Artikel Terbaru

Ajinomoto Scholarship for ASEAN International Students – Beasiswa Kuliah S2 di Jepang

Jepang merupakan salah satu negara favorit tujuan kuliah ke luar negeri khususnya bagi pelajar dan mahasiswa dari Indonesia dan juga secara umum bagi para pelajar dan mahasiswa internasional dari berbagai wilayah di dunia. Terlepas dari berbagai alasan untuk pada akhirnya memilih Jepang sebagai negara tujuan untuk melanjutkan studi khususnya pada jenjang S2, selalu ada program beasiswa yang bisa dimanfaatkan untuk membiayai studi di Jepang. Salah satu pilihan program beasiswa untuk kuliah S2 di Jepang yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa dari Indonesia adalah Ajinomoto Scholarship for ASEAN Students.

Program beasiswa yang ditawarkan oleh Ajinomoto ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa lulusan S1 dari Indonesia dan juga dari negara-negara lain di kawasan ASEAN untuk menempuh studi lanjutan di University of Tokyo. Sejak dimulai pada tahun 2010, program beasiswa dari Ajinomoto ini sudah memberikan beasiswa kepada 7 orang mahasiswa dari Indonesia untuk mnempuh studi di University of Tokyo. Nama University of Tokyo itu sendiri tentu bukan nama asing dalam lingkup dunia pendidikan internasional karena memang termasuk salah satu universitas terbaik di kawasan Asia dan juga dunia.


Rincian Beasiswa
Program Ajinomoto Scholarship for ASEAN Students ini menawarkan beasiswa penuh yang terbagi menjadi 2 macam yatu Research Sudent Program + Master’s Student Program (3 tahun) dan Master’s Course Student Program (2 tahun). Sebagai sebuah beasiswa penuh, berikut ini rincian dari cakupan beasiswa dari Ajinomoto:
1. Tunjangan bulanan sebesar JPY 150,000 untuk Research Student Program (diberikan maksimal 1 tahun)
2. Tunjangan bulanan sebesar JPY 180,000 untuk Master’s Student Program (diberikan maksimal 2 tahun)
3. Biaya kuliah pnuh selama menempuh studi di University of Tokyo
4. Tiket pesawat

Persyaratan Beasiswa
Selanjutnya hal yang harus diketahui adalah berbagai persyaratan untuk bisa mengikuti proses seleksi dar beasiswa ini yang mencakup hal-hal berikut:
1. Berniat melanjutkan studi Master di Jepang khususnya University of Tokyo pada bidang Sains dan Teknologi dengan fokus pada Teknologi Pangan dan Pertanian
2. Memiliki IPK minimal 3,50
3. Lulusan bidang Teknologi Pangan dan Pertanian dari Fakultas Sains
4. Usia maksimal 35 tahun pada bulan April dan sudah lulus S1 pada bulan Maret di setiap periode pemberian beasiswanya
5. Tidak sedang menerima bantuan beasiswa dari program yang lain
6. Memiliki motivasi yang kuat untuk mempelajari kebudayaan dan bahasa Jepang
7. Memiliki kondisi yang sehat baik secara fisik maupun mental dan memiliki motivasi tinggi untuk belajar.

Pendaftaran Beasiswa
Selanjutnya jika ingin mendaftarkan diri pada program beasiswa ini harus terlebih dahulu menyiapkan formulir-formulir berikut ini:
1. Formulir Pendaftaran (link)
2. Formulir Jurusan dan Bidang Studi (link)
3. Recommendation Form (link)


Setelah mendapatkan dan menyiapkan formulir-formulir tersebut semuanya harus dijadikan satu dalam sebuah amplop untuk kemudian dilengkapi dengan berkas pendukung yaitu berupa salinan transkrip nilai resmi yang dikeluarkan oleh universitas tempat menempuh studi S1 dan berbagai dokumen lainnya yang memang relevan seperti sertifikat seminar atau sertifikat kompetisi akademik dan lain sebagainya.
Seluruh berkas tersebut kemudian harus dikirimkan secara langsung melalui surat ke alamat berikut:

PT. Ajinomoto Indonesia
Jalan Laksda Yos SUdarso No. 77 – 78
Sunter – Jakarta Utara 14350

Informasi lebih lanjut mengenai program beasiswa ini bisa didapatkan dengan mengirimkan email ke csr@ajinomoto.co.id atau mengunjungi laman resminya di tautan berikut (link). Selain itu bisa juga dengan menghubungi nomor telepon 021 – 65304455 ext. 221 (Ms. Yayah) / ext. 217 (Mr. Mulyono).




Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top