Artikel Terbaru

Omidyar Fellowship – Beasiswa Postdoktoral di Santa Fe Institute, Amerika Serikat

Semakin banyaknya peminat untuk kuliah ke luar negeri memberikan lebih banyak pilihan yang bisa diambil termasuk juga pilihan beasiswa. Khusus bagi yang berniat untuk menempuh program Postdoktoral ada sebuah beasiswa dari Santa Fe Institute di Amerika Serikat yang bernama Omidyar Fellowship. Santa Fe Institute yang juga dikenal dengan nama SFI ini menawarkan program Omidyar Fellowship bagi para pemegang gelar PhD yang ingin melanjutkan untuk melakukan riset Postdoktoral.

Program Omidyar Fellowship ini memberikan kesempatan pada para kandidat terpilih untuk bisa melakukan riset selama maksimal 3 tahun di SFI. Penelitian yang dilakukan di SFI dengan bantuan skema Omidyar Fellowship harus bersifat kolaboratif dimana mencakup berbagai disiplin ilmu yaitu ilmu-ilmu fisik, sosial, dan alam. Kebanyakan penelitian yang diajukan pada program ini bersifat teoritis atau komputasi di alam meskipun ada juga beberapa yang mencakup komponen-komponen empiris.

Selain menyediakan kesempatan kolaborasi dalam penelitiannya bersama dengan para peneliti terkemuka di seluruh dunia, institusi pendidikan yang terletak di Santa Fe, New Mexico, Amerika Serikat ini juga menyediakan dana kolaborasi dan penelitian diskresioner, gaji dan tunjangan kompetitif tempat tinggal, dan berbagai program pelatihan kemimpinan yang terstruktur selama menjalani riset dengan program Omidyar Fellowship ini.

Program dari SFI ini terbuka bagi siapa saja yang memang sesuai dengan kriteria program terlepas dari negara manapun asal dari kandidat peserta. Lebih lanjut lagi dijelaskan bahwa program ini sangat dianjurkan bagi kandidat perempuan dan juga kandidat dari kelompok-kelompok yang cenderung kurang terwakili.


Persyaratan Program
Berikut ini adalah semua hal yang menjadi persyaratan utama dari program Omidyar Fellowship dari SFI dan harus dipenuhi oleh para kandidat yang mengajukan permohonan:
1. Sudah mempunyai gelar PhD atau akan mendapatkan gelar PhD maksimal pada bulan September 2017 tanpa danya kekhususan bidang studi
2. Memiliki keteramplan dalam bidang komputasi dan juga kuantitatif
3. Memiliki catatan akademik yang baik
4. Memiliki kemampuan bekerja yang sudah terbukti baik secara individu maupun kelompok
5. Menunjukkan minat dalam penelitian multidisiplin
6. Memiliki bukti kemampuan untuk berfikir di luar paradigma dan pola pikir tradisional

Selain persyaratan tersebut berikut ini adalah berbagai jenis dokumen yang harus disiapkan untuk mendukung proses pendaftaran para kandidat dalam seleksi beasiswa dari SFI:
1. Curriculum vitae yang mencakup daftar publikasi ilmiah
2. Pernyataan minat pada penelitian dengan beasiswa dari SFI termasuk deskripsi singkat penelitian yang ingin dilakukan dan alasannya dengan panjang maksimal 2 halaman
3. Pernyataan deskriptif mengenai minat untuk melakukan riset atau menempuh studi di SFI maksimal 1 halaman yang menjelaskan dengan detail potensi kontribusi dari kandidat bagi komunitas SFI serta penjabaran dampak potnsial dari penelitian yang dilakukan bagi SFI. Contoh hal yang bisa dibahas antara lain:
     a.      Apa jenis masukan dari bidang lain yang akan bisa meningkatkan
             penelitian di kandidat masa depan?
     b.      Apa jenis lokakarya multidisiplin yang mungkin igin digelar selama
             masa mengikuti program di SFI?
     c.      Apa aspek penelitian kandidat sekarang atau di masa dean yang
             sekiranya sulit dikejar di lingkup lingkungan akademis tradisional?
4. Surat rekomendasi sebanyak 3 buah dari para akademis yang benar-benar mengetahu pekerjaan kandidat dimana harus dikirimkan secara independen dari pegajuan program Omidyar Fellowship di SFI. Kandidat cukup menyediakan alamat email dari pada pemberi rekomendasi untuk kemudian akan dihubungi langsng oleh pihak SFI.
5. Salinan salah satu makalah yang sudah ditulis dalam bahasa Inggris baik yang benar-benar sudah dipublikasikan atau belum


Pendaftaran Program
Semua dokumen yang dibutuhkan harus disiapkan untuk melakukan proses pendaftaran pada program ini kemudian diunggah bersama formulir pendaftaran yang bisa diisi secara online pada tautan berikut ini (link). Proses pendaftarannya dilakukan secara online dimana para kandidat pemohon harus membuat sebuah akun terlebih dahulu jika sebelumnya belum pernah melakukan pendaftaran di program-program dari SFI.

Pendaftaran online pada program Omidyar Fellowship periode tahun 207 ini harus sudah diterima pada akhir bulan Oktober 2016. Selanjutnya kandidat yang lolos seleksi administratif atau tahap pertama akan mendapatkan undangan untuk mengikuti seleksi wawancara pada pertengahan bulan Desember 2016. Wawancara dari program ini baru akan dilakukan pada bulan Januari 2017 bertempat di SFI selama 2 hari.

Informasi lebih lanjut mengenai program Omidyar Fellowship dari Santa Fe Institute ini bisa didapatkan dengan mengirimkan email ke alamat ofellowshipinfo@santafe.edu atau langsung mengunjungi laman resmi dari SFI pada tautan berikut (link).

www.beasiswapascasarjana.com



Nah, salah satu hal yang harus disiapkan untuk kuliah ke luar negeri adalah kemampuan bahasa Inggris. Buat yang masih merasa kemampuan bahasa Inggrisnya pas-pasan, ada trik-trik untuk meningkatkannya di halaman berikut (LINK).


Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top