ARYA M. RAMADHAN: Lulusan Pondok Pesantren Pun Bisa Kuliah di Eropa! Nggak Percaya? Ini Buktinya!

“Kak, mungkin nggak sih anak lulusan pesantren/ MAN bisa kuliah di Eropa atau Amerika?” Sudah sekian banyak pertanyaan yang diterima oleh...

“Kak, mungkin nggak sih anak lulusan pesantren/ MAN bisa kuliah di Eropa atau Amerika?”

Sudah sekian banyak pertanyaan yang diterima oleh Tim Berkuliah, menanyakan hal yang sama. Nah, daripada cuman dijawab ada doang, Sobat Berkuliah bisa langsung baca cerita di bawah ini. Asli, langsung dari Italia. Baca baik-baik dan resapi!


Ciao Raga, kenalkan nama saya Arya Maulana Ramadhan asal saya dari Karawang,Jawa Barat sekarang saya sedang melanjutkan kuliah di Universita Della Calabria (ITALIA). Di sini ada namanya beasiswa Centro Residenziale beasiswa ini dari pemerintah provinsi di Italia. Beasiswa ini meliputi kalian gratis tempat tinggal, uang sekolah dan makan serta kalian juga mendapatkan uang 900,00 euro per semester tapi beasiswa ini hanya berlaku 1 tahun ketika kalian ingin mendaftar lagi di tahun ke 2 kalian harus memperlihatkan nilai-nilai kalian selama 1 tahun ke belakang yang bakalan menjadi tolak ukur beasiswa kalian.

Saya pertama kali memiliki mimpi tersebut, ketika saya menginjak bangku kelas 2 Aly (SMA). Waktu itu saya menceritakan mimpi-mimpi itu kepada teman-teman dekat saya dan juga kepada kedua Orang tua saya juga. Alhamdulillah mereka merespon saya dengan sangat  baik dan mereka selalu mendukung saya ketika saya mulai belajar bahasa Italia di pondok pesantren.

Saya berjuang untuk mimpi-mimpi saya, karena melihat pemuda-pemuda di Indonesia saja bisa memperjuangkan cintanya untuk seseorang yang dicintai. Nah, maka dari itu saya berpikir kalau mimpi-mimpi saya juga harus di perjuangkan. Di dunia ini tidak ada yang langsung jadi semua itu butuh proses usaha dan doa, dan waktu itu Alhamdulillah saya di bantu sama teman-teman saya untuk selalu bersemangat dan optimis untuk bisa melanjutkan studi di Italia.

Proses Persiapan

Awalnya saya mencari di internet  beberapa universitas di Italia lalu saya mendapatkan beberapa informasi. Kemudian saya mengetahui adanya forum pelajar seperti PPI ITALIA dan PPI CALABRIA, nah dari sini lah saya mulai bertanya-tanya tentang berkuliah di Italia, mulai dari kapan pendaftaran, apa saja persyaratannya, dan sampai bagaimana kehidupan di Italia. Komunitas seperti PPI ini sangat penting untuk kita yang ingin mendapatkan informasi seputar perkuliahan di negeri orang, saya mempersiapkan beberapa persyaratan dari bulan Februari.

Hal Paling Berkesan 
Yang paling berkesan yaitu saya anak pondok pesantren, tapi bisa berkuliah di Italia, karena biasanya anak pondok pesantren kalau ingin melanjutkan studinya pasti yang terbayang adalah ke Timur Tengah seperti Mesir, Sudan, Maroko, dll. Karena saya ingin memperlihatkan sesuatu yang berbeda kalau anak pondok pesantren juga bisa melanjutkan studi ke Italia.



Bayangan sebelum datang ke Italia…

Ketika seseorang akan mengunjungi tempat baru, terlebih untuk tinggal dalam waktu yang lama, pasti akan membanyangkan hal-hal yang akan terjadi nantinya. Sama halnya seperti saya. Pertama yang saya bayangkan sebelum datang kesini yaitu apakah saya mampu bisa mengikuti kelas dan pelajaran di sini,dan apakah kehidupan di Italia sama denga kehidupan di Indonesia,dan ketika pertama kali saya menginjak kaki di Italia yang saya rasakan begitu luar biasa karena mimpi-mimpi saya benar-benar terwujud untuk bisa berkuliah di sini.

Hal yang dipelajari dalam jurusan saya…

Saya mengambil kuliah di universitas ini karena di sini banyak mahasiswa Indonesia juga yang berkuliah di sini jadi ketika saya jauh dari keluarga di Indonesia saya masih punya keluarga yang baru di sini yaitu keluarga PPI Calabria,dan alasan saya mengambil jurusan Economia Aziendale (Administrasi Ekonomi) karena saya suka sama pelajaran ekonomi dan saya melihat ekonomi Indonesia yang agak menurun (menurut saya) mungkin ketika saya selesai dari sini saya bisa ikut ambil bagian membangun Indonesia dari segi Ekonomi. Rencana saya ketika lulus dari universitas ini mungkin saya akan melanjutkan kuliah lagi di salah satu negara Eropa mungkin bisa di sini lagi tapi pindah kota.

Suasana belajar di Italia….

Suasana belajar mengajar di italia menerutku menyenangkan karena kita bisa bersosialisai dengan orang-orang Internasional dari mulai teman kelas sampai teman rumah.Karakter teman-teman saya di kelas sangat menyenangkan, jika diajak berbicara dan berdiskusi tentang pelajaran yang dibahas di kelas mereka juga saling membantu, dan juga jika ada teman yang tidak paham pelajaran yang dipelajari. Begitu juga di rumah, teman-teman saya rajin mengajarkan saya Bahasa Italia. Dosen-dosen di sini juga begitu pengertian, ketika kita tidak paham pelajaran yang disampaikan, kita bisa berbicara ke dosen tersebut dan belajar dengan beliau sampai kita paham pelajaran yang kita pelajari. Dosen yang saya fovoritkan yaitu; Dott.ssa PASTORE Patrizia, karena dosen ini selalu mewajarkan kalau saya masih punya kendala di Bahasa italia, dan beliau juga mempunyai waktu khusus untuk mahasiswanya ketika ada yang tidak mengerti, jadi kita bisa datang langsung ke kantornya, dengan janjian terlebih dahulu dengan beliau untuk meminta bantuannya mengajarkan pelajaran-pelajaran yang tidak kita pahami sewaktu di kelas.


Tips untuk mencari Akomodasi dan Tips untuk Belanja di Italia

Tips Akomodasi di sini untuk makan-makanan biasanya kita belanja di toko Halal dan supermarket terdekat dan untuk Akomodasi seperti belanja baju,tas,jaket,dll  menurut saya nunggu barang bagus ketika discount summer dan winter supaya uang yang kita punya bisa di manfaatkan lebih baik lagi, bayangkan kalau ada barang di bulan desember seharga 140,00 € lalu ketika di bulan January ada Discount besar-besaran 50% jadi barangnya bisa setengah harga barang yang di bulan desember dan setengahnya kita bisa beli barang lain atau nabung buat jalan-jalan keliling Eropa,bukankah itu lebih baik?jadi menurut saya pergunakan uang sebaik –baiknya dan seperlunya.

Traveling dan tipsnya…..

Alhamdulillah saya baru ke Roma doang karena saya ingin menabung supaya bisa keliling Italia pas summer supaya lebih puas. Atmosfer sepak bola di sini bagus, biasanya kalau Juventus main di Liga Champions, kampus mengadakan acara nonton bareng di kampus. Karena di sini kebanyakan pendukung Juventus, jadi acara nonton barengnya hanya ketika Juventus main saja. Tips-Tips untuk traveling saya dapat dari beberapa senior di sini, yaitu bawa surat-surat berharga seperti passport dan visa, tapi ketika di sini kalian bisa membuat  permesso di sorggiono (surat ijin tinggal). Ketika visa kalian sudah habis masa waktu berlakunya, kalian bisa bikin itu untuk mengganti visa kalian yang telah habis masa berlakunya. Jadi ketika kita ingin berpergian ke luar Italia dan ada pemeriksaan indetitas, kita bisa memeritahu kalau kita di sini itu legal dan memiliki surat ijin tinggal di Eropa.

Pengalaman paling berkesan…

Pengalaman yang paling berkesan? Apa ya? Saya juga belom pernah kemana-mana soalnya saya  menunggu summer nanti untuk waktu berjalan-jalan dan menunggu Juventus main di Crotone. Crotone itu tim serie A yang kotanya agak deket dengan kota kampus saya, jadi saya menunggu jadwal ketika Juventus main, saya bisa melihatnya secara langsung. Tapi ada sedikit pengalaman yang berkesan ketika keluarga PPI Calabria jalan-jalan bareng ke Roma.



Motivasi dan pesan untuk teman-teman yang ingin kuliah di Italia!

Fino Alla Fine (berjuang sampai akhir)! Berjuanglah untuk menggapai mimpi-mimpi kalian, karena mimpi-mimpi itu terwujud berkat usaha dan doa kita. Jika kalian berpikir ingin memperjuangkan cinta untuk seseorang supaya menjadi pacar kalian, kenapa kalian tidak berjuang untuk mimpi-mimpi kalian demi masa depan kalian nanti. Jika kalian telah maksimal dalam usaha dan doa tapi kalian belum mendapatkan hasilnya, mungkin Allah SWT memiliki rencana yang lebih baik dari rencana kita. Sukses itu berbanding lurus dengan Usaha dan Doa. Tetap semangat, jika kalian bermimpi dan sedang berusaha menggapai mimpi tersebut, lalu ada beberapa orang yang ingin menjatuhkan semangat kalian, ingatlah mereka sekarang menertawakan kalian dan mereka ingin menjatuhkan kalian. TAPI suatu saat ketika mimpi-mimpi kalian telah terwujud, orang-orang yang dulu menjatuhkan semangat kalian, mereka akan melihat kalian begitu tinggi dan berhasil menggapai mimpi-mimpi kalian. Ingat ejekan atau cemoohan itu bisa jadi bahan bakar semangat supaya terus berusaha menggapai mimpi-mimpi kita. 

Reporter: Imam Sultan Assidiq
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,13,Asia,236,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,291,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,46,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,23,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,149,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,35,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: ARYA M. RAMADHAN: Lulusan Pondok Pesantren Pun Bisa Kuliah di Eropa! Nggak Percaya? Ini Buktinya!
ARYA M. RAMADHAN: Lulusan Pondok Pesantren Pun Bisa Kuliah di Eropa! Nggak Percaya? Ini Buktinya!
https://1.bp.blogspot.com/-KJy1u3txwSw/WK-Rr11b8kI/AAAAAAAAKjA/BWi9mkVfVaUKfjLf_jF4ZrjHOpNcp7xPgCLcB/s640/ARYA%2B4.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-KJy1u3txwSw/WK-Rr11b8kI/AAAAAAAAKjA/BWi9mkVfVaUKfjLf_jF4ZrjHOpNcp7xPgCLcB/s72-c/ARYA%2B4.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2017/02/arya-m-ramadhan-lulusan-pondok-pesantren-pun-bisa-kuliah-di-eropa.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2017/02/arya-m-ramadhan-lulusan-pondok-pesantren-pun-bisa-kuliah-di-eropa.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy