Interview dengan Intan Irani; Mengenal PPI Dunia Lebih Dekat!

Intan Irani Jika kalian bercita-cita ingin kuliah ke luar negeri, maka kalian secara tidak langsung bercita cita menjadi bagian dari...

Intan Irani
Jika kalian bercita-cita ingin kuliah ke luar negeri, maka kalian secara tidak langsung bercita cita menjadi bagian dari PPI Dunia. Loh kok bisa? Karna PPI Dunia adalah sebuah wadah organisasi yang menaungi seluruh pelajar dan mahasiswa Indonesia yang sedang menimba ilmu di luar negri, baik di benua Asia, Eropa, Amerika, Afrika dan Australia dalam berbagai strata pendidikan mulai dari S1, S2 sampai S3.

Nah pada kesempatan kali ini berkuliah.com akan mengajak teman teman sekalian untuk mengenal lebih dekat tentang PPI Dunia, khususnya bagi teman teman yang ingin kuliah ke luar negri, agar lebih dapat memiliki gambaran dan informasi seputar Negara tujuan yang kalian inginkan.
Tim kami telah mewawancarai Koordinator PPI Dunia 2016 – 2017, Intan Irani. Berikut adalah hasil wawancaranya:

Mbak Intan, bisa dijelaskan sebenarnya apa sih PPI Dunia itu ?

PPI Dunia adalah wadah organisasi yang menaungi seluruh pelajar Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di luar negara. Saat ini PPI negara berjumlah 51 negara yang terbagi di 3 kawasan yaitu; Asia – Oceania, Amerika – Eropa dan Timur Tengah – Afrika. Sebagai contoh di Eropa ada PPI Jerman, PPI UK, PPI Belgia, PPI Prancis dll. Di Afrika ada PPMI Mesir, PPI Maroko, PPI Sudan dll. Sedangkan di Asia ada PPI Tiongkok, PPI Taiwan, PPI Malaysia dan seterusnya . Setiap PPI Negara inilah yang menaungi seluruh mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di Negara tersebut dan PPI Negara ini berwadah dalam satu induk yaitu PPI Dunia.

PPI Dunia memiliki visi untuk menjadi sebuah organisasi solid dengan cara menghimpun kepentingan pelajar Indonesia di Dunia dalam rangka meningkatkan kualitas diri, mengembalikan fungsi pelajar sebagaimana mestinya, bergerak mengembangkan PPI Dunia dan mengoptimalkan segala potensi yang ada bagi terwujudnya pelajar Indonesia di Dunia yang berguna seutuhnya bagi masyarakat Indonesia dan Dunia.

PPI Dunia memiliki misi untuk menjadi penyelenggara informasi nomor satu bagi pelajar Indonesia di Dunia terkait kegiatan seluruh pelajar di PPI Negara dan memberikan informasi yang mudah diakses universal terutama tentang bidang pendidikan.

Biar lebih lengkap, saya berikan list PPI Negara perregionalnya

PPI Negara di Regional Timur Tengah & Afrika:
      1. PPMI Mesir
      2. HPMI Jordan
'     3. PPI Lebanon
      4. KKMI Libya
      5. IPI Iran
      6. PPI Maroko
      7. PPMI Arab Saudi
      8. PPMI Pakistan
      9. PPI Sudan
     10.   PPI Syria
     11.   PPI Tunisia
     12.   PPI Yaman
     13.   PPI Uni Emirat Arab

PPI Negara di Kawasan Asia & Oseania:
      1. PPI Australia
      2. PPI Brunei Darussalam
      3. PPI Tiongkok (RRC)
      4. PPI Filipina
      5. PPI India
      6. PPI Jepang 
      7. PERPIKA (Korea Selatan) 
      8. PPI Malaysia
      9. PPI Selandia Baru (Wellington)
     10.   PPI Singapura  
     11.   PPI Taiwan 
     12.   PERMITHA (Thailand) 
     13.   PPI Sri Lanka
     14.   PPI Bangladesh

PPI Negara/ Kota di Regional Eropa dan Amerika:
      1. PPI Amerika Serikat (Nasional)/ PERMIAS
      2.  PPI Austria 
      3.  PPI Belanda  
      4.  PPI Belgia
      5.  PPI Ceko
      6.  PPI Estonia
      7.  PPI Finlandia
      8.  PPI UK (Inggris)
      9.  PPI Italia
     10.   PPI Jerman
     11.   PERMIKA (Kanada)
     12.   PPI Norwegia
     13.   PPI Prancis
     14.   PPI Portugal
     15.   PERMIRA (Rusia)
     16.   KERIS (Serbia)
     17.   PPI Spanyol
     18.   PPI Swedia
     19.   PPI Swiss
     20.   PPI Turki
     21.   PPI Polandia
     22.   PPI Hongaria
     23.   PPI Irlandia
     24.   PPI Islandia
     25.   PPI Denmark

Pada dasarnya setiap PPI Negara memiliki fungsi yang sama sebagai wadah komunitas mahasiswa Indonesia namun dari segi penamaan beraneka ragam. Tidak harus menggunakan diksi ‘PPI’ seperti PERMIAS (PPI Amerika), Perpika (PPI Korea) dll.

Untuk teman teman yang ingin mencari tau tentang informasi kuliah di berbagai Negara, bisa mengaksesnya lewat website masing masing PPI atau social media lain.

Lalu dengan organisasi sebesar ini, sejak kapan PPI Dunia berdiri?

Saat ini PPI Dunia hampir berusia 10 tahun, terhitung sejak pertama kali didirikan pada tanggal 9 september 2007 dalam acara Konfrensi Internasional Pelajar Indonesia di Sydney, Australia.
Acare tersebut juga dihadiri oleh Presiden Indonesia saat itu, Bapak Susiolo Bambang Yudhoyono dan diwakili oleh 7 perwakilan PPI Negara yaitu : Australia, Belanda, Mesir, India, Jepang, Malaysia dan Singapura.

Seiring berjalannya waktu PPI Dunia terus berkembang dan selalu berupaya memeberikan kontribusi, ide, konsep, dan produk nyata untuk Indonesia. Salah satunya Radio PPI Dunia, Lembaga Sosial PPI Dunia, Tim Kajian Papua Barat, Tim Kajian Nuklir PPI Dunia

Saat ini apa saja progam kerja PPI Dunia yang sedang dijalankan?

PPI Dunia setiap tahunnya memiliki progam kerja yang dimusyawarahkan oleh semua perwakilan PPI Negara. Begitu pula tahun ini, adalah hasil Simposium Internasional PPI Dunia 2016 di Kairo kemarin menjadi landasan dasar progam kerja kami. Pada konfrensi itu menghasilkan 7 butir rencana aksi yang akan digalangkan PPI Dunia untuk Indonesia dan dibagi menjadi 4 komisi, Ekonomi, Politik, Pendidikan dan Agama :

Simposium Internasional PPI Dunia Cairo 2016 


Komisi Pendidikan:

1. Gerakan Pembangunan 1000 Sekolah Dasar (Revitalisasi 1000 Sekolah Dasar). Dilatarbelakangi oleh permasalahan tidak meratanya kualitas pembangunan sekolah dasar di kota dan di desa Indonesia, PPI Dunia merencanakan gerakan ini dengan tujuan untuk memberikan kenyamanan kepada siswa-siswi sekolah dasar dalam menimba ilmu.

Target revitalisasi sekolah ini adalah sekolah-sekolah yang berada di desa yang belum disentuh oleh pemerintah. Gerakan revitalisasi 1000 sekolah akan dilakukan oleh para volunteer yang sebelumnya direkrut melalui open recruitment.

2. Gerakan Koin Untuk Guru. Gerakan ini dibentuk guna menyentuh kesadaran pemerintah akan kesejahteraan para guru baik guru honorer atau guru yang berada di daerah terpencil di Indonesia. Kegiatan yang akan dilakukan adalah penggalangan dana dalam bentuk koin dan sindiran kepada pemerintah dalam bentuk petisi.

3. Gerakan Perpustakaan PPI Dunia. Gerakkan ini bertujuan untuk menggalakkan budaya minat baca-tulis dan kaderisasi generasi bangsa yang moralis, kreatif dan produktif. Penyebaran dan pendirian perpustakaan dikonsentrasikan ke daerah-daerah 3T dan atau yang dirasa perlu. Perpustakaan dan pengelola akan dilindungi payung hukum pemerintah setempat.

Pada perpustakaan-perpustakaan yang didirikan ini, akan diadakan beberapa program seperti: resensi singkat buku dan menginformasikannya ke masyarakat, kelas membaca dan menulis dengan resensi buku yg tersedia, program pengkhataman buku dalam jangka waktu yang ditentukan, dsb.

4. Gerakan Kelas Inspirasi Kelas Inspirasi merupakan sebuah program yang diinisiasi oleh PPI se-Dunia dan BEM Indonesia yang ditujukan untuk para mahasiswa atau ex-mahasiswa lulusan luar negeri untuk berbagi pengalaman dan inspirasi kepada siswa SMA atau sederajat.

Para relawan ini akan cuti satu hari untuk mengajar di SMA mengenai pengalaman mereka sehari-hari saat kuliah di luar negeri. Mereka akan berbagi cerita tentang perjuangan mereka untuk menginspirasi murid-murid SMA, tentang keberanian untuk bermimpi yang tinggi dan menunjukkan bagaimana cara untuk mewujudkan mimpi-mimpi tersebut.

Komisi Politik

1. Memperkuat Tim Kajian Papua PPI Dunia Maraknya isu gerakan separatis Papua Barat mendorong PPI Dunia untuk mengirimkan tulisan hasil kajian mengenai Papua ke setiap media di negara masing-masing PPI Negara. Komisi Politik Divisi P2EKA akan memperkuat Tim Kajian Papua PPI Dunia yang telah dibentuk pada masa kepengurusan sebelumnya.

Komisi Ekonomi

1. Peningkatan perekonomian Masyarakat Indonesia di level grass root Memperkuat dan memperluas sistem informasi perdagangan dari petani ke konsumen. Metode:
- Memilih desa binaan dengan kerjasama LPPM IPB, UIN Jakarta, UIN Palembang, UNPAD, UGM
- Pembentukan tim ad hoc yang berisi PJ untuk parameter keberhasilan
- Summer vacation collaboration between PPI and BEM by contributing in BINA Desa program

Komisi Agama

1. Tim Kajian Strategis Pembentukan tim kajian dan diskusi online ini merupakan hasil diskusi pada sidang komisi Agama di Simposium Internasional Kairo 2016 pada bulan Juli lalu. Ini merupakan wujud nyata gerakan yang dibentuk para pelajar yang ada di luar negeri dalam mengurangi radikalisme dan ekstremisme yang sedang marak terjadi di Indonesia.

2. Tim Media Kerohanian Program ini bertujuan untuk meningkatkan toleransi umat beragama dengan cara pembuatan buku atau video tentang isu-isu agama yang dikemas secara menarik dan mudah dipahami masyarakat. Isu-isu yang diangkat bukan hanya isu di dalam agama islam saja, namun juga isu-isu yang terdapat di agama lain.

Diharapkan setiap kawasan mengirimkan 1 orang perwakilan untuk diskusi online di Radio PPI Dunia dan seluruh artikel, tulisan, maupun publikasi oleh tim ini dapat dibukukan. Hal ini bertujuan agar seluruh pembahasan yang telah dilakukan oleh Tim Media Kerohanian dapat dirasakan manfaatnya dalam jangka panjang.

Progam kerja ini akan dilaporkan pada Simposium Internasional PPI Dunia 2017 di UK bulan Juli nanti.

Nah, bagaimana teman teman? Setelah mengetahui tentang PPI Dunia pastinya jadi makin nambah semangat kuliah ke luar negri kan? Teman-teman PPI Dunia akan dengan senang hati memberikan informasi seputar study abroad. Bahkan PPI Dunia sering melakukan roadshow keliling kampus di Indonesia untuk sosialisasi dan mengakomodir keinginan teman-teman yang haus akan informasi kuliah ke luar negeri.

Selain itu untuk dapat mengetahui lebih jauh tentang PPI Dunia, teman teman bisa langsung mengakses halaman websitenya di PPIDunia.org di sana juga tertulis lengkap kontak PPI per Negara.
Jadi tunggu apalagi? Gali informasi sebanyak-banyaknya karena kuliah ke luar negeri bukan hanya sekedar mimpi!
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,12,Asia,236,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,287,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,9,Destinasi,65,Eropa,310,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,85,inspira solution,1,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,14,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,44,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,14,PPI,6,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,23,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,23,Student Life,146,Studenthack,349,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,1,Universitas,35,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Interview dengan Intan Irani; Mengenal PPI Dunia Lebih Dekat!
Interview dengan Intan Irani; Mengenal PPI Dunia Lebih Dekat!
https://2.bp.blogspot.com/-4ZW9Qx-znl8/WM9XFbVjK1I/AAAAAAAAC70/mFvQSE2dWTosF36S9czrma6s-ciHNykPQCEw/s640/13886922_10154180801664017_8806320824421294231_n.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-4ZW9Qx-znl8/WM9XFbVjK1I/AAAAAAAAC70/mFvQSE2dWTosF36S9czrma6s-ciHNykPQCEw/s72-c/13886922_10154180801664017_8806320824421294231_n.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2017/03/interview-dengan-intan-irani-mengenal.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2017/03/interview-dengan-intan-irani-mengenal.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy