Artikel Terbaru

The Oxford-Princeton Global Leaders Fellowships Programme – Beasiswa Riset di University of Oxford dan Princeton University

Penelitian adalah satu cara untuk bisa menemukan berbagai hal baru atau juga solusi untuk berbagai masalah yang ada di dunia saat ini. Oleh karena itu saat ini ada banyak pilihan program beasiswa yang khusus menyediakan kesempatan bagi para penerimanya untuk melakukan riset dalam berbagai bidang di berbagai universitas di dunia. Salah satu program beasiswa riset yang terbaru adalah sebuah program yang bernama The Oxford-Princeton Global Leaders Fellowships Programme dari University of Oxford di Inggris dan Princeton University di Amerika Serikat.


Rincian Program
Program beasiswa ini adalah sebuah program yang secara khusus membuka kesempatan bagi pada pemegang gelar doctor atau yang segera mendapatkan gelar doctor untuk bisa melakukan riset atau penelitian di Global Economic Governance Programme selama 2 tahun. Program tesebut merupakan program yang diadakan oleh University of Oxford di Inggris dan Princeton University di Amerika Serikat untuk memaksimalkan potensi yang ada dari para pemegang gelar doktor di dunia dengan fokus pada negara-negara non-OECD dimana Indonesia termasuk salah satunya.

Kandidat sebagai penerima beasiswa ini akan disebut sebagai Visiting Research Sholar yang akan mendapatkan bantuan atau tunjangan keuangan masing-masing sebesar GBP 36.309 selama 1 tahun Selain itu penerima beasiswa ini juga akan mendapatkan kartu universtas yang merupakan kartu untuk akses penuh ke perpustakaan universitas serta layanan IT. Selanjutnya pada tahun kedua penerima beasiswa akan mendapatkan bantuan sebesar USD 56.500 di Princeton University.




Persyaratan Umum
Beberapa hal yang menjadi persyaratan dari program ini dan harus dipenuhi antara lain mencakup hal-hal berikut ini:
1. Warganegara resmi di negara-negara non-OECD
2. Memiliki pengalaman kerja di negara-negar non-OECD
3. Sudah menyelesaikan studi dengan gelar doctor atau bukti bahwa akan segera selesai pada bidang-bidang yang memang relevan untuk negara-negara berkembang dalam lingkup pemerintahan atau ekonomi politik dunia
4. Memiliki bukti prestasi akademik yang lua biasa dan juga rencana untuk nantinya mengembangkan karir sesuai dengan tujuan utama dari program GLF
5. Memiliki bukti kemampuan analisis dan keterampilan meneliti yang luar biasa
6. Memiliki bukti proyek penelitian yang dijabarkan dengan jelas serta berkontribusi secara luas untuk pemahaman bagaimana para pembuat kebijakan dan lembaga di negara-negara berkembang akan bisa mengembangkan strategi-strategi yang lebih efektif dalam lingkup politik dunia untuk berurusan dengan dampak dari globalisasi yang teta bisa menguntungkan penduduk di negara-negara berkembang tersebut

Persyaratan Dokumen
Selain hal-hal yang menjadi persyaratan utama dari program ini ada juga berbagai dokumen yang wajib disiapkan dan disertakan dalam proses pendaftaran dari beasiswa ini. Berikut dokumen-dokumen yang diperlukan:
1. CV terbaru
2. Formulir pendaftran
3. Surat pengantar
4. Surat referensi sebanyak 2 yang dikirim langsung oleh pemberi referensi tersebut
5. Personal statement maksimal 500 kata
6. Research statement maksimal 2.500 kata



Pendaftaran
Proses pendaftaran dari program beasiswa ini bisa dilakukan dengan terlebih dahulu mengunduh formulir pendaftaran yang disediakan pada tautan berikut (link) dan kemudian mengajukannya bersamaan dengan semua dokumen yang dibutuhkan melalui alamat email glf@univ.ox.ac.uk. Selain itu bisa juga dikirim melalui pos ke alamat berikut ini:

Global Economic Governance, 

University College, High Street
Oxford OX1 4BH, 
United Kingdom

Dokumen untuk pendataran harus sudah diterima pihak penyedia beasiswa maksimal pada tanggal 28 November 2016. Kandidat akan diseleksi oleh komite yang terdiri dari total 6 orang anggota fakultas dengan 3 dari Oxford dan 3 dari Princeton. Wawancara pada proses seleksi beasiswa ini akan dilakukan via telepon.




Nah, salah satu hal yang harus disiapkan untuk kuliah ke luar negeri khususunya di Inggris dan Amerika Serikat adalah kemampuan bahasa Inggris. Buat yang masih merasa kemampuan bahasa Inggrisnya pas-pasan, ada trik-trik untuk meningkatkannya di halaman berikut (LINK).


Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top