Artikel Terbaru

Program SHARE Scholarship dari Uni Eropa untuk Pertukaran Mahasiswa S1 di Kawasan ASEAN

Kuliah ke luar negeri saat ini terbukti sudah semakin mudah dengan semakin banyaknya pilihan program bantuan yang bisa diambil. Bahkan saat ini kuliah di luar negeri bisa dicicipi terebih dahulu melalui program pertukaran mahasiswa. Salah satu program yang tersedia untuk bisa membantu proses pertukaran mahasiswa pada jenjang S1 di kawasan ASEAN adalah SHARE Scholarship yang mendapatkan pendanaan penuh dari Uni Eropa. Program ini dibuka dalam 2 kali kesempatan yaitu batch 1 dan batch 2.

Para peserta seleksi dari program SHARE Scholarship ini nantinya akan bisa mengikuti kegiatan pertukaran mahasiswa di universitas yang sudah ditentukan oleh pihak penyedia beasiswa yang pastinya berada di kawasan ASEAN termasuk Indonesia. Pertukaran mahasiswa tersebut akan berlangsung selama 1 semester yang meskipun singkat tentu akan sangat berguna bagi yang berniat melanjutkan kuliah S2 dan S3 di luar negeri setelah selesai kuliah S1. Selain itu peserta dari program pertukaran biasanya akan lebih dipertimbangkan untuk menjadi mahasiswa di universitas tempat pertukaran berlangsung jika nanti mendaftarkan diri disana pada jenjang berikutnya.


Berikut ini adalah daftar universitas yang termasuk dalam program SHARE Scholarship termasuk beberapa diantaranya ada di Indonesia:
1. Kamboja
Royal University of Phnom Penh
National University of Management
Phnom Penh International University
The University of Cambodia
2. Indonesia
Bina Nusantara University
Bogor Agricultural University
Universitas Diponegoro
3. Malaysia
Universiti Kebangsaan Malaysia
Taylors University
University of Technology Malaysia
4. Myanmar
Mandalay University
University of Yangon
5. Filipina
Ateneo De Manila University
University of The Philipines
University of Santo Tomas
De La Salle University
6. Thailand
Chulalongkorn University
Payap University
King Mongkut’s University of Technology Thonburi
7. Vietnam
Hanoi University of Science and Technology
Ho Chi Minh University of Technology and Education
Hue University
Veit Nam Natonal University, Ha Noi

Program-program yang bisa dipilih untuk mengikuti pertukaran mahasiswa ini hanya program-program yang disampaikan dengan menggunakan bahasa Inggris. Daftar lengkap dari program yang bisa dipilih ada pada tautan berikut ini (link).
Cakupan pembiayaan yang ditanggung oleh SHARE Scholarship ini meliputi berbagai hal terkait dengan studi selama 1 semester, antara lain:
Uang kuliah penuh
Tunjangan hidup
Tiket pesawat PP dari negara asal ke negara tujuan
Asuransi kesehatan
Tunjangan kedatangan
Materi studi
Biaya visa


Persyaratan Beasiswa
Sudah pasti jika ingin mengikuti program SHARE Scholarship ini harus memenuhi persyaratan yang diajukan oleh pihak penyedia beasiswanya terlebih dahulu. Berikut persyaratannya:
Sudah menyelesaikan atau melewati minimal 2 semester pada studi S1 di universitas asal
Terdaftar sebagai warga negara di negara-negara ASEAN
Terdaftar sebagai mahasiswa aktif pada universitas yang termasuk dalam program SHARE Scholarship

Selain 3 hal tadi yang menjadi syarat awal dari program ini, berikut masih ada juga berbagai dokumen yang dibutuhkan dalam proses seleksinya dan harus disiapkan oleh para peserta seleksi, diantaranya:
Surat penerimaan dari universitas yang dituju
Surat pengesahan dari universitas asal
Transkrip nilai terbaru
Copy paspor
Pasfoto terbaru ukuran paspor

Pendaftaran Beasiswa
Proses pendaftaran program beasiswa ini bisa dimulai dengan mendaftarkan diri pada universitas yang akan dituju sesuai yang terdaftar pada program SHARE Scholarship. Masing-masing universitas memiliki batas waktu berbeda untuk pendaftarannya jadi harus benar-benar diperhatikan batas waktunya tersebut. Biasanya hal-hal mengenai pendaftaran bisa didapatkan pada bagian International Relations Office. Tujuan dari pendaftaran ini adalah untuk mendapatkan surat penerimaan atau LoA yang kemudian baru bisa mendaftarkan pada program beasiswa setelahnya.

Selanjutnya pendaftaran beasiswa secara online bisa dilakukan pada tautan berikut (link). Ketika melakukan pendaftaran pastikan semua berkas dokumen yang dibutuhkan sudah disiapkan dalam format softcopy untuk kemudian diunggah pada halaman pendaftaran online tersebut. Pastikan juga untuk memperhatikan batas waktu pendaftaran program beasiswanya sesuai periode yang sedang berlangsung.

Informasi dan Kontak
Berbagai informasi seputar SHARE Scholarship ini bisa didapatkan dengan menghubungi kontak yang ada di Indonesia yaitu:

     Nuffic Neso Indonesia
     Menara Jamsostek, 20th floor
     Jalan Gatot Subroto No. 38
     Jakarta 12710
     Telepon: +62 (21) 52902172
     Email: scholarship@share-asean.eu




Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top