Artikel Terbaru

Asian Peacebuilders Scholarship – Beasiswa Kuliah MA Dual Degree untuk Mahasiswa dari Kawasan Asia

Berhasil mendapatkan kesempatan untuk kuliah ke luar negeri saja sudah merupakan satu hal yang luar biasa apalagi jika bisa memanfaatkan program Dual Degree atau Gelar Ganda. Ibaratnya sekali mendayung, dua pulau terlampaui, sangat cocok untuk menggambarkan sebuah program beasiswa pendidikan khusus untuk mahasiswa dari kawasan Asia ini. Program beasiswa yang satu ini memberikan kesempatan untuk menempuh studi jenjang Master pada satu periode pendidikan saja namun menawarkan Gelar Ganda. Tertarik?


Rincian Beasiswa
Beasiswa ini memang menawarkan program khusus bagi para mahasiswa internasional dari kawasan Asia yang tertarik pada tantangan memiliki dua gelar sekaligus. Program beasiswa dengan nama Asian Peacebuilders Scholarship ini merupakan sebuah program Dual Degree yang dibuka oleh University for Peace (UPEACE) dan Ateneo de Manila University (AdMU) dengan kerja sama juga bersama The Nippon Foundation. Karena memang ditujukan bagi pelamar dari negara-negara Asia jadi Indonesia termasuk dalam daftar penerima beasiswa ini. Tujuan utama dari diberikannya beasiswa ini adalah untuk melatih para profesional muda di Asia guna menjadi praktisi pembangunan dan perdamaian yang siap memimpin dalam posisi-posisi strategis di berbagai organisasi global pada masa yang akan datang.

Beasiswa Asian Peacebuilders Scholarship atau APS ini menyediakan dua gelar MA (Master of Arts) sekaligus dari UPEACE dan AdMU. Gelar MA yang disediakan oleh UPEACE terkait dengan bidang studi Pembangunan Perdamaian sedangkan gelar MA dari AdMU adalah pada bidang Ilmu Politik, khususnya Politik Global. Meski pemohon nantinya menjalani studi pada dua kampus tersebut, namun pendaftaran cukup melalui UPEACE saja.

Program-program pilihan yang bisa diambil untuk gelar MA dari UPEACE antara lain mencakup:
1. International Peace Studies
2. Media, Peace, and Conflict Studies
3. Gender and Peacebuilding
4. Peace Education
5. International Law and Human Rights
6. International Law and the Settlement of Disputes
7. Environment, Development, and Peace:
- Specialisation in Sustainable Food Systems
- Specialisation in Climate Change Policy
- Specialisation in Environmental Security and Governance
- Specialisation in Natural Resource Management
8. Responsible Management and Sustainable Economic Development
Kemudian pilihan program MA di AdMU yang bisa diambil hanyalah program Political Science, major in Global Politics (non-thesis track).

Para pemohon yang sudah lolos seleksi dan menjadi penerima beasiswa ini nantinya akan akan mendapatkan segala fasilitas berupa:
1. Tanggungan biaya kuliah
2. Tiket pesawat
3. Biaya transit dan sebagian visa
4. Tunjangan per bulan senilai USD 700/800
5. Pelatihan bahasa Inggris intensif di Manila


Persyaratan Beasiswa
Semua permohonan atau pendaftaran dari mahasiswa yang berasal dari kawasan Asia akan diterima dengan prioritas sebagai berikut:
1. Memiliki pengalaman kerja minimal 2 (dua) tahun di bidang yang relevan. Sukarelawan (volunteer), magang, dan terlibat dalam kegiatan mahasiswa dapat dianggap sebagai pengalaman kerja apabila relevan dengan program yang dipilih.
2. Mendapatkan gelar Sarjana dari Institusi yang bereputasi
3. Menunjukan keinginan yang kuat untuk bekerja pada isu-isu yang berkaitan dengan perdamaian dunia
4. Menunjukan komitmen untuk belajar dalam lingkungan internasional dan lintas-budaya
5. Berasal sari negara di mana bahasa Inggris tidak banyak digunakan, khususnya dari negara Jepang, Laos, Thailand, Vietnam, Myanmar, Indonesia, Kamboja, Sri Langka, dan Filipina.

Setelah semua syarat atau kriteria utama tersebut terpenuhi maka harus dipersiapkan pula berkas-berkas dokumen yang dibutuhkan dalam proses seleksinya, yaitu:
1. Bukti kecakapan bahasa Inggris dengan skor TOEFL PBT minimal 523 atau CBT minimal 193 atau IBT minimal 71. Usia skor tes bahasa Inggris tidak lebih dari dua tahun. Skor tes IELTS dapat diajukan untuk pendaftaran dengan skor minimal 5,5 namun bersidat sementara. Nilai tes TOEFL tetap diminta dan harus dikirim selambat-lambatnya tanggal 30 September 2016.
2. Statement of Purpose dengan panjang minamal 1000 kata dan dapat menjawab secara jelas pertanyaan berikut:
- Why have you decided to apply to this programme?
- What are your expectations from this programme?
- What are your career plans after completing this programme?
- What type of work experience, life experience, previous studies, and multicultural exchanges world contribute to your APS academic experience?
- What personal qualities, abilities, or special skill do you have that would contribute to this programme?
- Do you have any constraints or difficulties that may inhibit your participation and performance in the APS programme?
- How specifically will the APS programme contribute to your future career goal?
3. 3 (tiga) Surat Rekomendasi. Masing-masing surat rekomendasi tersebut dapat berasal dari pembimbing akademik/dekan/atasan tempat bekerja. Surat rekomdasi tersebut dapat diupload melalui aplikasi online atau dikirimkan langsung oleh pemberi rekomendasi kepada admissions officer melalui email: specialprogrammes@upeace.org ; sertakan juga Recommendation Letter Form yang dapat Anda download pada link berikut: https://www.upeace.org/pdf/AdMU_recommendation_letter_form.pdf
4. Salinan ijazah resmi dan transkrip nilai S1. Apabila ijazah dan transkrip nilai masih menggunakan bahasa Indonesia, Anda dapat menterjemahkan dalam bahasa Inggris melalui Jasa Penerjemah Tersumpah. Lampirkan salinan resmi dokumen dalam bahasa asli dan hasil terjemahannya untuk diupload secara online. Dokumen tersebut harus diketahui oleh Kementrian Luar Negeri.
5.  Curriculum Vitae (CV), yang berisi informasi berikut:
- Nama dan tanggal lahir
- Alamat email, nomor telepon, dan username Skype
- Kodepos
- Latar belakang akademis (termasuk nama institusi, tahun kelulusan, dan gelar yang didapatkan)
- Pengalaman kerja (nama institusi, tanggal mulai dan berakhir kerja, deskripsi pekerjaan)
- Pengalaman tambahan yang relevan seperti menjadi sukarelawan, dll
- Pertukaran antar budaya
6. Salinan paspor
7. Salinan resmi surat nikah bagi pelamar wanita yang sudah menikah. Apabila dokumen tidak dalam bahasa Inggris, Anda dapat menggunakan jasa penerjemah tersumpah untuk menerjemahkannya.
8. Foto ukuran paspor dengan ketentuan:
- Berwarna
- Ukuran 3.5 x 4.5 cm (2 x 2 inchi)
- Terlihat bagian kepala hingga bahu
- Diutamakan menggunakan background warna putih


Kontak dan Informasi
Untuk pendaftaran, pemohon dapat mendaftarkan diri secara online melalui laman berikut ini (link). Lengkapi formulir pendaftaran secara online tersebut dan pastikan untuk mengunggah semua berkas dokumen yang diminta sesuai pada daftar yang sudah disebutkan. Permohonan atau pengajuan yang dikirim akan dinilai oleh pihak UPEACE dan AdMU. Pihak penyelenggara mungkin akan meminta pemohon untuk melakukan wawancara via telepon atau Skype. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai beasiswa ini bisa dilakukan dengan mengirimkan email ke alamat specialprogrammes@upeace.org




Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top