Artikel Terbaru

Global Undergraduate Exchange Program – Beasiswa Studi Singkat di Amerika Serikat

Salah satu kesempatan bagi pelajar dan mahasiswa dari Indonesia untuk bisa mengenyam pendidikan tinggi di Amerika Serikat secara rutin disediakan dan ditawarkan oleh AMINEF. American Indonesia Exchange Foundation adalah sebuah lembaga nirlaba yang memang memiliki fokus dalam memberikan peluang bagi para pelajar dan mahasiswa dari Indonesia untuk menempuh studi di Amerika Serikat. Program yang paling dikenal dari AMINEF adalah Fulbright Program yang setiap tahunnya selalu memberikan minimal 120 kesempatan menempuh studi di Amerika melalui berbagai program beasiswa.


Salah satu program yang juga menarik dari lembaga yang didirikan pada tahun 1992 ini adalah Global Undergraduate Exchange Program. Program yang namanya biasa disingkat Global UGRAD ini pada dasarnya adalah sebuah program pertukaran mahasiswa jenjang S1 yang sedang menempuh studi di Indonesia untuk bisa merasakan sensasi kuliah di Amerika Serikat dalam waktu singkat. Program ini didukung oleh U.S Department of State’s Bureau of Educational and Cultural Affairs.

Para penerima program beasiswa ini nantinya akan menempuh studi dalam waktu hanya 1 semester di berbagai universitas atau kolese di Amerika Serikat. Para mahasiswa dalam program ini nantinya akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa dalam hal menempuh studi di Amerika Serikat dan juga kesempatan luar biasa untuk bisa memaksimalkan kemampuan dan keahlian masing-masing.

Penentuan tujuan universitas atau kolese di Amerika Serikat dilakukan berdasarkan kesesuaian dengan studi yang sedang dijalani pemohon dan yang juga sesuai dalam hal kurikulumnya. Jadi selama menjalani studi di Amerika Serikat pada dasarnya akan sama saja bidangnya dengan studi yang sedang diambil di Indonesia. Namun penerima program beasiswa ini juga harus mengambil 1 kelas U.S. Studies (3 SKS) yang dimaksudkan untuk bisa memperdalam pemahaman para penerima beasiswa tentang Amerika Serikat. Selain itu selama menjalani studi di Amerika Serikat tersebut penerima beasiswa ini juga harus menjalani program pelayanan masyarakat selama 20 jam dan juga berbagai orientasi serta workshop wajib.

Persyaratan Program
Berikut ini adalah hal-hal yang menjadi persyaratan utama dari program Global UGRAD dari AMINEF yang harus diperhatikan:
1. Pemohon merupakan warga negara Indonesia
2. Pemohon sedang menempuh studi S1 di Indonesia
3. Pemohon harus sudah menyelesaikan minimal 1 semester
4. Pemohon harus menunjukkan potensi kepemimpinan yang dimiliki melalui karya akademik, keterlibatan dalam masyarakat, dan juga berbagai kegiatan ekstrakutikuler
5. Pemohon mempunyai skor ITP TOEFL minimal 500 yang maksimal didapatkan 2 tahun sebelum melakukan pendaftaran program Global UGRAD
6. Pemohon tanpa pengalaman berada di Amerika Serikat atau daerah manapun selain Indonesia akan diprioritaskan
7. Setelah selesai studi harus langsung pulang ke Indonesia
8. Usia minimal adalah 18 tahun

Selanjutnya berikut ini adalah hal-hal yang membuat pemohon atau kandidat tidak bisa mengajukan permohonan pada program Gobal UGRAD:
1. Warga negara Amerika Serikat atau penduduk tetap di Amerika Serikat
2. Sedang menempuh studi di luar Indonesia
3. Sedang bekerja untuk U.S. Department of State atau U.S. Agency for International Development
4. Keluarga dan kerabat kandung dari pegawai U.S. Department of State atau U.S. Agency for International Development
5. Karyawan di  World Learning dan keluarga kandungnya

Berikut ini adalah dokumen-dokumen yang menjadi syarat program ini dan harus diunggah sebagai syarat dalam mengikuti seleksi program Global UGRAD :
1. Letters of Reference sebanyak 2 buah yang ditulis oleh dosen dari studi yang sedang diambil pemohon dan ditulis oleh dosen lain atau karyawan dari universitas tempat menempuh studi
2. Fotokopi KTP
3. Transkrip nilai terakhir dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris


Pendaftaran
Proses pendaftaran untuk program Global UGRAD ini bisa dimulai dengan melakukan pendaftaran secara online pada tautan berikut ini (link). Setelah melakukan pendaftaran pada tautan tersebut pemohon harus mengirimkan skor hasil tes TOEFL yang sudah di-scan ke alamat email info.scholarship@aminef.or.id. Informasi lebih lanjut mengenai program ini bisa didapatkan pada tautan berikut (link). Beberapa dokumen pendukung terkait dengan program ini bisa didapatkan pada tautan berikut ini (link).




Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top