Cari Universitas Paling Cocok Buat Kamu dengan 'Search Course' dari Hotcourses Indonesia

Sebagai penyedia informasi dan panduan seputar kuliah ke luar negeri, Hotcourses berupaya maksimal dalam menghadirkan informasi-informasi tersebut bagi para pelajar dan mahasiswa dari Indonesia. Salah satu caranya adalah dengan menyediakan sebuah fitur utama di laman Hotcourses yaitu Search Course. Seperti apakah fitur Search Course itu dan bisa apa saja kegunaannya?

Fitur Search Course dari Hotcourses bisa ditemukan dan diakses di tampilan utama laman Hotcourses Indonesia pada tautan berikut ini (link).



Tujuan utama dari adanya fitur ini terdiri dari 2 hal yaitu:
1. Menyaring pilihan universitas paling cocok sesuai dengan profil akademik yang dimiliki dan diinginkan.
2. Membandingkan pilihan-pilihan universitas yang sesuai dengan minat namun  masih bingung memutuskan pilihan akhirnya.

Memang ada banyak informasi seputar kuliah ke luar negeri yang kemudian menuju pada pilihan-pilihan untuk diambil dimana fitur Search Course memiliki peranan besar dalam hal tersebut.

Selain memiliki tujuan utama tersebut fitur Search Course dari Hotcourses ini juga memberikan berbagai keuntungan khususnya bagi para pelajar dan mahasiswa dari Indonesia yang ingin melanjutkan studi di luar negeri. Meskipun informasi itu tersedia jika tidak dicari dengan benar maka bisa saja informasi yang sebenarnya dibutuhkan justru tidak muncul. Lalu, apa saja keuntungan dari fitur Search Course di Hotcourses ini?

1. Bisa menemukan pilihan universitas dengan penawaran jurusan yang dicari.
Dengan menggunakan fitur Search Course, berbagai pilihan universitas yang ada dengan penawaran jurusan sesuai yang dicari bisa dengan mudah ditemukan. Hal ini cukup dilakukan dengan menuliskan jurusan yang diinginkan, lalu negara tujuan, dan jenjang studinya. Misal untuk mencari pilihan studi S2 Hukum di Inggris maka bisa langsung dimasukkan kriteria tersebut kemudian gunakan tombol search untuk mencari pilihan yang tersedia. Setelah itu akan muncul tampilan baru dengan berbagai universitas yang menawarkan studi S2 Hukum di Inggris sesuai kriteria pencarian yang tadi dimasukkan.





2. Bisa menyaring pilihan universitas sesuai profil akademik yang dimiliki.
Selanjutnya setelah pilihan-pilihan universitas muncul sesuai kriteria pencarian awal tadi, dalam contoh adalah studi S2 Hukum di inggris, maka penyaringan lebih lanjut bisa dilakukan dengan menggunakan profil akademik yang dimiliki. Beberapa kriteria yang bisa digunakan dalam penyaringan antara lain negara asal, jenjang terakhir dan asalnya, nilai, dan bahkan wilayah dari negara tujuan serta biaya. Setelah itu gunakan tombol saring pencarian untuk mendapatkan pilihan yang lebih spesifik lagi.





3. Bisa mengetahui jurusan yang ada di universitas-universitas tertentu.
Kembali pada halaman hasil pencarian universitas dengan kriteria awal studi S2 di Inggris tadi, nama-nama universitas yang ada bisa dipilih untuk kemudian memunculkan tampilan baru. Pada tampilan tersebut akan terlihat berbagai jurusan atau program pada bidang Hukum di universitas tersebut. Pada masing-masing jurusan akan ditampilkan informasi nama jurusan, jenjang, lama waktu studi, dan juga biaya studinya.



4. Bisa menghubungi pihak universitas secara langsung.
Pada halaman detail dari universitas yang sudah dipilih tadi, selain ada berbagai informasi jurusan yang ditawarkan akan ada juga tombol berwarna hijau dengan tulisan Hubungi Universitas, Hubungi Institusi, atau Meminta Informasi. Tombol tersebut bisa digunakan secara langsung untuk menuju ke kontak-kontak yang tersedia dari universitas tersebut. Jadi jika ingin secara langsung menanyakan berbagai hal seputar universitas tersebut dan jurusan yang diminati maka bisa langsung melakukannya dari tombol tersebut. Tentu informasi yang secara langsung diberikan oleh universitas tersebut bisa sangat membantu.



5. Bisa membandingkan pilihan-pilihan universitas yang tersedia untuk menemukan pilihan paling tepat.
Meskipun sudah disaring dengan kriteria-kriteria tertentu sesuai minat dan keinginan dalam melanjutkan studi di luar negeri, tetap saja pilihannya masih ada beberapa yang sangat bisa membuat bingung. Nah, untuk menghilangkan kebingungan dan lalu menemukan pilihan terbaik yang bisa diambil maka bisa menggunakan fitur Search Course untuk membandingkan pilihan-pilihan yang tersedia. Hal-hal yang bisa dibandingkan seperti biaya kuliah, biaya hidup, biaya akomodasi, peringkat universitas di dunia, dan bahkan popularitas universitas tersebut dalam lingkup internasional. Untuk artikel yang menjelaskan mekanisme ini secara rinci, ada di tautan berikut ini: (link)

Nah, berikut ini adalah cara untuk bisa membandingkan berbagai pilihan universitas yang muncul dalam pencarian sesuai minat di Hotcourses menggunakan fitur Search Course.
1. Daftarkan diri terlebih dahulu di Hotcourses dengan menggunakan tombol pada bagian kanan atas di laman utama Hotcourses.



2. Setelah mendaftar lalu lakukan pencarian universitas sampai masuk pada laman detail dari universitasnya dan klik gambar hati untuk memasukkan universitas tersebut dalam daftar favorit. Untuk bisa membandingkan pastikan ada lebih dari 1 universitasnya ya yang dimasukkan dalam daftar favorit.



3. Setelah masuk ke laman akun yang sudah dibuat dengan mendaftarkan diri tadi dan pilih bagian universitas dimana disitu sudah akan ada jumlah universitas yang tadi dimasukkan dalam daftar favorit.



4. Selanjutnya cukup gunakan tombol bandingkan yang berwarna oranye di bagian atas dari halaman universitas dalam menu tersebut, maka akan muncul tampilan laman lain yang berupa perbandingan berbagai informasi seputar universitas-universitas tersebut.



Dengan adanya perbandingan yang secara langsung ditampilkan bersamaan tersebut maka sudah tentu akan lebih mudah untuk bisa menentukan pilihan universitas yang nantinya diambil.



Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini informasi bergerak dengan sangat cepat dan dengan intensitas yang luar biasa tinggi, namun untuk mencari informasi-informasi yang tepat dan sesuai tentu tidak mudah. Oleh karena itu Hotcourses Indonesia dengan fitur Search Course sangat-sangat membantu dalam mencari informasi sebagai dasar menentukan pilihan untuk kuliah ke luar negeri.



Share on Google Plus

About Berkuliah Indonesia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.