Artikel Terbaru

Chinese Government Scholarship WMO Program - Beasiswa Parsial untuk Kuliah di Tiongkok

Melalui China Scholarship Council (CSC) pemerintah Tiongkok (Cina) secara rutin menawarkan beasiswa dalam program Chinese Government Scholarship bagi pelajar dan mahasiswa internasional untuk bisa melanjutkan studi pad ajenjang pendidikan tinggi di Tiongkok. Salah satu pilihan program yang ditawarkan adalah WMO Program dimana program tersebut diinisiasi oleh MOE untuk World Meteorological Organization (WMO). Tentunya kesempatan untuk bisa kuliah di Tiongkok dengan beasiswa seperti ini tidak bisa dilewatkan begitu saja termasuk oleh pelajar dan mahasiswa dari Indonesia.

Rincian Beasiswa
Chinese Government Scholarship WMO Program adalah sebuah program beasiswa parsial yang mencakup biaya kuliah, akomodasi, dan asuransi kesehatan. Beasiswa yang diberikan akan mendukung studi pada jenjang pendidikan tinggi khususnya dalam bidang meteorology, hydrology, dan water resources supervision & management di Tiongkok. Jadi bagi pelajar dan mahasiswa dari Indonesia yang memiliki minat pada bidang-bidang tersebut bisa memanfaatkan beasiswa ini karena tersedia kesempatan untuk S1, S2, dan S3 sekaligus.

Selain batasan dalam bidang studi yang bisa diambil dengan menggunakan bantuan program beasiswa ini ada juga hal-hal lain yang perlu diperhatikan. Beasiswa akan diberikan selama maksimal 5 tahun untuk S1, 3 tahun untuk S2, dan 4 tahun untuk S3. Studi yang diambil khusus untuk S1 harus dalam bahasa pengantar bahasa Mandarin dimana pemohon yang belum memiliki tingkat kemampuan minimal dalam bahasa Mandarin harus mengikuti kelas persiapan bahasa Mandarin sedangkan untuk S2 dan S3 harus dalam bahasa pengantar bahasa Inggris. Studi yang diambil harus di Nanjing University of Information Science and Technology atau Hohai University.


Persyaratan Beasiswa
Secara umum persyaratan untuk bisa mengajukan permohonan dalam beasiswa ini adalah bahwa pemohon bukan warga asli dari Tiongkok dan sudah memiliki gelar atau ijazah pada jenjang sebelumnya sesuai studi yang akan diambil yaitu SMA untuk S1, S1 untuk S2, dan S2 untuk S3. Selain itu juga ada batasan usia yang harus diperhatikan yaitu maksimal 25 tahun untuk S1, maksimal 35 tahun untuk S2, dan maksimal 40 tahun untuk S3.

Selain persyaratan umum yang sudah disebutkan, pengajuan permohonan untuk beasiswa ini harus disertai dengan dokumen-dokumen berikut ini:
1. Formulir Pendaftaran
2. Ijazah terakhir yang jika tidak dalam bahasa Mandarin atau Inggris harus disertai dengan versi terjemahan resminya
3. Transkrip nilai terakhir yang jika tidak dalam bahasa Mandarin atau Inggris harus disertai dengan versi terjemahan resminya
4. Study Plan atau Research Proposal dalam bahasa Inggris atau Mandarin minimal 200 kata untuk S1 dan 800 kata untuk S2 serta S3
5. Surat rekomendasi sebanyak 2 buah dalam bahasa Inggris atau Mandarin yang
6. Dokumen resmi yang menyatakan tentang wali di Tiongkok untuk pemohon yang usianya dibawah 18 tahun
7. Foreigner Physical Examination Form dalam bahasa Inggris yang bisa diunduh pada tautan berikut (link) yang untuk pemeriksaan kesehatannya sudah diambil atau dilakukan maksimal 6 bulan dari masa pendaftaran tersebut.
8. Salinan Pre-Admission Letter dari universitas di Tiongkok (jika ada)
9. Salinan HSK Certificate (jika ada)

Pendaftaran Beasiswa
Proses pendaftaran untuk beasiswa ini bisa dilakukan mulai awal bulan Januari hingga akhir bulan Februari setiap periodenya. Proses pendaftaran bisa dilakukan dengan cara berikut ini:
1. Mendaftarkan diri di WMO Secretariat
2. Mendaftarkan diri di universitas yang dituju di Tiongkok sampai mendapatkan Pre-Admission Letter setelah direkomendasikan oleh WMO Secretariat sebagai kandidat untuk beasiswa
3. Melengkapi formulir pendaftaran onlinedi CSC Online Application System for International Students pada tautan berkut (link) atau pada menu Application Online di tautan berikut (link).
4. Kumpulkan formulir pendaftaran yang sudah dicetak bersama berbagai dokumen lain yang dibutuhkan dalam seleksi beasiswa ini di WMO Secretariat sebelum batas akhir pendaftaran
5. Hanya pemohon yang direkomendasikan oleh WMO Secretariat yang kemudian akan bisa mengikuti tahapan selanjutnya
6. Seluruh dokumen pendaftaran harus dijadikan satu sesuai urutan yang ditetapkan dan harus diserahkan sebanyak 2 bendel lengkap


Kontak dan Informasi
Informasi lebih lanjut mengenai program beasiswa ini bisa didapatkan dengan mengunjungi laman resmi dari China Scholarship Council pada tautan berikut (link). Selain itu bisa juga dengan melalui kontak yang tersedia berikut ini:

WMO Secretariat
Education and Fellowship Division
Development and Regional Activities Department
World Meteorological Organization 
Address: 7 bis, Avenue de la Paix, Case postale 2300, CH 1211 Geneva2, Switzerland
Tel: +41 22 730 8156
Fax: +41 22 730 8181
Email: FEL@wmo.int 

Division of International Student Affairs, China Scholarship Council
Tel: 0086-10-66093953
Fax: 0086-10-66093915
Email: ouzhou@csc.edu.cn
Website: http://www.csc.edu.cn/laihua, http://www.campuschina.org/ 
Address: Division of International Students Affairs, China Scholarship Council Level 13, Building A3, No.9 Chengongzhuang Avenue, Beijing, P.R. China, 100044




Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top