Excellence Fellowships di Ecole Polytechnique Federale de Lausanne, Swiss

Kesempatan untuk bisa kuliah ke luar negeri bagi mahasiswa internasional termasuk dari Indonesia semakin hari semakin terbuka lebar. Banyak negara yang kini bersaing dalam menyediakan beasiswa bagi mahasiswa internasional dan tidak terkecuali berbagai institusi pendidikan di berbagai negara. Salah satu peluang kuliah ke luar negeri yang terbuka saat ini bagi mahasiswa dari Indonesia berasal dari Swiss. Ecole Polytechnique Federale de Lausanne (EPFL) atau Swiss Federal Institute of Tehnology menawarkan sebuah program beasiswa yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa internasional termasuk dari Indonesia yang bernama Excellence Scholarships.


EPFL terletak di Lausanne, Swiss dan merupakan satu dari dua Institut Teknologi Konfederasi Swiss dimana satu lagi bernama ETH Zurich. Bersama dengan ETH Zurich dan beberapa institut penelitian lainnya EPF membentuk domain khusus ETH yang aktif dalam berbagai kegiatan yang berhubungan dengan penelitian dan pengajaran bahkan dalam lingkup internasional. Sebagai sebuah universitas yang dikenal dalam hal riset atau penelitian teknik maka EPFL sangat pantas dijadikan pilihan oleh para mahasiswa Indonesia lulusan S1 yang ingin fokus pada bidang teknik.

Program beasiswa dari EPFL ini pada dasarnya adalah sebuah program beasiswa bagi pemburu beasiswa S2 di Swiss. EPFL sendiri merupakan sebuah institusi pendidikan tinggi yang lebih dikenal sebagai universitas riset. Beasiswa ini nantinya bisa dimanfaatkan untuk menempuh studi S2 pada berbagai program master yang ada di EPFL.


Progra Excellence Scholarships ini merupakan sebuah program yang terbatas dengan pendanaan sebagian dari pihak universitas dan sebagian lagi dari berbagai yayasan serta perusahaan kemitraan. Selain itu juga harus dipahami bahwa beasiswa yang ditawarkan bukanlah merupakan beasiswa penuh untuk membiayai segala hal selama menempuh studi master di EPFL. Intinya beasiswa ini menawarkan bantuan biaya sebesar CHF 16.000 untuk 1 thun akademik. Jadi untuk program master selama 2 tahun beasiswanya akan diberikan sebesar CHF 32.000 dan untuk program master 1,5 tahun beasiswanya akan diberikan sebesar CHF 24.000. Jumlah tersebut bisa dipakai untuk membiayai keperluan-keperluan apapun selama studi dengan kemungkinan untuk mencari bantuan pembiayaan lainnya untuk kekurangannya.

Mahasiswa internasional yang mendaftarkan diri pada program master di EPFL dan memang memenuhi syarat untuk program yang diajukan maka akan bisa mengajukan diri pada program beasiswa ini. Pemilihan kandidat dari para pendaftar program beasiswa akan didasarkan pada catatan akademik dari para pemohon dalam studi jenjang sebelumnya.


Pendaftaran bisa dilakukan dengan mendaftarkan diri pada program master di EPFL yang bisa dilihat selengkapnya pada tautan berikut ini (link). Pada laman tersebut disediakan formulir pendaftaran online program master dimana para pemohon hanya harus mencentang kotak yang menunjukkan keinginan mendaftar pada Excellecne Scholarships. Jika lupa mencentang maka tidak akan disertakan dalam seleksi Excellence Scholarships dari EPFL ini. Pemohon hanya harus fokus pada semua syarat program master yang dituju di EPFL tanpa harus memikirkan pendaftaran atau pengajuan lain khusus untuk beasiswanya. Informasi lebih lanjut mengenai program ini bisa didapatkan pada email student.service@epfl.ch atau telepon di nomer +41 (0) 21 693 43 45.



Share on Google Plus

About Berkuliah Indonesia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.