Artikel Terbaru

Beasiswa Kuliah S1 di Amerika Serikat dan Kanada

Kawasan Benua Amerika bagian utara khususnya Amerika Serikat dan Kanada sangat bisa dijadikan petimbangan negara tujuan jika ingin meneruskan studi atau kuliah ke luar negeri pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Khusus bagi yang berniat melanjutkan studi pada jenjang S1, berikut ini adalah beberapa pilihan program beasiswa terbaru yang bisa digunakan di Amerika Serikat atau Kanada

Presidential Scholarship dari University of IOWA, Amerika Serikat

Pelajar dari Indonesia yang ingin melanjutkan studinya pada jenjang S1 di Amerika Serikat bisa memanfaatkan beasiswa dari University of Iowa melalui skema program Presidential Scholarship. Beasiswa yang ditawarkan bisa berlaku bagi pelajar dari AS atau juga pelajar internasional untuk menempuh studi pada semua program S1 yang memang ditawarkan oleh University of Iowa. Setiap periode atau tahun pemberiannya disediakan sebanyak total 20 beasiswa dengan jangka waktu pemberian beasiswa maksimal adalah 4 tahun. Khusus bagi pelajar internasional jumlah beasiswa yang nantinya diterima adalah sebesar USD 10.000 per tahun atau jika dijumlah selama 4 tahun menjadi USD 40.000. 


Selama masa kuliah S1 di University of Iowa, penerima Presidential Scholarship ini nantinya juga akan memiliki akses ke spektrum kegiatan khas yang sudah dirancang sedemikian rupa untuk bisa mendorong level intelektual yang luar biasa, professional, dan juga ditambah pengembangan diri. Berpartisipasi pada seminar khusus penerima Presidential Scholarship adalah salah satu kegiatan yang nantinya akan diikuti para penerima beasiswa ini.

Berikut ini adalah persyaratan wajib dari program Presidential Scholarship yang harus diperhatikan oleh para kandidat:
1. Mendaftar dan sudah diterima di niversity of Iowa pa program S1
2. Memiliki nilai rata-rata minimal 380 pada skala 400yang bisa disetarakan dengan nilai 9.5 pada skala 10
3. Meraih skor komposit ACT minmal 30 atau skor SAT gabungan Matematika dan Membaca Kritis minimal 1330

Selain persyaratan tersebut para kandidat juga harus memperhatikan berbagai hal yang menjadi kriteria seleksi dari program beasiswa ini agar bisa menyiasati dan memaksimalkan hasil seleksinya, yaitu:
1. Rasa ingin tahu dalam lingkup intelektual
2. Kemampuan luar biasa dalam bidang akademik
3. Integritas dalam beasiswa, kepemimpinan, dan layanan
4. Komitmen kuat pada masyarakat
5. Menghormati perbedaan dalam hidup

Pendaftaran pada program ini harus dimulai dengan mendaftarkan diri sebagai mahasiswa di University of Iowa pada program S1 yang sesuai dengan minat. Setelah melakukan pendaftaran pada tautan berikut (link) dan diterima sebagai mahasiswa maka baru bisa mengajukan permohonan Presidential Sholarship melalui tautan berikut (link). Kandidat harus login terlebih dahulu dengan ID dan password yang didapatkan setelah diterima sebagai mahasiswa. Kemudian kandidat hanya perlu mengisi survey pendaftaran umum dan bisa mencari bagian khusus Presidential Scholarship . Jika kandidat dianggap memenuhi syarat maka akan ikut direkomendasikan dalam daftar penerima beasiswa. Pendaftaran maksimal bisa dilakukan pada tanggal 28 November 2016 dengan informasi lengkapnya bisa didapatkan dengan mengirimkan email ke alamat honors-program@uiowa.edu



University of Alberta Centenary Scholarship dari University of Alberta, Kanada

Selanjutnya adalah pilihan beasiswa yang saat ini masih tersedia berasal dari Kanada yaitu tepatnya University of Alberta. Melalui program University of Alberta Centenary Scholarhsip ditawarkan bantuan beasiswa bagi pelajar internasional yang berniat menempuh studi S1 di Kanada khususnya University of Alberta. Jumlah dari beasiswa yang diberikan bervariasi dari $20.000 paling rendah yang dibayarkan selama 4 tahun masa studi S1. Beasiswa ini ditargetkan bagi kandidat dengan prestasi unggul dan baru saja memasuki tahun pertama studi S1 di Uniersity of Alberta.


Program beasiswa ini pada dasarnya adalah sebuah beasiswa kompetisi sehingga hanya kandidat terbaik yang akan dipilih dan menjadi penerima beasiswa. Untuk bisa mengikuti seleksi program beasiswa dari University of Alberta ini kandidat harus memenuhi berbagai persyaratan dan mengikuti beberapa ketentuan yang ada dimana salah satunya adalah adanya pengajuan permohonan terpisah untuk beasiswa ini sendiri.

Berikut ini adalah persyaratan wajib dari program University of Alberta Centenary Scholarship yang harus diperhatikan oleh para kandidat:
1. Memiliki izin untuk belajar dengan prestasi akademik yang unggul
2. Mampu menunjukkan kualitas dan jiwa kepemimpinan berdasarkan keterlibatan di kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler dan masyarakat
3. Memiliki surat rekomendasi dari pembimbing
4. Memiliki kurang dari 24 IB, AP atau kredit A-lebel
5. Bukan merupakan mahasiswa transfer

Karena program beasiswa ini membutuhkan pengajuan yang terpisah dengan pendaftaran menjadi mahasiswa di University of Alberta maka ada beberapa dokumen yang harus disiapkan untuk proses seleksinya yaitu:
1. Surat referensi
2. Salinan ijazah dan juga transkrip SLTA
3. Terjemahan resmi dokumen dalam bahasa Inggris

Proses pendaftaran bisa dimulai dengan kandidat terlebih dahulu mendaftarkan diri sebagai mahasiswa di University of Alberta sesuai dengan program S1 yang diminati yang bisa dilakukan pada tautan berikut ini (link). Setelah melakukan pendaftaran maka kandidat akan diberikan Campus Computing ID atau CCID dan juga passwordnya yang nantinya akan bisa digunakan untuk mengakses laman beasiswa dan mendaftarkan diri.

Setelah itu kandidat bisa masuk ke laman pengajuan beasiswa yaitu pada tautan berikut (link) untuk melengkapi pengajuan beasiswa secara online. Pastikan untuk mengisi semua informasi yang diminta dimana pada tahap kelima harus dipilih pada Major International Scholarship Application kemudian lanjutkan hingga selesai.

Pendaftaran untuk program beasiswa ini bisa dilakukan maksimal hingga tanggal 5 Desember 2016 dimana peserta juga sudah harus mendaftarkan diri ke universitas sebelum tanggal tersebut. Keputusan pemenang sebagai penerima beasiswa akan disampaikan pada bulan Maret 2017.

Nah, itu tadi adalah 2 pilihan beasiswa S1 dari universitas yang masing-masing ada di Amerika Serikat dan Kanada untuk dimanfaatkan bagi para pelajar Indonesia yang berniat melanjutkan studi S1 di luar negeri.




Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top