Tips Aman Membawa Laptop Saat Traveling

Traveling adalah satu hal yang wajar dilakukan oleh siapa saja. Bahkan para mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di luar...


Traveling adalah satu hal yang wajar dilakukan oleh siapa saja. Bahkan para mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di luar negeri cukup banyak yang melakukan hal tersebut. Faktanya ketika sedang kuliah di luar negeri, akses untuk bepergian di berbagai tujuan wisata internasional juga lebih mudah dijangkau. Khususnya bagi mereka yang kuliah di Eropa, bepergian dari satu Negara ke Negara lain akan sangat mudah karena memang sama-sama ada di darat dan tidak terpisah lautan.

Namun, fakta bahwa lamanya periode kuliah di luar negeri yang cenderung lebih cepat daripada di Indonesia membuat perkuliahan mungkin tidak benar-benar bias ditinggalkan begitu saja ketika hendak traveling. Jadi sangat mungkin untuk sekaligus membawa serta laptop ketika bepergian. Selain untuk sekedar mengisi waktu ketika menunggu transportasi atau ketika sedang berada dalam alat transportasi, mengerjakan tugas bias sangat mungkin dilakukan juga. Nah, berikut ini adalah tips aman dalam membawa laptop ketika bepergian.

Gunakan tas yang punya tempat khusus untuk laptop. Biasanya tempat ini berada di sisi dalam tas. Ini akan membuat laptop kamu terpisah dengan benda lainnya. Sisi yang dimiliki tas untuk meletakkan laptop biasanya memang di design secara khusus, artinya luasnya memang disesuaikan dengan ukuran laptop. Sehingga tidak memungkinkan ada benda lain untuk diletakkan disitu. Dengan menggunakan tas yang memiliki sisi khusus ini kamu tidak perlu membawa tas khusus laptop lagi, intinya hemat bawaan gitu.

Meskipun laptop sudah berada diposisi yang aman, yakni di sisi tempat khusus untuk meletakkan laptop dalam tas, usahakan jangan membawa barang terlalu banyak di tas yang sama. Hal ini menghindari laptop kamu “tergencet” dengan ekstrim saat berada di dalam. Apalagi jika laptop kamu tergencet dengan benda-benda yang memiliki bobot terlalu berat. Hal ini akan sangat riskan untuk keselamatan laptopmu.

Jika memang tas kamu tidak punya sisi khusus untuk mengamankan laptop, letakkan laptop pada bagian terluar tasmu. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan yang mungkin dapat “mencelakakakn” laptop kamu. misal kamu menaruh laptop pada bagian terdalam tas, atau malah di bawah sendiri, kalau kamu tidak sengaja menjatuhkan tasmu dalam posisi berdiri, atau tidak sengaja jatuh dalam posisi telentang, akan menyebabkan laptop kamu tergencet sob. Beda kalau kau letakkan di sisi paling luar tas, selain kamu dapat dengan mudah mengambilnya, kamu juga sudah meminimalisir “tergencetnya” laptop kamu dari benda lain atau saat kamu jatuh.

Usahakan saat memasukan laptop dalam tas, laptop sudah dalam keadaan dingin. Karena ketika kamu memasukan laptop kedalam tas dalam keadaan panas akan terjadi overheating dan bisa merusak Prosesor ataupun komponen dalam lainnya. Usahakan diamkan beberapa saat, setelah kamu memakainya, biar laptop saat hendak dimasukkan kedalam tas sudah dalam keadaan yang lebih dingin.

Nah tips untuk “pendinginan” laptop yang lain adalah dengan cara mematikan laptop. Jangan menggunakan mode sleep jika hendak memasukkan laptop kedalam tas, sebab dengan mode sleep beberapa sistem masih tetap bekerja. Bayangin deh kalau kamu pergi traveling dan laptop kamu pake mode sleep, berapa sistem yang masih bekerja dan tidak istirahat?. Manusia aja bisa lelah gaes, apalagi ini laptop, buatan manusia bisa gampang capek kalau nggak diperlakukan dengan bener. Bayangin juga saat sistem yang masih bekerja saat mode sleep dan laptop kamu berada dalam tas. Konon kabarnya didalam tas ini kan nggak ada kipas angin nyala, so...laptop kamu makin kepanasan gitu. Dan akan memperbesar resiko terjadinya overheating. Yang membahayakan, dalam suhu tertentu, batrai laptop akan mudah meledak gaes!, ngeri kan!


Pastikan laptop kamu tidak terlalu mencolok saat berada didalam kendaraan umum. Lapotop adalah salah satu benda yang paling diincar oleh pencuri. Karena laptop ini bisa dijual dalam keadaan terpisah dengan harga yang lumayan lho. Kamu pasti juga udah tau, kalau laptop mati total aja sekarang bisa dijual dan menghasilkan rupiah. So, pastikan laptop kamu dalam keadaan yang aman dan nyaman. Minimal tetap berada di tanganmu dimanapun dan naik apapun kamu saat traveling. Dalam traveling malang tidak dapat ditolak kan sob, misalnya laptop kamu beneran dicuri. Sebelum terjadi hal itu kamu perlu waspada, salah satunya adalah dengan menginstal software Anti-Theft sebelum bepergian. Software Anti-Theft akan membantu kamu untuk melacak laptop kamu yang telah dicuri orang, juga dapat mengambil foto sang pencuri, kemudian bisa juga untuk melihat screenshot aktivitas sang pencuri, serta yang paling penting ni bisa mengunci laptop secara keseluruhan agar data-data yang tersimpan dalam laptop kamu tidak disalah gunakan oleh sang pencuri. Salah satu software anti-theft favorit WinPoin adalah Prey Anti-Theft.

Jangan lupa untuk memback-up data penting sebelum pergi traveling. Hal ini adalah untuk membuatmu aman dan nyaman jika dalam traveling terjadi kerusakan laptop, atau laptop kamu diambil orang dan lupa menginstal software theft. Karena biasanya semua data yang ada dalam laptop itu sangat penting bahkan kadang ada yang menyangkut karir seseorang. So, sedia payung sebelum hujan ya sob, mencegah lebih baik daripada menyesal dikemudian hari.

Enkripsi data data penting kamu seperti foto, video, catatan, atau file-file lain. kamu tentu sering mendengar kan kalau ada artis yang foto syurnya kesebar kemana-mana gara-gara gadget atau laptopnya hilang. Nah, enkripsi ini akan membuat orang lain tidak bisa menyalahgunakan data-data penting yang ada dalam laptopmu seandainya laptop kamu dicuri. Kamu bisa menggunakan BitLocker atau software TrueCrypt untuk melakukannya.

Jika kamu memakai fasilitas publik berupa wifi, usahakan tidak melakukan hal-hal yang terlalu memicu bahaya misalanya e-banking, paypal dan sebagainya. Ingat kamu sedang berada dia area publik, biasanya networknya kurang aman sehingga membuat data-data kamu mudah disadap. Kejahatan bukan hanya karena ada niat pelakunya, tapi juga karena ada kesempatan gaes, wapadalah! Kata bang napi sih gitu!

Ketahui detal laptop kamu. hal ini akan mengantisipasi jika ada yang sengaja menukar laptop kamu. misalnya kamu perlu tahu detali ciri-ciri laptop kamu, seperti ada stiker apa, atau berwarna apa, atau batrainya serinya berapa. Usahakan sedetail mungkin ya.

Jika akan traveling menggunakan pesawat, hindari pemeriksaan sinar pada tas tempat kamu menyimpan laptop. Hal ini akan membuat laptop kamu riskan terhadap kerusakan. Mintalah kepada petugas untuk memeriksa secara langsung isi tas kamu.

Sepulang dari traveling mintalah kepada petugas bea cukai bukti laptop kamu telah diperiksa. Hal ini untuk menghindari kecurigaan petugas lain yang tidak melihat tas kamu diperiksa menggunakan sinar x. Jika kamu tidak punya bukti sudah melakukan pemeriksaan maka kamu bisa diminta untuk membayar denda karena diaanggap tidak patuh terhadap aturan. 

Memang tidak ada yang bisa memastikan apa yang akan terjadi di kemudian hari termasuk ketika membawa laptop ketika bepergian. Namun paling tidak dengan mengetahui hal-hal yang sudah disebutkan tadi, akan bias lebih waspada dalam menikmati pengalaman luar biasa ketika bepergian di berbagai tujuan favorit di tengah waktu kuliah di luar negeri.

Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,297,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,58,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Tips Aman Membawa Laptop Saat Traveling
Tips Aman Membawa Laptop Saat Traveling
https://2.bp.blogspot.com/-o8Mvb26XAYs/WbGC-bYehVI/AAAAAAAADJ4/E8Zcfenxrv8uCWZ3ZutuDLBmrHXrqhUwwCLcBGAs/s640/laptop-ban-CHECK0517.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-o8Mvb26XAYs/WbGC-bYehVI/AAAAAAAADJ4/E8Zcfenxrv8uCWZ3ZutuDLBmrHXrqhUwwCLcBGAs/s72-c/laptop-ban-CHECK0517.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2017/09/tips-aman-membawa-laptop-saat-traveling.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2017/09/tips-aman-membawa-laptop-saat-traveling.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy