Center for Universal Education Echidna Global Scholars Program – Beasiswa Riset Pendidikan di Brookings Institution

Beasiswa riset adalah satu jenis beasiswa yang juga banyak diburu oleh para pemburu beasiswa untuk bisa membantu mereka melakukan riset atau penelitian pada bidang-bidang tertentu dengan dukungan penuh. Riset itu sendiri bukanlah suatu hal yang mudah dan murah dilakukan oleh karena itu peran dari sebuah beasiswa riset dalam satu riset yang sukses memang tidak bisa dianggap remeh. Salah satu pilihan beasiswa riset yang sangat sayang untuk dilewatkan oleh pemburu beasiswa dari Indonesia adalah Center for Universal Education Echidna Global Scholars Program.

Program beasiswa riset di Amerika Serikat ini diadakan oleh Brookings Institution melalui Center for Universal Education. Dengan usia yang sudah 100 tahun, Brookings Institution tentu tida bisa dipandang sebelah mata dalam hal riset dan penelitian. Didirkan pada tahun 1916 oleh Robert S. Brookings, institusi pendidikan ini selalu berfokus pada riset mendalam untuk memunculkan ide-ide segar untuk menghadapi berbagai masalah yang muncul dalam kehidupan sosial baik nasional maupun global.


Program ini membuka peluang besar bagi para peneliti dan ilmuwan dari berbagai negara berkembang di dunia untuk melakukan riset dalam bidang-bidang terkait dunia pendidikan dalam lingkup global khususnya pendidikan untuk anak-anak perempuan. Program beasiswa ini mencakup tunjangan bulanan sebesar USD 5.000, biaya tempat tinggal selama mengikuti program, dan juga biaya transportasi pergi-pulang.

Pelaksanaan program ini nantinya adalah selama 4,5 bulan di Brookings Institution dimana para penerima beasiswa ini an bisa bekerja bersama para staf pusat dalam pengembangan proyek penelitian khusus dan juga bersama tim komunikasi untuk mengembangkan strategi-strategi penting dalam menghadapi berbagai kebijakan dalam dunia pendidikan di kemudian hari. Tentunya selain itu juga para penerima beasiswa ini akan mendapatkan kesempatan untuk bisa berpartisipasi dalam banyak kegiatan pelatihan yang sekaligus bisa memperluas jaringan dengan para penerima beasiswa lainnya.


Persyaratan Beasiswa
Karena memang merupakan sebuah program beasiswa yang penerimanya dipilih melalui proses seleksi, berikut ini adalah persyaratan dari beasiswanya:
1. Pemohon memiliki latar belakang dalam bidang pendidikan, pembangunan, ekonomi, atau bidang-bidang terkait dengan minimal 15 tahun pengalaman dalam lingkup apapun.
2. Gelar S2 atau S3 diperlukan khususnya yang memiliki basis atau latar belakang penelitian
3. Pemohon yang belum pernah berkecimpung dalam dunia pendidikan bagi anak-anak perempuan akan diberikan kesempatan asalkan bisa menjelaskan fokusnya pada bidang tersebut akan bisa berhasil terintegrasi dalam pekerjaan saat ini dan di masa yang akan datang.

Selain persyaratan umum tersebut masih ada juga dokumen-dokumen yang harus disiapkan dan dilengkapi untuk mengikuti seleksi program beasiswa ini, antara lain:
1. Formulir Pendaftaran
2. Proposal proyek penelitian (maksimal 10 halaman)
3. Curriculum Vitae atau resume
4. Karya tulis lengkap dengan footnote sebanyak 2 buah (maksimal 3 halaman)
5. Surat rekomendasi 2 buah yang dikirimkan langsung oleh yang memberi rekomendasi melalui email di alamat globalechidna@brookings.edu 


Pendaftaran dan Informasi
Proses pendaftaran untuk mengikuti program ini bisa dilakukan secara online dengan mengunjungi laman pada tautan berikut (link). Setelah mendaftarkan diri akan diseleksi semua formulir yang masuk dan hanya pemohon yang berhak mengikuti seleksi wawancara yang akan dihubungi secara langsung oleh pihak penyedia beasiswa. Pertanyaan dan informasi terkait program beasiswa ini bisa didapatkan dengan mengirimkan email ke alamat globalechidna@brookings.edu atau dengan mengunjungi laman resminya di tautan berikut (link).



Share on Google Plus

About Berkuliah Indonesia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.