Artikel Terbaru

Scholarships for MSc in Engineering dari University of Southern Denmark – Beasiswa Kuliah S2 Teknik di Denmark

Banyak peluang yang terbuka untuk melanjutkan studi pada jenjang S2 dengan bantuan beasiswa di luar negeri. Salah satu yang bisa dijadikan pilihan khususnya bagi para lulusan S1 Teknik adalah skema Scholarships for MSc in Engineering. Program beasiswa yang satu ini diadakan oleh University of Southern Denmark yang secara khusus menawarkan peluang untuk menempuh studi S2 Teknik di universitas tersebut. Program beasiswa ini merupakan salah satu bagian dari program beasiswa resmi dari pemerintah Denmark. Target dari beasiswa ini adalah para lulusan S1 dari luar kawasan EU atau EEA yang termasuk Indonesia. Jadi jika ingin kuliah S2 Teknik di Eropa, beasiswa ini adalah salah satu kesempatan yang bisa diambil.


University of Southern Denmark menyediakan kesempatan studi S2 Teknik bagi lulusan S1 dari luar kawasan EU atau EEA dalam skema pembiayaan kuliah secara penuh. Selain itu ada juga kesempatan untuk mendapatkan hibah biaya hidup sebesar DKK 2,000 setara IDR 3,800k yang akan diberikan bagi penerima beasiswa yang bersedia untuk menghabiskan sebagian masa studi di perusahaan Denmark baik pada semester 3 atau pada saat penyelesaian studi atau pembuatan thesis.

Secara khusus program beasiswa ini fokus pada studi S2 Teknik namun secara khusus studi yang bisa diambil adalah MSc in Innovation and Business dan MSc in Mechatronics dimana semuanya didapaikan dengan menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris karena merupakan kelas atau studi internasional. Informasi lebih lanjut mengenai masing-masing studi bisa didapatkan pada tautan berikut (link) dan (link). Program beasiswa ini pada setiap periodenya diberikan kepada 20 orang yang lolos seleksi. Studi yang diambil nantinya akan dilangsungkan selama maksimal 2 tahun atau 4 semester.

Persyaratan Beasiswa
Berikut ini adalah hal-hal yang menjadi syarat untuk mengajukan permohonan beasiswa dari pemerintah Denmark di University of Southern Denmark
1. Merupakan pelajar internasional yang berasal dari luar kawasan EU atau EAA
2. Memenuhi persyaratan yang ada untuk membayar biaya perkuliahan
3. Terdaftar sebagai pemegang gelar sarjana
4. Memiliki izin tinggal di Denmark untuk keperluan pendidikan

Selain hal-hal tersebut yang harus dipenuhi masih ada dokumen-dokumen yang wajib disiapkan untuk melengkapi syarat pendaftaran beasiswa ini yaitu:
1. Formulir pendaftaran yang bisa diunduh pada tautan berikut ini (link)
2. Salinan resmi ijazah dan transkrip nilai dari jenjang sarjana
3. Motivation letter maksimal 1 lembar A4
4. Bukti sertifikat kemampuan bahasa Inggris dengan ketentuan
bisa salah satu dari TOEFL minimal 575/230/88, IELTS minimal 6.5, CAE minimal C atau CPE
CAE hanya khusus dari Jaringan Cambridge atau University of Michigan
Jika belum mengikuti tes kemampuan bahasa Inggris maka harus menyertakan keterangan bahwa sudah mendaftarkan diri untuk mengikuti tes tersebut maksimal pada bulan Mei pada periode pendaftaran beasiswa
Hasil tes bahasa Inggris yang diterima tidak boleh lebih dari 2 tahun


Prosedur Pendaftaran
Setelah memastikan bahwa semua syarat sudah dipenuhi dan semua dokumen sudah disiapkan untuk proses seleksi beasiswa ini maka proses pendaftarannya bisa dilakukan. Pemohon harus mendaftarkan diri sebagai mahasiswa terlebih dahulu di University of Southern Demark yang bisa diikuti cara-caranya pada tautan berikut ini (link). Kemudian setelah itu semua dokumen sebagai syarat beasiswa yang sudah disebutkan tadi harus disiapkan dalam format PDF dan dikirimkan ke email sdu-soenderborg@sdu.dk. Informasi lebih lanjut juga bisa ditanyakan melalui email tersebut atau dengan langsung mengunjungi laman resminya pada tautan berikut ini (link)




Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top