Artikel Terbaru

New Zealand International Doctoral Research Scholarship (NZIDRS)

Meskipun merupakan kawasan yang paling terakhir dihuni oleh manusia, Selandia Baru menawarkan berbagai pilihan menarik dalam hal pendidikan khususnya pada jenjang pendidikan tinggi bagi pelajar dan mahasiswa internasional. Salah satu program beasiswa yang bisa digunakan untuk kuliah ke Selandia Baru adalah program New Zealand International Doctoral Research Scholarship. Tersirat dari namanya bahwa program ini adalah sebuah program beasiswa untuk menempuh studi S3 dengan basis riset di Selandia Baru. Program beasiswa ini merupakan program yang diadakan secara resmi oleh pemerintah Selandia Baru.


Rincian Beasiswa
Beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah Selandia Baru melalui program NZIDRS ini adalah merupakan beasiswa penuh dengan cakupan antara lain:
1. Biaya kuliah penuh dan iuran lain-lain terkait studi
2. Tunjangan hidup senilai maksimal NZ$25,000 per tahun bebas pajak
3. Biaya asuransi kesehatan senilai maksimal NZ$600 per tahun dan diberikan selama 36 bulan

Melalui program beasiswa ini pemohon dapat mengambil studi S3 berbasis riset dalam semua disiplin ilmu yang ditawarkan di 8 universitas yang ada di Selandia baru yaitu:
1. Victoria University of Wellington
2. University of Waikato
3. University of Otago
4. University of Canterburry
5. University of Auckland
6. Massey University
7. Lincoln University
8. AUT University

Persyaratan Beasiswa
Berikut ini adalah hal-hal penting yang harus diketahui sebagai syarat utama dari program beasiswa NZIDRS di Selandia Baru:
1. Memiliki IPK minimal 3.7 pada skala 4.0 atau memiliki rata-rata nilai A atau A+ dalam jenjang pendidikan terakhir yang sudah diselesaikan
2. Mendapatkan konfirmasi tempat sebagai mahasiswa S3 riset non-conditional di salah satu dari 8 universitas Selandia baru yang sudah disebutkan sebelumnya
3. Bersedia menempuh studi S3 riset full-time di Selandia Baru secara langsung
4. Bukan merupakan warganegara atau penduduk Selandia Baru maupun Australia

Selanjutnya setelah memastikan bahwa syarat-syarat tersebut dipenuhi, dokumen-dokumen yang harus disiapkan untuk mengikuti seleksi dari program beasiswa ini mencakup:
1. Formulir pendaftaran
2. Ijazah dan transkrip akademik dari jenjang studi terakhir
3. Laporan evaluasi kredensial
4. Referensi akademik sebanyak 2 buah
5. Formulir supervisi sementara
6. Bukti pendaftaran di universitas yang dituju
7. Bukti kewarganegaraan yang bisa berupa KTP, paspor, atau akta kelahiran
8. Curriculum Vitae terbaru

Semua dokumen harus dalam kertas ukuran A4 dan hanya dicetak di satu sisinya saja. Khusus untuk surat referensi akademik harus dikirimkan atau diajukan sendiri oleh pemberi referensi melalui email scholarship@enz.govt.nz


Proses Pendaftaran
Pendaftaran untuk program beasiswa ini bisa dilakukan dengan sebelumnya mengunduh semua formulir yang dibutuhkan pada tautan berikut ini (link). Formulir yang ada di tautan tersebut harus dilengkapi dan juga disertai dengan semua syarat dokumen lain seperti yang sudah disebutkan tadi dan kemudian dikirimkan melalui pos dengan alamat tujuannya:

Education New Zealand
Scholarship Coordinator
PO BOX 12041
Wellington 6144
New Zealand

Selain itu tujuannya bisa menggunakan kurir dengan alamat tujuan:

Education New Zealand
Scholarship Coordinator
Level 5 Lambton Quay
Wellington 6011
New Zealand

Informasi lebih lanjut mengenai program beasiswa ini bisa didapatkan dengan mengunjungi laman resminya pada tautan berikut ini (link) atau bisa jga melalui email scholarship@enz.govt.nz.




Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top