Artikel Terbaru

University of Suffolk Indonesia Scholarship – Beasiswa Kuliah S1 dan S2 di University of Suffolk, Inggris

Peluang untuk kuliah ke Inggris semakin terbuka lebar setia tahunnya bagi pelajar dan mahasiswa dari Indonesia. Hal ini dikarenakan pilihan beasiswa yang bisa digunakan untuk menempuh studi di Inggris setiap tahun semakin banyak yang tersedia. Jenjang yang bisa diambil menggunakan beasiswa juga semakin bervariasi untuk kuliah di Inggris. Salah satu program yang saat ini tersedia adalah University of Suffolk Indonesia Scholarship.

Rincian Beasiswa

Program beasiswa ini memberikan kesempatan bagi pelajar dan mahasiswa dari Indonesia untuk bisa melanjutkan studi di University of Suffolk Inggris baik itu untuk jenjang S1 atau S2. Sudah tentu bagi yang berniat kuliah di Inggris kesempatan seperti ini tidak boleh disia-siakan. Penerima beasiswa dari program ini nantinya akan mendapatkan bantuan dana sebesar GBP 1.000 yang diberikan secara berkala pada tahun pertama dan kedua bagi mahasiswa S1 dan hanya sekali saja untuk mahasiswa S2.



University of Suffolk adalah sebuah universitas yag terletak di Boston, Inggris dengan nama lainnya yang juga dikenal luas adalah UCS. Universitas ini adalah sebuah kerjasama dari 2 universitas di Inggris yaitu University of East Anglia dan University of Essex. Kedua universitas tersebut juga sekaligus menjadi sponsor serta memberikan validasi program serta gelar yang ditawarkan di University of Suffolk. Berikut ini adalah departemen yang ada di UCS:

Department of Arts and Humanities
Department of Health Studies
Department of Children, Young People, and Education
Department of Nursing Studies
Department of Science and Technology
Suffolk Business School

Persyaratan Beasiswa

1. Khusus untuk pemohon yang mengajukan permohonan studi S1 harus sudah memiliki salah satu kualifikasi akademik berikut ini:
a. Menyelesaikan SMA/SMK/sederajat dengan niai rata-rata miimal 7.5 pada 4 mata pelajaran utama sesuai jurusannya dimana nilai rata-rata akan dilihat berdasarkan nilai rapor dan hasil UAN
b. Lulus dari Foundation ternama dan diakui
c. Menyelesaikan Internatinal Baccalaureate (IB) minimal dengan skor 28 poin
2. Bagi pemohon untuk program S2 harus sudah memiliki gelr first class dengan IPK 3,67 – 4,00 atau upper second class dengan IPK 3,33 – 3,67 menurut UK honours degree pada jenjang pendidikan sebelumnya
3. Menjelaskan pada personal statement mengenai kualitas intelektual dan interpersonal yang dimiliki dan dapat memberikan kontribusi yang besar pada program studi yang diambil
4. Warganegara Indonesia atau berdomisili di Indonesia
5. Pemohon internasional yang membiayai studinya secara mandiri
6. Mampu menunjukkan kemampuan dalam menggunakan bahasa Inggris



Pendaftaran Beasiswa

Proses untuk mengajukan diri pada program beasiswa ini bisa dilakukan secara langsung dan bersamaan dengan proses mendaftarkan diri sebagai mahasiswa UCS sesuai dengan program yang diinginkan. Para pemohon yang mendaftarkan diri sebagai mahasiswa di UCS akan secara otomatis disertakan dalam seleksi dan pertimbangan untuk menerima beasiswa ini. Namun perlu diperhatikan bahwa pemohon yang sudah mendapatkan LoA sekalipun belum tentu nantinya akan benar-benar bisa lolos seleksi untuk menerima beasiswa karena meskipun pengajuannya secara otomatis dan bersamaan namun kriterianya berbeda.

Pendaftaran untuk pemohon pada program S1 bisa dengan melalui UCAS yang cara-caranya bisa dilihat di tautan berikut (link). Sementara itu untuk pendaftaran pada program S2 bisa langsung dilakukan dengan mengisi formulir pendaftaran online pada tautan berikut ini (link).


Pendaftaran paling lambat dilakukan pada 18 Desember 2016 dengan perkuliahan yang nantinya akan dimulai pada bulan Februari 2017. Informasi lebih lanjut mengenai program beasiswa ini bisa didapatkan dengan menghubungi email international@uos.ac.uk, Indonesia@aos.ac.uk, atau dengan mengunjungi laman resminya pada tautan berikut ini (link).





Nah, salah satu hal yang harus disiapkan untuk kuliah ke luar negeri khususunya di Inggris adalah kemampuan bahasa Inggris. Buat yang masih merasa kemampuan bahasa Inggrisnya pas-pasan, ada trik-trik untuk meningkatkannya di halaman berikut (LINK).


Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top