kuliah di luar negeri. Ada yang mengatakan percuma kuliah keluar negeri jika hanya dekat dengan Indonesia. Sekalian saja pilih negara tujuan yang jauh agar lebih terasa pengalamannya untuk kuliah dan hidup di luar negeri selama beberapa tahun. Jadi, jika sudah meneguhkan niat untuk kuliah di luar negeri dan ingin berada di negara yang jauh dari Indonesia maka Kanada sangat layak dijadikan pertimbangan pilihan karena lokasinya ada di kawasan Benua Amerika bagian utara.

Salah satu universitas yang menarik untuk dijadikan tujuan kuliah di Kanada adalah Unversity of British Columbia atau yang popular dengan nama singkatan UBC. Universitas tersebut membuka peluang bagi para mahasiswa internasional termasuk dari Indonesia tentunya untuk bisa melanjutkan studi di Kanada dengan menggunakan bantuan program beasiswa yang diberi nama International Leader of Tomorrow Award atau ILOT Award. Penasaran?

Program ILOT Award dari UBC ini nantinya akan memberikan bantan berupa tanggungan biay akuliah, uang saku, serta biaya hidup selama menempuh studi di UBC. Tentunya hanya kandidat yang sudah mengikuti seleksi da dinyatakan lolos yang akan mendapatkan bantuan elalui program ILOT award ini. Beasiswa ini juga ternyata bisa diperpanjang pemberiannya selama 3 tahun asalkan memang penerima beasiswa tersebut bisa memenuhi syarat kaitannya dengan studi yang diambil. Maksudnya adalah bahwa penerima beasiswa harus memiliki prestasi akademik yang baik di UBC selain juga memang benar-benar membutuhkan bantuan keuangan. Visa yang sesuai dengan status sebagai mahasiswa internasional juga harus dalam kondisi aktif untuk bisa memperpanjang beasiswa ini.

Prestasi akademik yang ditekankan dalam beasiswa ini bisa bermacam-macam tergantung kemampuan mahasiswa. Selain itu juga ada hal-hal seperti skil kepemimpinan, aktif dalam organisasi, lalu memiliki prestasi dalam hal lain seperti seni, debat, olahraga, dan lain-lain. Jika memiliki prestasi dalam berbagai bidang tersebut maka sudah pasti nantinya penerima beasiswa bisa memperpanjang masa pemberian beasiswa.



Persyaratan Beasiswa
Selanjutnya sudah tentu harus dipahami juga berbagai hal yang menjadi persyaratan dari program ILOT Award ini. Apa saja yang menjadi syarat-syaratnya:
1. Baru mendaftar untuk studi jenjang S1 yang pertama kalinya
2. Diterima di program yang menjadi pilihan pertama ketika mendatar dan juga memenuhi standar kemampuan penggunaan bahasa Inggris di lingkungan UBC
3. Memiliki catatan akademik yang baik dengan nilai rata-rata A atau setara
4. Mahasiswa internasional yang bkan warga negara Kanada atau penduduk tetap di Kanada dan bersedia untuk enempuh studi di Kanada dengan visa pelajar yang sesuai
5. Memperlihatkan adanya kebutuhan dalam bantuan keuangan untuk keperluan studi di UBC
6. Berasal dari sekolah menengah, akademi, atau universitas kain yang memang diakui

Pendaftaran Beasiswa
Proses pendaftaran untuk beasiswa ini tidak bisa dilakukan sendiri oleh pemohon secara langsung. Pihak yang mengajukan beasiswanya harus pihak sekolah atau kampus transfer. Jadi proses pendaftaran bisa dimulai dengan mendaftarkan diri terlebih dahulu pada studi yang akan diambil di UBC. Pendaftaran sebagai mahasiswa baru di UBC bisa dilakukan pada tautan berikut (link). Pendaftaran dilakukan secara online untuk kemudian melengkapi semua dokumen yang dibutuhkan dalam proses pendaftaran seperti profil sekolah asal, ijazah, transkrip nilai, bukti kemampuan bahasa Inggris, serta berbagai dokumen penunjang lainnya yang ada dan sesuai dengan pendaftaran. Proses ini membutuhkan biaya pendaftaran yang harus dibayar oleh pemohon.

Selanjutnya jika pemohon sudah diterima maka pihak sekolah atau universitas asal harus menggunakan paket formulir nominasi untuk merekomendasikan pemohon dan mengajukan permohonan untuk program beasiswa ILOT Award. Pada dasarnya yang harus disiapkan oleh pihak sekolah sama dengan yang sudah disiapkan pemohon ketika mendaftarkan diri sebagai mahasiswa di UBC. Paket pengajuan beasiswa yang sudah lengkap kemudian harus dikirimkan ke alamat berikut:

     The Administrator, International Leader of Tomorrow Award
     International Student Initiative, The University of British Columbia
     1200 – 1874 East Mall, Wellcome Centre
     Vancouver BC, CANADA V6T1Z1

Pendaftaran untuk beasiswa ini saat ini bisa dilakukan hingga batas akhirnya yaitu tanggal 1 Desember 2016. Pengumuman hasil seleksi untuk beasiswa ini akan ditampilkan pada bulan April 2017. Jika ada pertanyaan lebih lanjut mengenai program beasiswa ini maka bisa mengirimkan email ke alamat international.awards@ucb.ca atau menghubungi nomor telepon berikut +1-604-822-8999.



sumber: link




Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top