Artikel Terbaru

Amsterdam Excellence Scholarship dari University of Amsterdam - Beasiswa Kuliah S2 di Belanda

Sebagai salah satu negara populer untuk kuliah ke luar negeri bahkan termasuk dalam sebuah survey di Amerika Serikat dengan responden para pelajar dan mahasiswa, Belanda tentu menawarkan berbagai pilihan program studi internasional lengkap dengan banyak kemungkinan beasiswa yang bisa dimanfaatkan. Bahkan bagi pelajar dan mahasiswa dari Indonesia ada banyak pilihan dan kemungkinan program studi serta beasiswa untuk kuliah di Belanda. Salah satunya adalah program beasiswa yang bernama Amsterdam Excellence Scholarship (AES) dari University of Amsterdam (UvA).


Program beasiswa ini adalah beasiswa yang rutin diadakan oleh UvA bagi mahasiswa internasional yang ingin menempuh studi pada jenjang S2. Target utama dari program beasiswa ini adalah lulusan S1 dari luar kawasan Uni Eropa seperti juga berbagai program beasiswa di Eropa kebanyakan. Setiap periodenya ada 15 penerima beasiswa yang dicari melalui proses seleksi yang ketat dimana nanti pada akhirnya para penerima beasiswa akan mendapatkan beasiswa sebesar EUR 25.000 per tahun. Beasiswa diberikan selama 1 tahun namun bisa diperpanjang jika memang program studi S2 yang diambil berdurasi selama 2 tahun. Cakupan biaya dari beasiswa yang diterima tersebut merupakan biaya kuliah penuh dan juga biaya hidup selama menempuh studi S2 di UvA.

Pemohon untuk program beasiswa ini harus termasuk dalam kelompok 10% lulusan terbaik di kelasnya pada jenjang studi S1 yang sudah diselesaikan. Pertimbangan utama dalam proses seleksi beasiswa ini mencakup pencapaian akademik dari pemohon dan juga relevansi dari program studi yang diambil dengan karir yang bisa diambil di kemudian hari. Program-program yang bisa diambil dengan menggunakan program beasiswa ini tidak ada batasan dimana fakultasnya antara lain:
1. Amterdam Law School
2. Faculty of Economics and Business
3. Graduate Schools of Science
4. Graduate School of Humanities
5. Graduate School of Social Sciences


Persyaratan Beasiswa
Jika ingin mendaftarkan diri pada program beasiswa S2 di UvA ini maka harus dipastikan bahwa semua persyaratan berikut ini harus dipenuhi terlebih dahulu:
1. Memiliki paspor resmi yang masih berlaku dan bukan dari kawasan Uni Eropa atau Kawasan Ekonomi Eropa
2. Diterima di program S2 dengan bahasa pengantar bahasa Inggris di UvA yang terdaftar di Central Register of Higher Education Programmes (CROHO) dimana pengajuan permohonan studi S2 dan beasiswa AES bisa dilakukan secara bersamaan
3. Diterima di program S2 di UvA untuk pertama kalinya
4. Dapat mematuhi semua peraturan visa di belanda sesuai petunjuk dari Dinas Imigrasi Belanda
5. Terdaftar di UvA sebagai mahasiswa full time untuk tahun akademik dan program yang menawarkan beasiswa
6. Tidak sedang menerima beasiswa lain dalam periode studi yang sama dengan di UvA

Setelah memenuhi segala persyaratan tersebut berikut ini adalah dokumen-dokumen yang harus disiapkan untuk mengajukan permohonan beasiswa AES:
1. Transkrip akademik pemohon yang menunjukkan bahwa pemohon termasuk 10% lulusan terbaik
2. Dokumen kelulusan atau Ijazah yang juga menunjukkan kualitas akademik dari lembaga pendidikan dimana gelar S1 diperoleh
3. Surat rekomendasi dari dekan, pembimbing akademik, atau pengajar
4. Motivation Letter maksimal 500 kata yang mencantumkan penjelasan mengenai alasan pemohon memilih program spesifik di UvA terkait dengan relevansi karir dan masa depan pemohon
5. Deskripsi kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler seperti partisipasi dalam komite mahasiswa, olahraga, musik, pengalaman internasional, atau juga pengalaman menjadi relawan
6. Bukti sertifikat kemampuan bahasa Inggris yang bisa berupa IBT TOEFL 100 atau IELTS 7.0


Pendaftaran dan Informasi
Proses pendaftaran beasiswa AES ini bisa dilakukan dengan mengunjungi laman berikut ini (link). Informasi lebih lanjut mengenai beasiswa AES dan juga UvA bisa didapatkan di tautan berikut (link) dan juga berikut ini (link).




Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top