Artikel Terbaru

Hibah Terra Foundation 2017 untuk Riset Kesenian di Amerika Serikat

Setiap tahun ada banyak program bantuan menyangkut pembiayaan studi atau riset dengan tujuan ke berbagai negara di dunia yang membuka kesempatan termasuk bagi mahasiswa dari Indonesia untuk bisa merasakan pendidikan atau penelitian di luar negeri. Salah satu yang secara rutin menawarkan bantuan pembiayaan adalah Terra Foundation melalui program Hibah Terra Foundation. 

Pada periode Hibah Terra Foundation 2017 ini kembali Terra Foundation menawarkan bantuan pembiayaan bagi mahasiswa doktor dan juga ilmuwan senior serta postdoktoral dari luar kawasan Amerika Serikat untuk mengadakan riset khusus pada topik Kesenian Amerika dan Budaya Visual sebelum 1980. Kandidat seleksi pada program ini yang sudah lolos dan berhak melakukan penelitian di Amerika Serikat tentunya akan bisa menggali lebih dalam dan lebih jauh mengenai topik yang disebutkan tadi dan banyak hal terkait yang hanya ada di Amerika Serikat.





Rincian
Bantuan pembiayaan dari Terra Foundation ini diberikan mencapai jumlah hingga $7.000 khusus bagi para kandidat doktor yang berasal dari Afrika, Asia, dan Amerika Selatan. Sementara itu untuk ahli senior dan juga pada studi postdoktoral akan diberikan hingga sejumlah $9.000 melalui program Hibah Terra Foundation ini. Uang yang diberikan tersebut bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti penginapan, transportasi, makan, dan semua biaya terkait dengan penelitian yang dilakukan. Namun perlu diingat bahwa uang tersebut tidak bisa digunakan untuk pembelian perlengkapan seperti komputer atau laptop dan sebagainya.

Bantuan dana dari Terra Foundation ini akan diberikan dalam 2 kali periode angsuran. Sejumlah 80& dari jumlah totalnya akan diberikan sebelum keberangkatan pertama kali ke Amerika Serikat. Selanjutnya sisa 20% dari jumlah totalnya akan diberikan setelah laporan akhir kegiatan di Amerika Serikat diserahkan. Jadi pada dasarnya selama menjalankan kegiatan penelitiannya di Amerika Serikat penerima bantua pembiayaan ini hanya bisa mengalokasikan maksimal 80% dari uang yang diberikan.



Persyaratan
Jika ingin mengikuti seleksi sebagai penerima bantuan keuangan dari program Hibah Terra Foundation ini harus dipastikan untuk memenuhi persyaratannya dahulu, yaitu antara lain:
1. Perjalanan ke Amerika Serikat harus dilakukan dalam lingkup atau kurun waktu 1 tahun kalender setelah pengumuman hasil akhir seleksi.
2. Laporan akhir dari kegiatan di Amerika Serikat harus diserahkan dalam waktu maksimal 3 bulan dari selesainya perjalanan den segala legiatannya dimana harus mencakup deskripsi perjalanan, penilaian penelitian, dan laporan keuangan.
3. Penerima Hibah Terra Foundation harus mengakui dukungan dari TFAA pada setiap publikasi yang dihasilkan dari hasil penelitian yang dibiayai oleh dana dari Terra Foundation.

Setelah memastikan bahwa semua syarat sudah dipenuhi untuk mengajukan permohonan seleksi pada program ini maka selanjutnya yang perlu diperhatikan dan diselesaikan adalah perihal syarat dokumen pendaftaran. Berikut rinciannya:

1. Formulir pendaftaran (link)
2. Curriculum vitae
3. Deskripsi detail dari proyek riset atau penelitian maksimal 5 halaman yang menunjukkan perlunya dan pentingnya perjalanan ke Amerika Serikat dalam proyek yang akan dilakukan.
4. Rincian jadwal selama perjalanan dan dilengkapi dengan tujuan serta tanggal dilakukannya perjalanan.
5. Rincian anggaran perjalanan dalam USD
6. Copy atau scan identitas diri yang berlaku yaitu bisa SIM, KTP, atau Paspor
7. Surat rekomendasi  sebanyak 2 buah yang untuk mahasiswa doktoral salah satu suratnya harus ditulis oleh pembimbing disertasi untuk kemudian suratnya di-scan dan dikirimkan secara langsung oleh penulisnya ke Terra Foundation for American Art Europe dimana dalam suratnya harus ada tanda tangan penulis.




Pendaftaran
Proses pendaftaran untuk program Hibah Terra Foundation ini bisa dilakukan dengan melengkapi formulir pendaftaran yang terlebih dahulu bisa diunduh pada tautan yang sudah diberikan. Setelah itu semua dokumen yang diminta harus dalam bahasa Inggris dan disertakan dengan formulirnya dikirimkan ke alamat email travelgrants@terraamericanar.eu. Email paling lambat dikirimkan pada tanggal 15 Januari 2017 untuk periode Hibah Terra Foundation 2017 ini. Informasi lebih lanjut dari program ini bisa dilihat di halaman resmi dari Terra Foundation yaitu pada tautan berikut ini (link).




Nah, salah satu hal yang harus disiapkan untuk kuliah ke luar negeri khususunya di Inggris dan Amerika Serikat adalah kemampuan bahasa Inggris. Buat yang masih merasa kemampuan bahasa Inggrisnya pas-pasan, ada trik-trik untuk meningkatkannya di halaman berikut (LINK).


Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top