Artikel Terbaru

Hotcourses Diversity Index, Apakah Itu?

Melalui laman resminya (link), Hotcourses Indonesia selalu berusaha menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan dan diperlukan dalam hal kuliah ke luar negeri bagi para pelajar dan mahasiswa Indonesia. Selain menyediakan brosur resmi universitas luar negeri (link) secara gratis dan juga fitur pencarian program studi di luar negeri yang memudahkan para pelajar dan mahasiswa Indonesia dalam menentukan pilihan tujuan kuliah ke luar negeri, masih ada lagi satu fitur yang juga akan sangat membantu, yaitu Hotcourses Diversity Index yang bisa dilihat pada laman berikut (link).

Fitur Hotcourses Diversity Index (HDI) pada dasarnya adalah sebuah fitur yang bisa menampilkan keanekaragaman kewarganegaraan di sebuah universitas yang ada di luar negeri. Tentu dengan menggunakan fitur ini para pelajar dan mahasiswa Indonesia sebelumnya bisa mempelajari terlebih dahulu keanekaragaman kewarganegaraan di sebuah universitas sebelum memutuskan untuk memilih satu universitas sebagai tujuan kuliah ke luar negeri.



Saat ini fitur HDI yang ada di laman resmi Hotcourses Indonesia diambil dari data resmi dari pemerintah Amerika Serikat, Australia, Inggris, dan Selandia Baru. Jadi jika target kuliah ke luar negeri yang akan dikejar ada di negara-negara tersebut maka bisa memanfaatkan fitur ini. Sumber data HDI yang ditampilkan di laman Hotcourses Indonesia lebih jelasnya berasal dari Australian Government Department of Education & Training, Higher Education Statistics Agency (HESA), the Institute of International Education (IIE), dan New Zealand Ministry for Education.


Dalam pemanfaatannya, HDI di Hotcourses Indonesia menawarkan 2 pilihan menu yaitu untuk mengetahui keanekaragaman kewarganegaraan secara umum (link) dan juga sebuah menu yang bernama Feel at Home Index (link). Menu kedua yang bernama Feel at Home Index akan menampilkan persentase mahasiswa dengan kewarganegaraan Indonesia di sebuah universitas di luar negeri dimana persentase tersebut diambil dari total kewarganegaraan internasional yang berada disana.



Masing-masing menu yang bisa dipilih dalam HDI dari Hotcourses Indonesia ini menawarkan beberapa menu penyaringan lebih lanjut yang dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi yang paling sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Pilihan penyaringan berdasarkan negara, jurusan, dan jenjang pendidikan bisa digunakan untuk lebih menyesuaikan dengan tujuan studi yang dicari.


Karena memang diambil dari data resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah maka data yang ditampilkan tidak perlu diragukan lagi. Data yang ditampilkan khusus hanya jumlah mahasiswa internasional saja yang ada di universitas dan tidak termasuk mahasiswa lokal. Jadi presentase yang ditampilkan adalah jika dibandingkan dengan jumlah keseluruhan mahasiswa asing di sebuah universitas. Sementara ini dalam fitur ini hanya menampilkan untuk jenjang studi sarjana dan pascasarjana saja.



Menggunakan menu Feel at Home Index, pelajar dan mahasiswa Indonesia bisa mencari pilihan studi di sebuah universitas di luar negeri dengan jumlah mahasiswa Indonesia yang banyak jika memang tidak ingin merasa terlalu jauh dari teman-teman yang juga berasal dari Indonesia. Bahkan bisa juga melakukan semacam riset kecil-kecilan degan menggunakan informasi dari HDI ini. Nantinya bahkan akan bisa dibuat kesimpulan di suatu lokasi dengan beberapa universitas dimana ada banyak mahasiswa Indonesia disana sehingga akan bisa menjadi satu pilihan menarik untuk kuliah disana.


Namun fitur HDI ini juga bisa dimanfaatkan juga justru untuk mencari universitas dengan mahasiswa Indonesia yang tidak banyak. Sebagian pelajar dan mahasiswa dari Indonesia tentu merasa bahwa kuliah ke luar negeri juga berarti pergaulannya di luar negeri dengan orang-orang dari luar negeri juga. Akan percuma jika sudah kuliah ke luar negeri namun tetap bergaul dengan orang-orang dari Indonesia saja.



Dalam Feel at Home Index saat ini ada total 958 universitas yang terdaftar dari Australia, Amerika Serikat, Selandia Baru, dan Inggris. Dalam 958 universitas tersebut semuanya memiliki mahasiswa dari Indonesia yang tedatar secara resmi sebagai mahasiswa aktif disana. Sementara itu dalam Diversity Index ada total 2615 universitas dan perguruan tinggi di negara-negara tersebut. Kedepannya tentu fitur HDI dari Hotcourses Indonesia ini akan terus dikembangkan agar bisa semakin luas jangkauannya dan bisa memberikan lebih banyak informasi bagi para pelajar dan mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri.



Melengkapi fitur-fitur lain yang ditawarkan oleh Hotcourses Indonesia melalui laman resminya bagi para pelajar dan mahasiswa Indonesia yang ingin kuliah ke luar negeri, Hotcourses Diversity Index menjadi satu lagi bahan pertimbangan ketika akan menentukan tujuan universitas di suatu negara untuk kuliah ke luar negeri. Menentukan pilihan tujuan kuliah ke luar negeri memang bukan perkara yang mudah oleh karena itu fitur HDI dari Hotcourses Indonesia ini bisa sangat membantu apalagi jika dikombinasikan penggunaannya dengan fitur-fitur lain dari Hotcourses Indonesia.



Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top