Artikel Terbaru

National Scholarship Programme of the Slovak Republic – Beasiswa Kuliah Singkat di Slovakia

Pemerintah negara Slowakia menawarkan kesempatan untuk bisa mengikuti kegiatan perkuliahan singkat selama 1 bulan hingga maksimal 12 bulan bagi mahasiswa jenjang S2, S3, dosen, serta peneliti. Sebuah skema program beasiswa yang bernama National Scholarship Programme of the Slovak Republic atau NSP adalah peluang yang terbuka lebar untuk merasakan pengalaman kuliah di Eropa meskipun hanya dalam waktu singkat.

Program beasiswa ini diadakan dalam 2 periode pemberian yaitu untuk semester musim panas 2016/2017 dan untuk 2017/2018. Peserta seleksi program ini yang berhasil lolos nantinya akan mendapatkan kesempatan untuk menempuh studi singkat di institusi pendidikan tinggi dan riset yang ada di Slovakia. Daftar dari institusinya bisa dilihat pada halaman berikut ini (link dan link)



Beasiswa yang diberikan kepada para kandidat yang sudah lolos seleksi nantinya akan mencakup tanggungan biaya studi, biaya penelitian, serta biaya pengajaran pada institusi pendidikan tinggi dan organisasi penelitian di Slowakia. Selain biaya yang terkait pendidikan tersebut masih ada juga biaya akomodasi, biaya hidup, dan biaya tempat tinggal yang ditanggung oleh pihak penyedia beasiswa. Namun perlu diperhatikan bahwa biaya untuk transportasi harus ditanggung oleh penerima beasiswanya sendiri.

Hal-hal yang menjadi persyaratan dari program beasiswa NSP dari pemerintah Slowakia ini antara lain mencakup:
1. Mahasiswa S2 yang saat ini sedang menempuh pendidikan S2 di luar Slowakia dan juga telah diterima di salah satu institusi pendidikan tinggi di Slowakia seperti yang ada pada daftar dengan nantinya masa studi dilaksanakan selama 1 sampai 2 semester.
2. Mahasiswa S3 yang sudah menempuh pendidikan tinggi atau sedang mempersiapkan penelitian di luar Slowakia dan juga sudah diterima di salah satu institusi pendidikan tingi di Slowakia seperti yang ada pada daftar pada program Doktor dengan masa studi yang natinya dilaksanakan selama 1 bulan sampai 12 bulan.
3. Dosen dan peneliti yang memang sudah diundang oleh salah satu organisasi yang memiliki sertifikat kompetensi untuk bisa menyelenggarakan penelitian dan pengembangan di Slowakia dengan masa studi berlangsung selama 1 bulan hingga 12 bulan.



Sebelum mendaftarkan diri dan menyiapkan berbagai hal untuk proses seleksi dari program beasiswa ini perlu diperhatikan beberapa persyaratan dokumen yang dibutuhkan berikut ini:
1. Mahasiswa S2 dan S3
Motivation Letter
Curriculum Vitae
Detail program studi yang akan diambil
Lampiran detail riset
Surat rekomendasi 2 buah dari dosen pembimbing 
Surat konfirmasi penerimaan dari universitas asal tentang status mahasiswa
Salinan ijazah S1 atau S2
Daftar publikasi untuk mahasiswa S3
Surat konfirmas penerimaan dari institusi pendidikan tinggi di Slowakia
2. Dosen dan Peneliti
Curriculum Vitae
Detail program pengajaran atau riset yang akan diambil dengan beasiswa
Salinan ijazah program gelar terakhir
Daftar publikasi
Surat konfirmasi penerimaan dari institusi pendidikan tinggi di Slowakia

Pendaftaran secara online untuk program beasiswa ini bisa dilakukan dengan mengunjungi halaman pendaftaran online pada tautan berikut (link) dengan batas waktu pendaftaran untuk periode 2016/2017 adalah pada 31 Oktober 2016 dan untuk periode 2017/2018 adalah pada 30 April 2017. Informasi lebih lanjut mengenai program beasiswa di Slowakia ini bisa didapatkan pada halaman berikut (link).



Nah, salah satu hal yang harus disiapkan untuk kuliah ke luar negeri khususunya di Inggris dan Amerika Serikat adalah kemampuan bahasa Inggris. Buat yang masih merasa kemampuan bahasa Inggrisnya pas-pasan, ada trik-trik untuk meningkatkannya di halaman berikut (LINK).


Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top