Artikel Terbaru

Swiss Government Excellence Scholarships for Foreign Scholars and Artists

Sebagai sebuah tindakan nyata dari Swiss Confederation dalam hal kerja sama dengan lebih dari 180 negara di dunia, setiap tahun diadakan sebuah program beasiswa yang bernama Government Excellence Scholarships. Program ini secara spesifik bertujuan untuk meningkatkan kegiatan pertukaran internasional dalam hal pendidikan dan juga dalam konteks kerja sama penelitian dengan negara-negara lain di dunia. Proses seleksi dari para pemohon yang mendaftarkan diri dalam program beasiswa ini dilakukan oleh Federal Commission for Scholarship for Foreign Students (FCS). Fokus dari program beasiswa ini adalah untuk para peneliti yang sudah menyelesaikan studi Master atau PhD dan juga para seniman yang sudah memiliki gelar Sarjana.


Rincian Beasiswa
Berdasarkan dari fokus utama beasiswa ini yang sudah disebutkan tadi maka jenis beasiswanya itu sendiri terbagi menjadi 2 yaitu:
1. Research Scholarship – Jenis beasiswa ini tersedia bagi para peneliti dari berbagai negara di duia dalam bidang studi apapun yang minimal sudah memiliki gelar Master dan memang berencana untuk melanjutkan pendidikannya di Swiss untuk jenjang setelahnya atau juga khusus untuk melakukan penelitian saja. Program beasiswa ini bisa digunakan untuk menempuh studi di semua institusi pendidikan regional di Swiss dan di 2 institusi pendidikan federal dengan pemohon harus mendapatkan nominasi terlebih dahulu dari pembimbing akademik di salah satu institusi pendidikan yang dituju.
2. Art Scholarship – Jenis beasiswa ini terbuka bagi para mahasiswa lulusan bidang kesenian yang berniat mengejar studi pada jenjang Master di Swiss. Beasiswa ini hanya bisa digunakan untuk menempuh studi di institusi pendidikan yang fokusnya ada pada bidang-bidang kesenian dengan pemohon yang memang sudah diterima di institusi pendidikan tujuan yang bisa mengajukan permohonan untuk beasiswa ini dan hanya ditawarkan di beberapa negara saja.

Dari 2 jenis beasiswa tersebut untuk mahasiswa dari Indonesia hanya bisa mengajukan permohonan pada program Research Scholarship dengan informasi lebih lanjut bisa diperoleh pada tautan berikut ini (link).

Kriteria Seleksi
Pihak penyeleksi program beasiswa ini yaitu Federal Commission for Scholarship for Foreign Students akan menyeleksi dan memilih kandidat atau pemohon yang mengajukan permohonan pada program ini dengan memperhatikan kriteria berikut ini:
1. Profil kandidat atau pemohon
2. Kualitas dari proyek penelitian atau karya seni yang sudah dibuat
3. Potensi sinergi dan kerja sama untuk melakukan penelitian bersama dikemudian hari


Pendaftaran dan Seleksi
Prosedur pendaftaran untuk program beasiswa ini bisa dimulai dengan terlebih dahulu mengunjungi laman resminya pada tautan berikut ini (link). Setelah memastikan untuk melakukan pendaftaran kemudian bisa langsung mendatangi kantor perwakilan dari Swiss di masing-masing negara asal (kedutaan besar) untuk kemudian meminta paket pendaftaran Lengkapi hal-hal yang menjadi syarat dan ketentuan pendaftaran program beasiswa ini sebelum kemudian dikumpulkan kembali ke pihak perwakilan dari Swiss sesuai tanggal yang ditentukan di masing-masing negara. Setelah itu pemohon hanya tinggal menunggu hasil seleksi yang dilakukan oleh pihak Federal Commission for Scholarship for Foreign Students.

Proses seleksinya itu sendiri akan melalui 2 tahap dimana tahap pertama langsung dilakukan setelah persyaratan dan pendaftaran dilakukan serta dikumpulkan. Seleksinya bisa dilakukan oleh pihak kedutaan besar Swiss di negara asal pemohon atau juga oleh pihak terkait yang berwenang dari negara asal pemohon. Setelah itu pihak kedutaan besar akan mengirimkan daftar peserta yang dianggap lolos seleksi awal untuk dilakukan seleksi terakhir langsung oleh Federal Commission for Scholarship for Foreign Students hingga hasil akhirnya keluar.




Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top