Trustee Scholarship untuk Kuliah S1 di Boston University Amerika Serikat

Beasiswa yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa internasional semakin hari semakin banyak tersedia untuk kuliah di berbagai negara termasuk Amerika Serikat. Salah satu program beasiswa untuk kuliah S1 di Amerika Serikat adalah sebuah program yang bernama Trustee Scholarship dari Boston University, Amerika Serikat. Pada dasarnya beasiswa ini adalah beasiswa prestasi untuk mahasiswa Boston University.

Beasiswa ini nantinya akan memberikan tanggungan penuh biaya kuliah serta berbagai biaya wajib lainnya yang harus dikeluarkan oleh mahasiswa internasional selama menjalani studi S1 di Boston University. Target utama dari beasiswa ini adalah para mahasiswa internasional yang menunjukkan pencapaian-pencapaian luar biasa serta juga memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat. Penerima beasiswa ini setiap tahunnya berjumlah 20 orang yang bisa memperpanjang beasiswanya hingga 4 tahun. Dari penerima-penerima beasiswa ini sebelumnya sebagian besar adalah lulusan SMA dengan nilai yang bagus dan termasuk 10% siswa terbaik di kelasnya ketika SMA. Jadi benar adanya bahwa beasiswa ini merupakan sebuah beasiswa prestasi.


Persyaratan Beasiswa
Seperti halnya berbagai program beasiswa yang lainnya, untuk bisa mengikuti seleksi penerimaan beasiswa ini tentu ada hal-hal yang menjadi syarat untuk dipenuhi terlebih dahulu. Berikut ini adalah syarat-syaratnya:
Memiliki pencapaian akademik yang luar biasa
Memiliki sudut pandang, keberanian intelektual, kreatifitas, pengalaman, dan prestasi yang luar biasa
Memiliki keunikan bagi lingkungan kampus yang bisa menunjang berbagai kesempaan intelektual, budaya, dan sosial

Selain itu ada juga berbagai dokumen sebagai syarat pendaftaran yang harus disiapkan yang mencakup dokumen berikut:
Esai maksimal 600 kata
Hasil SAT atau ACT Plus Writing
Hasil TOEFL atau IELTS dengan skor TOEFL iBT minimal 90 atau IELTS minimal 7.0


Pendaftaran Beasiswa
Prosedur yang harus dilakukan untuk mendaftarkan diri dalam program beasiswa ini adalah dengan terlebih dahulu menulis esai sesuai tema yang sudah diberikan. Tema yang bisa dipilih adalah menjawab salah satu dari 3 pertanyaan berikut ini:

Building on recent successes in DNA research–including genetically modified crops, the creation of insulin within genetically modified cells, and the sequencing of the human genome–scientists have begun discussions about the fabrication of all DNA present in human chromosomes. Some foresee dramatic breakthroughs for humankind, while others worry that the knowledge would give parents the ability to select the traits of their offspring and perhaps allow for the creation of humans without biological parents. There is widespread agreement that the research touches ethical as well as scientific questions.
In your view, do the potential benefits outweigh its risks?  If so, how should its risks be addressed?

Several countries are now developing prototypes for “robot weapons,” which will have the capacity to locate targets and launch strikes without human intervention. Supporters say this is a logical and necessary step, given the growing technological sophistication of warfare. Critics contend, on both moral and strategic grounds, that humans must be directly involved whenever lethal force is used.
Do you think the potential use of such weapons should be pursued?  Why?

The German poet Johann Wolfgang von Goethe wrote: “One cannot escape the world more certainly than through art, and one cannot bind oneself to it more certainly than through art.”
With extended reference to one novel, poem, play, piece of music, or work of art, please discuss what you believe this sentence to mean.

Esai yang ditulis maksimal 600 kata untuk kemudian dimuat di halaman pendaftaran secara online pada tautan berikut ini (link). Selain esai sesuai dngan sala satu pertanyaan yang sudah disebutkan tadi harus dikirimkan juga esai singkat maksimal 300 kata yang isinya adalah

“Something that’s not on the resume”, Give us a glimpse of a passion, dream, or mental pursuit that absorbs and delights you.

Pendaftaran beasiswa tidak membutuhkan pendaftaran sendiri yang terpisah. Pemohon yang ingin mendaftarkan diri pada beasiswa ini hanya harus mendaftarkan diri pada program yang diinginkan karena bisa saja pada program berbeda aka nada syarat-syarat yang berbeda. Pengajuan pendaftaran untuk beasiswa ini sudah harus dilakukan paling lambat pada tanggal 1 Desember. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi kontak yang tersedia pada halaman resmi Boston University di tautan berikut ini (link).



Share on Google Plus

About Berkuliah Indonesia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.