Fulbright US-ASEAN Visiting Scholar Initiative Program

Program beasiswa Fulbright merupakan salah satu program beasiswa yang populer dan diminati banyak pemburu beasiswa dari Indonesia khususnya untuk bisa menempuh studi di Amerika Serikat. Program dari pemerintah Amerika Serikat melalui AMINEF ini memiliki banyak variasinya yang berbeda-beda fokus dan tujuannya. Salah satu jenis atau variasi yang menawarkan kesempatan baru lagi untuk merasakan atmosfer pendidikan internasional di Amerika Serikat adalah sebuah program yang bernama Fulbright US-ASEAN Visiting Scholar Initiative Program. Seperti apakah program tersebut?


Rincian Program
Pada dasarnya program ini adalah sebuah program khusus bagi para peneliti yang berasal dari kawasan ASEAN termasuk Indonesia tentunya untuk bisa pergi ke Amerika Serikat dan melakukan penelitian selama 3 sampai 4 bulan pada bidan-bidang yang memang relevan bagi negara asal peneliti tersebut. Selain itu program ini juga memfokuskan penelitian-penelitian yang dilakukan pada bidang-bidang yang bisa berpengaruh positif pada hubungan kerja sama Amerika Serikat dan negara-negara di kawasan ASEAN.

Program yang saat ini sudah berusia 5 tahun ini sudah berhasil menyediakan kesempatan luar biasa bagi 40 peneliti dari kawasan ASEAN untuk melakukan berbagai penelitian dalam bidang-bidang seperti wildlife traficking, political security, health, climate change, maritime security, dan teaching English as a second language. Bidang-bidang tersebut tentu sangat sesuai untuk dipelajari oleh para peneliti dari negara-negara di kawasan ASEAN seperti juga Indonesia jadi memang benar bahwa kesempatan seperti ini tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Secara umum bidang-bidang yang bisa diteliti sudah disebutkan sebelumnya yang mana memang semuanya akan bisa membantu negara-negara di kawasan ASEAN untuk lebih berkembang lagi. Hal-hal seperti transnational challenges, green growth, opportunities for women, maritime cooperation, dan regional economic integration termasuk juga dalam fokus penelitian melalui program ini. Selanjutnya jika ditelaah lebih lanjut lagi bidang-bidang tersebut akan mencakup berbagai pilihan antara lain TEFL (Teaching English as a Foreign Language) &  Applied Lingustics, Trade Facilitation, Trade and Investment, Public/Global Health, Statistics, Public Administration, Political Science, Law, Journalism, Information Sciences, Food Technology, Financial Market Integradtion, Environmental Sciences, dan Education.

Program ini nantinya akan memberikan berbagai bantuan kepada penerimanya sebagai pendukung proyek penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat. Cakupan bantuannya meliputi paket lengkap yang terdiri dari tunjangan bulanan, biaya transportasi pesawat kelas ekonomi pergi-pulang, tunjangan kedatangan, dan gaji sebagai staff laboratorium.

Persyaratan Program
Berikut ini adalah hal-hal yang menjadi syarat dari program Fulbright US-ASEAN Visiting Scholar Initiative Program:
1. Program ini bisa diikuti oleh siapa saja yang merupakan staff akademik universitas, staff pemerintah atau kementerian urusan luar negeri, serta para profesional yang tergabung dalam berbagai lembaga swasta dan juga NGO yang memili fokus pergerakan pada hal-hal terkait Amerika Serikat dan ASEAN. Hal tersebut menjadi latar belakang utama jika ingin mendaftarkan diri pada program ini.
2. Pemohon dalam program ini sangat diharapkan sudah memiliki track record yang signifikan dalam profesinya sebagai peneliti dengan menunjukkan pencapaian-pencapaian dan hasil-hasil yang sudah didapatkan sebelumnya. 
3. Pemohon merupakan warga negara Indonesia yang terdaftar secara resmi dengan prioritas lebih diberikan kepada pemohon yang belum pernah mendapatkan kesempatan untuk menempuh studi atau penelitian di Amerika Serikat.
4. Pemohon mempunyai dan menunjukkan kemampuan dalam menggunakan bahasa Inggris.
5. Selama proses seleksi untuk mengikuti program ini pemohon harus tetap tinggal di Indonesia dan nantinya jika diterima baru pindah ke Amerika Serikat serta kemudian harus segera pulang ke Indonesia jika sudah selesai melakukan penelitian pada program ini.

Sementara itu ada juga hal-hal yang menjadikan seorang pemohon tidak bisa mengikuti seleksi untuk program ini antara lain pemohon yang sedang tinggal di Amerika Serikat baik itu untuk keperluan mengajar, kuliah, atau melakukan penelitian. Lalu pemohon yang sedang menerima bantuan dari Fulbright dalam jenis yang lain juga tidak bisa mengajukan diri untuk mengikuti seleksi program ini. Pemohon yang juga sudah mendapatkan visa J-1 dalam kategori Professor/Research Scholar dalam jangka waktu maksimal 2 tahun sebelum masa seleksi program ini juga tidak bisa mengikuti program ini.


Prosedur Pendaftaran
Pemohon harus melengkapi data dalam pendaftaran online yang bisa dilakukan pada tautan berikut (link). Pastikan untuk memilih "US-ASEAN Fulbright Initiative" pada kolom menu. Proses seleksinya akan dilakukan sesuai standar seleksi dari program-program Fulbright yang lainnya dengan seleksi tahap akhir akan dilakukan oleh Fulbright Foreign Scholarship Board di Washington. Berikut adalah hal-hal yang harus disiapkan untuk melengkapi pengajuan permohonan pada program ini:
1. Pendaftaran
2. Project Statement (3 sampai 5 halaman)
3. Bibliography (maksimal 3 halaman)
4. Curriculum Vitae (maksimal 6 halaman)
5. Letter of Invitation (jika ada)
6. Letters of Recommendation (3 buah)

Semua dokumen pendaftaran tersebut harus dikumpulkan dan dikirimkan langsung ke American Indonesian Exchange Program (AMINEF) dengan alamat:
     
     Intiland Tower, 11th Floor,
     Jalan Jenderal Sudirman 32,
     Jakarta, 10220
     Telp: 62 21 5793-9085

Informasi terkait program ini bisa juga didapatkan melalui email pada alamat infofulbright_ind@aminef.or.id



Share on Google Plus

About Berkuliah Indonesia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.