MUHAMMAD TAUFIQ : Berbagi Cerita Perkuliahan di Yaman bersama Taufiq

Bagi para pelajar dan mahasiswa dari Indonesia dengan orientasi studi bidang ilmu-ilmu Islam, Yaman adalah salah satu pilihan yang bisa kamu...

Bagi para pelajar dan mahasiswa dari Indonesia dengan orientasi studi bidang ilmu-ilmu Islam, Yaman adalah salah satu pilihan yang bisa kamu ambil. Seperti Muhammad Taufiq yang mengambil kesempatan untuk kuliah di Yaman. Berikut cerita perjalanan dan pengalamannya.



Pertama Mas Taufiq bisa cerita dulu mengenai background-nya, kenapa ingin kuliah di Yaman, sebelum di Yaman belajar dimana, lalu apakah kuliah di Yaman itu dari kecil sudah punya keinginannya atau bagaimana?

Setelah lulus SD, saya awalnya ingin menjadi Fisikawan. Akhirnya saya melanjutkan di sekolah favorit di Pamekasan tepatnya di SMPN 2 Pamekasan. Tempat sekolahnya Andi Oktavian Latif peraih medali emas bidang Olimpiade Fisika Internasional di Singapura. Lulus dari SMP, saya melanjutkan di SMAN 3 Pamekasan. Namun, orang tua menyarankan untuk nyantri di Darul Lughah Islamic Center Pamekasan. 

Kata orang tua, kunci sukses itu adalah menguasai Bahasa Arab dan Inggris. Di Pesantren saya belajar Bahasa Arab & ilmu keagamaan, sedangkan di SMA saya belajar Bahasa Inggris dan ilmu sains. Namun untuk menjadi fisikawan berubah saat kelas 3 SMA. Saat itu saya dalam masa pencarian akan kebenaran aliran dalam Islam. Akhirnya memilih Kuliah di Al-Ahgaff University Yaman karena Islam di sana masih murni dan sanadnya bersambung ke Rasulullah. Di samping itu walisongo berasal dari negeri Yaman.




Bagaimana mas Taufik prosesnya bisa kuliah di Yaman?

Sebelum lulus SMA, saya rajin searching di Internet. Waktu itu muncul beberapa universitas ternama dari Al Azhar University, Islamic University of Madinah International University of Africa sampai Al-Ahgaff University. Namun, hati saya condong ke Al-Ahgaff. Setelah lulus SMA saya mendaftar melalui Maktab Al-Ahgaff Indonesia. Setelah seleksi berkas, saya mengikuti tes tulis dan wawancara di Dalwa Pasuruan, Jawa Timur.


Seleksi berkas, apa saja yg dibutuhkan?

Mengisi Form Pendaftaran, Ijazah SMA sederajat, Transkip Nilai (Minimal rata-rata 7,5), Surat Rekomendasi, Pas Foto 4x6 Background Putih.



Pas berangkat ke yaman apakah biaya sendiri atau bagaimana?

Untuk berangkatnya biaya sendiri, tapi sampai di sana langsung mendapatkan Beasiswa dari universitas.


Beasiswa apa itu mas, apakah otomatis dapat beasiswa?

Ya mas, bagi yang dinyatakan lulus saat tes di Indonesia otomatis mendapatkan beasiswa dari Universitas Al Ahgaff.



Oke. Pertanyaan selanjutnya, bagaimana awal awal adaptasi kuliah di sana? Tinggalnya di kost, apartemen atau ?

Satu bulan pertama butuh banyak adaptasi, dari sistem perkuliahan, makanan, budaya dan bahasa. Perkuliahan di Yaman sangat padat, satu semester ada tiga ujian. Istilah disana ada ujian Syahr Awal (tengah semester pertama), Syahr Tsani (tengah semester kedua) dan Fasl (akhir semester). Dengan konsekuensi ketika tidak mencapai target minimum pada syahr awal dan tsani tidak bisa mengikuti ujian Fals (akhir semester). Ujian pun sangat ketat dan sulit. Jika dalam satu semester tidak lulus lebih dari setengah mata mata kuliah bisa mendapatkan tiket gratis ke Indonesia (Alias DO/ dipulangkan ke negara asalnya hehe). 

Untuk makanan sama dengan negara Timur Tengah lainnya, pagi roti (khubs), siang nasi bukhori, malam roti (ragif) dgn shakshuka. Bagi lidah Indonesia sangat aneh, namun beberapa bulan kemudian bisa beradaptasi. Untuk budaya, orang Arab nada bicaranya lebih keras dan sopan dari Orang Indonesia. Sehingga butuh adaptasi yang lebih banyak lagi dalam berkomunikasi. Untuk pengantar kuliah fakultas keagamaan menggunakan bahasa Arab, ada beberapa fakultas sains yg berbahasa inggris. Namun untuk fakultas yang saya tempuh menggunakan bahasa Arab. Semua mahasiswa Asing wajib tinggal di Asrama, kecuali bagi yang menikah, diperkenankan tinggal di syugah (rumah kontrakan di luar area kampus).



Bagaimana dengan biaya hidup di sana mas Taufik? Mata uangnya di Yaman apa ya?

Biaya hidup tidak terlalu mahal, per bulan di sana sekitar 60 ribu Real Yamani atau sekitar 3 juta rupiah jika sangat hemat.


Apakah boleh mahasiswa di sana sambil kerja sampingan?

Mahasiswa Asing diperbolehkan kerja sampingan asal transaksinya sesama mahasiswa. Misalnya membuka restoran khusus mahasiswa, jual beli pulsa, pangkas rambut dll.


Selain kuliah, kegiatan menarik apa yg bisa kita ikuti mas di sana?

Selain kuliah di sana ada berbagai macam kegiatan dari organisasi, kegiatan keagamaan dan kebudayaan setempat. Organisasi asa PPI Yaman, AMI, PCI NU Yaman dan kekeluargaan daerah.



Apa pengalaman paling menarik yang pernah mas Taufik dapatkan selama di Yaman?

Pengalaman paling menarik saat mengikuti Muktamar Internasional "Sharia-Based Wasatia and Rational Moderatio" di 2011 yang dihadiri ulama dan cendikiawan muslim seluruh dunia. Dan pernah memprakarsai even internasional yaitu "Sayembara Cerita Mini Internasional" 2012.


Apakah ada yang ingin diceritakan lagi tentang pengalaman mas Taufik di Yaman?

Yaman memiliki karakter berbeda dengan negara  Arab lainnya. Masyarakatnya lebih ramah,sopan dan berhati mulia. Sebenarnya Yaman dan Indonesia memilili ikatan yang sangat kuat. Dulu, para ulama dari Yaman, hijrah ke Indonesia untuk menyebarkan agama Islam yang kemudian dikenal dengan Wali Songo. Proses membumikan Islam di Nusantara sangat berbeda dengan Islamisasi di Eropa. Di Cordoba misalnya, Islam tersebar menggunakan penaklukan/imperialisme. Sehingga ketika kekuasaan Islam lemah, maka Islam juga lenyap. 

Penyebaran di Indonesia menggunakan pendekatan sosial budaya. Para ulama Yaman hijrah ke Indonesia sambil berdagang dan menikah dengan pribumi. Sehingga Islam mudah diterima oleh masyarakat nusantara. Sehingga terjadilah asimilasi kebudayaan nusantara dan Islam. Hal ini sangat dirasakan dampaknya, banyak tradisi keagamaan, antara Yaman dan Indonesia sama. Misalnya Maulid Nabi, Hadrah, Tahlil, dan tradisi keagamaan lainnya.




Sekarang mas sudah di Indonesia. Apa hal yang paling kerasa, setelah mengenyam pendidikan di luar negeri, manfaat apa yg paling mas rasakan?

Yang paling kerasa adalah tetang pemahaman terhadap Islam secara benar dan komprehensif. Apalagi di Indonesia saat ini multi aliran. Sikap toleransi dan moderat yang diajarkan ulama dan habaib Yaman, sangat cocok jika diterapkan di Indonesia.


Pesan untuk adik adik yang ingin kuliah ke luar negeri?

Untuk adik-adik yang ingin kuliah di Luar Negeri, kuncinya adalah bahasa, berani dan terus berusaha. Sebelum memilih negara tujuan belajar, sebaiknya belajar tentang  bahasa, budaya, kampus dan lainnya. Kemudian berani mengambil sikap dan terus berusaha agar bisa diterima di kampus tujuan dan terus belajar agar bisa lulus dengan nilai baik. Setelah lulus tanamkan niat untuk kembali dan mengabdi untuk Indonesia



Apa rencana mas Taufik setelah kembali dari Yaman ini?

Rencana kedepan saya, dalam waktu dekat akan melanjutkan Program doktoral. Alhamdulillah saya diterima menjadi Awardee LPDP untuk melanjutkan Program Doktoral di Luar Negeri. Saat ini saya diterima di Amerika, Lebanon, Brunei Darussalam dan Malaysia. Tapi masih menunggu persetujuan dari pihak LPDP tentang negara tujuan. Untuk encana jangka panjang, saya ingin berkontribusi dalam mengabdi untuk Indonesia.


Ini Masjid Muhdor, menaranya tertinggi di dunia yang terbuat dari tanah liat. Menjadi Ikon Kota Tarim, salah satu kota bersejarah di Yaman. Organisasi Islam untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan (ISESCO), salah satu badan di bawah naungan OKI (Organisasi Konferensi Islam) menganugrahkan penghargaan bergengsi kepada Tarim sebagai Pusat Kebudayaan Islam Dunia 2010 M ('Ashimah al-Tsaqafah al-Islamiyyah 1431 H).
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,12,Asia,236,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,281,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,9,Destinasi,65,Eropa,310,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,5,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,11,Info Universitas,34,Inggris,85,Interview,439,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,10,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,3,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,14,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,44,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,14,PPI,6,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,23,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,23,Student Life,144,Studenthack,345,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,3,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,84,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,11,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,1,Universitas,35,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: MUHAMMAD TAUFIQ : Berbagi Cerita Perkuliahan di Yaman bersama Taufiq
MUHAMMAD TAUFIQ : Berbagi Cerita Perkuliahan di Yaman bersama Taufiq
https://4.bp.blogspot.com/-BZDuweb5-vY/WCAia1hP99I/AAAAAAAAJ6w/XZRxVnuXH_YB3IH6Pc9HbC1gawZ8n-p8gCLcB/s640/9.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-BZDuweb5-vY/WCAia1hP99I/AAAAAAAAJ6w/XZRxVnuXH_YB3IH6Pc9HbC1gawZ8n-p8gCLcB/s72-c/9.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2016/11/muhammad-taufiq-berbagi-cerita.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2016/11/muhammad-taufiq-berbagi-cerita.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy