Artikel Terbaru

MOE Taiwan Scholarship - Beasiswa Kuliah Sarjana dan Pascasarjana di Taiwan

Salah satu program beasiswa resmi dari pemerintah yang bisa dimanfaatkan oleh pelajar dan mahasiswa dari Indonesia untuk melanjutkan studi ke Taiwan adalah MOE Taiwan Scholarship. Pada dasarnya ada 2 program yang tersedia namun keduanya dibedakan oleh fokus negara penerima dan studi yang bisa diambil. Program MOFA Taiwan Scholarship adalah program yang lain dimana Indonesia tidak termasuk dalam daftar negara penerimanya seperti pada program MOE Taiwan Scholarship yang bisa dimanfaatkan oleh pelajar dan mahasiswa Indonesia.


Rincian
Program MOE Taiwan Scholarship ini ditawarkan bagi para pelajar dan mahasiswa yang berasal dari negara-negara selain yang sudah terdaftar pada penerima MOFA Taiwan Scholarship untuk menempuh studi pada jenjang sarjana dan juga pascasarjana. Berikut adalah negara-negara penerima beasiswa untuk MOFA Taiwan Scholarship yaitu Kiribati, Nauru, Solomon Islands, Tuvalu, Republic of Palau, Republic of the Marshall Islands, Democratic Republic of Sao Tome and Principe, Swaziland, Burkina Faso, Belize, Holy See, the Dominican Republic, the Republic of Guatemala, the Republic of Honduras, the Republic of Panama, Saint Vincent and the Grenadines, The Federation of Saint Christopher and Nevis, El Salvador, Haiti, Nicaragua, Parauay, dan St Lucia. Jadi negara-negara yang tidak termasuk dalam daftar tersebut merupakan penerima program MOE Taiwan Scholarship termasuk Indonesia.

Selain perbedaan dalam hal negara penerima beasiswanya, ada juga perbedaan dalam jumlah bantuan keuangan yang diterima nantinya. Program MOE Taiwan Scholarship menawarkan bantuan pembiayaan sebesar NTD 40,000 untuk penerima beasiswa setiap semester khusus sebagai pembiayaan studi. Jika biaya yang dibutuhkan untuk setiap semester melebihi jumlah tersebut maka penerima beasiswa harus mencari tambahan pembiayaan yang dibutuhkan baik dari biaya sendiri atau juga bantuan dari pihak universitas tempat menempuh studi.

Selain itu ada juga tunjangan bulanan yang diberikan sebesar NTD 15,000 untuk studi sarjana dan sebesar NTD 20,000 untuk studi pascasarjana. Tunjangan tersebut bisa digunakan untuk membiayai berbagai keperluan lain selain biaya studi. Tentu jika kurang penerima beasiswa harus mencari tambahan pembiayaan lain. Beasiswa akan diberikan sesuai dengan masa studi dimana untuk studi sarjana maksimal adalah selama 4 tahun dan untuk studi pascasarjana maksimal adalah 2 tahun. Program beasiswa tersebut bisa digabung misalnya penerima beasiswa pada jenjang sarjana bisa kemudian melanjutkan untuk menempuh studi pada jenjang pascasarjana dengan beasiswa juga namun jangka waktu paling lama untuk melakukan hal tersebut hanya 5 tahun.


Persyaratan
Persyaratan umum dari program MOE Taiwan Scholarship ini antara lain mencakup hal-hal sebagai berikut:
1. Minimal sudah lulus SMA dengan prestasi akademik yang memuaskan dengan karakter moral yang baik dan tidak memiliki catatan kriminal
2. Bukan merupakan warga Taiwan
3. Belum memiliki status sebagai mahasiswa internasional
4. Belum pernah menempuh studi di institusi pendidikan di Taiwan  pada jenjang yang sama dengan yang diinginkan dalam program MOE Taiwan Scholarship
5. Bukan merupakan mahasiswa pertukaran dengan institusi pendidikan di Taiwan
6. Tidak mengajukan studi pada jenjang yang sama di Taiwan jika sebelumnya sudah pernah menyelesaikan studi di Taiwan
7. Tidak termasuk dalam daftar yang ditolak dalam bentuk apapun kaitannya dengan program beasiswa resmi dari pemerintah Taiwan
8. Bukan merupakan penerima beasiswa dari program-program lain yang didukung oleh pemerintah Taiwan

Pendaftaran dan Informasi
Proses pendaftaran untuk program MOE Taiwan Scholarship bisa dilakukan setelah dipastikan bahwa semua syarat sudah dipenuhi dengan mengirimkan semua dokumen dan syarat yang dibutuhkan ke kedutaan terdekat. Dokumen-dokumen yang diperlukan bisa dilihat pada tautan berikut ini (link). Sementara itu untuk informasi lebih lanjut mengenai program MOE Taiwan Scholarship tersedia pada tautan berikut ini (link).




Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top