Artikel Terbaru

LDR - Sebuah Konsekuensi yang Harus Diterima Ketika Kamu Kuliah ke Luar Negeri!

Kita sudah sangat sering sekali membahas semua ketakutan-ketakutan yang mungkin dialami oleh sobat semuanya yang sedang memantapkan niat untuk kuliah ke luar negeri. Mulai dari kendala bahasa, nilai TOEFL, IELTS, biaya pendidikan, IPK yang mepet, biaya hidup, dan semua perihal teknis lain yang bisa dengan mudah dipenuhi (asal mau berjuang di awal ya), karena memang ada cara teknis yang bisa dipraktikkan.


Sedangkan sebenarnya hal paling susah dan krusial adalah ketika kita melawan perasaan dan segala sesuatu yang bersinggungan dengan hati, karena secara alam sadar atau tidak, segala sesuatu yang berhubungan dengan perasaan itu tidak bisa serta merta diselesaikan dengan cara yang sama antara 1 orang dengan yang lain. Ada yang dengan cara seperti ini, ada yang dengan cara seperti itu, ada juga yang tidak bisa dilakukan dengan cara apapun. Sama seperti LDR. Ada yang bisa dilakukan asalkan keep in touch setiap hari, ada yang bisa dengan cara harus bertemu setiap bulan, tetapi ada pula orang yang sama sekali tidak bisa menjalani pacaran dengan cara LDR atau Long Distance Relationship seperti ini.

Lalu gimana ya, kalau kalian memiliki mimpi Kuliah ke Luar Negeri tapi kalian juga punya pacar di Indonesia. Apakah hal tersebut lantas meruntuhkan mimpi yang seharusnya kalian kejar??? 

Nah, di sini akan dibahas beberapa tips yang (semoga saja ya!) bisa membantumu memecahkan masalah agar kamu tetap bisa memantapkan diri untuk kuliah ke luar negeri, tetapi tidak membawa malapetaka dalam hubungan cinta kalian. Justru malah membuat kualitas pacaran menjadi lebih dewasa dan Naik Kelas!

Lihatlah Lebih Jauh Ke Depan!

Bagi pasangan yang dihadapkan pada pilihan yaitu harus melanjutkan studi ke belahan negara lain, yang ada dibenaknya adalah ke depan, tetapi kurang jauh! Karena yang ada dalam pikiran mereka adalah: yaaa bearti jarang ketemu dong, kalau malam minggu nggak ngapel dong, nggak bisa diajak jalan bareng, status hubungan jadi nggak jelas karena punya pacar tapi nggak ada wujudnya (jin kali ah nggak ada wujudnya).

Nah, itu karena kamu belum memandang ke arah lebih jauh lagi. Coba pandanganmu soal punya pacar atau menjadi pacar yang harus pergi ke luar negeri di geser lebih jauh sedikit, bayangkan pacarmu atau kamu setelah lulus kuliah dan menjadi jebolan kampus luar negeri! Apalagi kampus tersebut termasuk dalam kampus terbaik di Dunia! Setelah lulus, akan ada banyak sekali perusahaan yang memperebutkan! Memiliki gaji yang fantastis! Memiliki kualitas dan kemapan hidup yang meningkat! Waw, pasti apa yang ada di benakmu berubah kan! Nah, pemikiran seperti itulah yang harus di tanamkan dalam diri kalian. Ketika pemikiran positif, maka semua hal juga akan mengikuti.

Setelah Mindset mu tentang kuliah ke luar negeri menjadi positif, maka kamu pun perlu melakukan hal-hal di bawah ini untuk tetap menjaga hubungan kalian pada saat LDR:

Pengertian

Hal ini merupakan hal paling dasar yang harus kalian upayakan berdua! Bukan hanya untuk yang ada di Indonesia, tapi juga yang sedang merantau ke negara tetangga. Ada kalanya kalian tidak bisa setiap hari keep in touch. Selalu berpikir positif adalah KOENTJI!

Perhatian

Ya, tingkat perhatian ini juga hal yang perlu untuk ditingkatkan. Kalau waktu pacaran di Indonesia kalian jarang bertanya kabar karena sering bertemu, maka saat LDR alangkah lebih baik kalau kalian saling bertanya kabar sekedar untuk memberi perhatian kecil seperti bertanya “How was your day? Have you eaten?” Atau mengungkapkan rindu seperti “I miss you, dan memberikan puisi-puisi romantis” Dan lain sebagainya, karena justru perhatian-perhatian kecil seperti ini yang dibutuhkan pasangan LDR.

Jangan Mengekang



Point ini adalah paling krusial sekaligus paling sering dilakukan oleh pasangan LDR, yaitu tiba-tiba posesif! Waktu pacaran di Indo nggak pernah ngekang karena bisa selalu ‘mantau’, begitu LDR langsung posesif! Padahal untuk orang yang tidak bisa diatur-atur, hal ini tentu sangat akan mengganggu. Bisa jadi hubungan kalian malah akan berakhir karena satu point ini! Yuk hindarin!!!

Quality Time
Ini dia yang paling ditunggu sekaligus surga bagi para LDR! Ya, agenda quality time harus kalian bicarakan sebelum salah satu dari kalian berangkat studi ke luar negeri. Agenda quality time ini akan menjadi penawar rindu atau pencegahan masalah-masalah nggak penting yang bisa mengganggu hubungan kalian. Wujud dari quality time ini pun sebenarnya nggak perlu ketemu langsung ya sobat! Misal video call, atau hal lain. Yang penting kalian harus memiliki waktu khusus untuk berbicara dari hati ke hati (kemudian penulisnya baper, hahaha).

Nah itu dia tips dari kami agar permasalahan LDR jangan sampai menghambat impian besar yang akan mengubah hidupmu ke depan ya! Semangat! Masa depan Cerah menanti!

Salam, Berkuliah.com

Written by: Yosephine Anggun

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top