Artikel Terbaru

Sempat Ditolak Beasiswa Ke Luar Negeri Hingga 14 Kali, Akhirnya Sorbonne University Berhasil Angga Taklukkan!

Pernah gak sih merasa gagal atau gak pantas? Sudah coba berkali-kali tapi tetap aja gagal lagi, gagal lagi. Sering dikatain punya mimpi yang ketinggian, sering di pandang sebelah mata, atau sering di penjara oleh persepsi orang lain terhadap kita?  


Angga Dwi Putra, namanya. Akrab disapa Angga. Kali ini salah satu tim Inspirabook berkesampatan ngobrol-ngobrol singkat tapi memikat dengan Angga. Yang dibahas tidak jauh dari seputaran kuliah ke luar negeri, hanya saja kali ini lebih menjurus kearah pembuatan motivation letter

Sudah tau apa itu motivation letter? Motivation letter adalah surat yang menggambarkan diri kita. Motivation letter sering menjadi persyaratan bagi para calon penerima beasiswa ke luar negeri. Terus, apa aja yang harus di tulis pada motivation letter? Banyak dari kita yang masing bingung harus seperti apa dan bagaimana. Gak jarang ada yang pasrah ketika motivation letter-nya gagal tembus beasiswa ke luar negeri. 

Mari kita lihat pengalaman yang Angga hadapi ketika membuat motivation letter. Dulu, Angga sempat ditolak beasiswa hingga 14 kali. Hah, kok bisa? Setelah Angga cek, ternyata motivation letter adalah salah satu faktor penyebabnya. Kebayang kan gimana stress dan terpuruknya Angga saat itu. Tapi apakah Angga mundur dan berhenti? Tidak. Angga bangkit dan terus maju. Angga mencari dimana letak kesalahan yang terdapat pada motivation letter-nya, bahkan pernah revisi hingga 7 kali. Angga minta tolong dibaca oleh orang lain yang ia anggap ahli untuk di cek grammar, siapa tau ada yang salah. Sampai akhirnya, Angga menemukan format dan template yang pas untuk membuat motivation letter, bahkan banyak temannya yang mengikuti template milik Angga tersebut dan diterima beasiswa ke luar negeri.


Menurut Angga, motivation letter adalah salah satu faktor utama dalam menentukan diterima atau tidaknya kita dalam seleksi beasiswa ke luar negeri. Surat paling penting, gimana kita harus ‘menjual’ hidup kita hanya dalam satu lembar kertas.  

Jelas, ketika pertama kali membuat motivation letter, Angga tidak serta merta bisa dan berhasil. Angga pernah mengalami kebingungan yang mungkin saat ini juga dirasakan oleh sebagian orang dalam membuat motivation letter. Beberapa tips yang Angga berikan adalah:

1. Buat point-point

Buat dulu point-point apa yang akan ditulis. Kesalahan yang sering kali terjadi adalah pengen menuliskan semua tentang diri kita ke dalam motivation letter. Pilihlah yang paling menjual aja.

2. STAND OUT

Selama kita sedang atau akan membuat motivation letter, mari kita berpikir seakan kita ini adalah juri. Kira-kira apakah mereka tertarik dengan cerita yang kita tuangkan dalam motivation letter? Sebab mereka menerima ribuan aplikasi, jadi kita harus berani dan bisa buat motivation letter kita stand out dan menarik untuk dibaca oleh juri.

3. JUJUR

Setelah kita berani stand out, semua itu harus diselimuti dengan kejujuran sesuai dengan apa yang terjadi pada diri kita, gak boleh bohong. 

Setelah sempat ditolak hingga 14 beasiswa, akhirnya Angga berhasil menaklukkan Universitas impiannya yaitu Sarbonne University di Prancis dengan menggunakan beasiswa dari Eiffel Prancis. Luar biasa, kan? Siapa yang mau seperti Angga? Harus tetap semangat yaaa. Oiya, by the way, saat ini Angga sedang menulis buku tentang dirinya lho. Kita doakan semoga selalu dilancarkan dan bisa cepat kelar, keep inspiring as always Angga!


Nah, mulai sekarang cobalah latihan membuat motivation letter, supaya kita bisa menemukan pola dan template sendiri yang pas dan sesuai dengan motivation letter kita. Kata Angga, sebenarnya masih banyak trik buat bikin motivation letter. Ingat, “practice makes you perfect”.

Kalau masih bingung juga, sekarang Inspirabook punya SOLUSI buat bikin motivation letter hingga bisa tembus beasiswa ke luar negeri. Buku dengan judul “Jurus Bikin Motivation Letter Pasti Tembus Beasiswa Luar Negeri” senilai 89.000 rupiah, di dalamnya akan dikupas secara tuntas, mulai dari apa itu motivation letter, tips, hingga contoh-contoh motivation letter ampuh! Mauuu?

Eits, tunggu dulu, karena sekarang sedang ada EDISI BONUS, jadi kamu bisa mendapatkan buku ini secara bonus dan juga masih ada bonus-bonus lainnya, berupa:

1. Buku "Jurus Rahasia Lolos Wawancara Beasiswa Luar Negeri" senilai 87.000
2. Kalender Inspira Book 2017 senilai 19.000 
3. Poster Check List Persiapan Kuliah ke Luar Negeri senilai 17.000

Bagaimana dengan ongkos kirim? Untuk saat ini, ongkos kirim kita yang bayarin! 

Gimana cara dapatin BONUS SUPER tersebut? Gampang banget, kamu cukup pesan SATU BUKU dari Inspirabook (JKLN/TOEFL KILLER/IELTS KILLER/KUNCI INGGRIS/JAMU LPDP) senilai 157.000 rupiah aja, maka bonus-bonus diatas langsung menjadi milik kamu.

So, tunggu apa lagi? PESAN SEKARANG JUGA!

Hubungi salah satu admin Inspirabook di:

Face Book Messenger: Inspira (https://www.messenger.com/t/inspiraID/

WhatsApp: 0815-7357-1433 

Official LINE: @inspirabook  (https://line.me/R/ti/p/%40aqz9337h)

KETIK “SAYA MAU 4 BONUS INSPIRABOOK”

Sebelum kehabisan, CEPAT PESAN atau kamu akan menyesal!
Karena STOK TERBATAS!

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top